Comscore Tracker

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitas

Jangan cuci brush pakai sabun cuci piring, please!

Sebagian dari kamu, mungkin sudah mengenal nama Laninka Siamiyono. Ia adalah beauty vlogger yang namanya semakin dikenal berkat gerakan Lipstik untuk Difabel (LUD). Lewat gerakan tersebut, ia membangkitkan kepercayaan diri perempuan difabel lainnya. Cara ini persis seperti ia bangkit saat mengenal makeup.

Beberapa waktu lalu, tim IDN Times berkesempatan mewawancarai langsung perempuan tersebut. Ia pun membagikan cara makeup buat pemula. Seperti apa, ya?

1. Agar tidak terlihat mencolok nan aneh, gunakan warna lipstik yang lembut saat riasan matamu tegas atau terang

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

"Tipsku, kalau matamu menor, lipstiknya kudu soft. Kalau lipstik bold, mata harus soft," kata dia. Kurang lebih, tips tersebut ia lakukan pada foto tutorial makeup di atas. Ia menggunakan eyeshadow berwarna kuning metalik secara penuh. Padanannya adalah lipstik berwarna cokelat agak kemerahan dan bertekstur matte.

Menurutnya, makeup memang tidak memiliki aturan yang mengikat. Namun, alangkah lebih baik menyeimbangkannya dengan struktur muka. "Kalau pakai smokey eyes, lipstiknya nude. Lipstik merah, eyeshadow tipis. Dibuat satu eyeshadow, warnanya nude. Kasih wing eyeliner," tipsnya.

2. Jika bentuk wajahmu pendek, jangan membuat contour dengan cara mengikuti garis pipi. Bukan terlihat tirus, yang ada wajah semakin kecil

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

Umumnya, orang akan mengaplikasikan contour dengan cara menghisap bibir terlebih dahulu. Setelah itu, tulang pipi akan lebih tampak. Di posisi itulah, contour warna kecokelatan dibubuhkan. Sayangnya, Laninka tidak terlalu menganjurkan langkah ini.

"Sebenarnya, jangan ikutin garis. Karena pas kita kasih warna cokelat di sini, saat posisi wajah balik ke normal, pipi akan turun. Mendingan ke atas sedikit. Jadi, dia akan membentuk pipi kita ke arah hidung," sarannya.

Laninka menuturkan bahwa tips ini berasal dari pengalamannya sendiri. Berulang kali mencoba, cara itu pun selalu gagal. "Aku berulang kali coba, gagal. Apalagi, muka aku pendek. Space dari dagu ke tulang pipi, sedikit. Ini akan membuat muka kita semakin kecil. Kalau masih ada space, masih oke," sebutnya dengan sumringah.

3. Ketika menggunakan eyeliner, pastikan kamu membuat jarak antara ujung kelopak mata dengan lipatan mata

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

"Jangan pakai eyeliner yang full sampai lipatan mata. Ada orang yang pakai tebal, mengikuti garis mata. Kalau melek, kelihatan hitam semua," tegas Laninka sembari menceritakan pengalamannya. Untuk itu, solusi yang ia berikan adalah memberi ruang antara lipatan dengan ujung kelopak mata.

4. Kalau wajahmu berminyak dan berjerawat, pilihlah makeup yang sifatnya matte. Ini agar tekstur wajah yang sesungguhnya tersamarkan

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

Saat diminta memilih antara makeup yang matte atau shimmering, pilihan pertama yang Laninka ambil. Hal ini dikarenakan wajahnya yang berminyak dan berjerawat. "Kalau pakai makeup yang bikin glowing, makin minyakan. Shimerring bikin bertekstur. Muka aku sudah bertekstur, nanti semakin menjadi-jadi teksturnya," jawabnya sambil tertawa.

Baca Juga: 15 Potret Laninka Siamiyono, "Beauty Vlogger" Difabel yang Inspiratif

5. Jika skintone kulitmu adalah sawo matang, warna lipstik seperti coklat, nude, atau merah marun dapat dipilih

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

"Tergantung mood. Aku gak pernah mematok beli lipstik harus warna ini semua," kisahnya. Meski begitu, ada warna tertentu yang tidak bisa ia gunakan. Salah satunya adalah pink. "Aku akan cari lipstik dengan unsur warna cokelat atau nude. Merahnya, harus merah marun. Di aku, sih oke. Asal jangan merahnya Taylor Swift," kata dia.

6. Bila masih pemula, tidak ada salahnya mengaplikasikan warna champagne untuk kelopak matamu

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

Untuk tata rias mata, terutama eyeshadow, Laninka menyarankan agar kita tidak perlu takut salah. Dengan sering berlatih dan mencoba aneka warna, semua akan mahir. "Jangan takut salah, takut ketebalan! Padahal kalau salah, tinggal hapus saja," pesan perempuan yang kesehariannya bekerja di bilangan Meruya Utara ini.

Untuk amannya, kamu bisa belajar menggunakan satu jenis warna eyeshadow sebelum menggabungkan beberapa sekaligus. "Belajar pakai satu warna saja, sudah bagus. Seperti warna champagne. Lalu, tinggal diberi eyeliner. Selesai," serunya dengan sumringah.

7. Tata rias tidak akan sempurna apabila kamu tidak menjaga kebersihan aplikator makeup. Tapi, jangan dicuci pakai cairan cuci piring ya!

"Cucilah brush dengan alat pembersih khusus. Teman aku ada yang pakai sabun cuci piring. Katanya minyaknya sampai hilang," kisahnya sambil tersenyum. Meski begitu, ia tidak menyarankan hal tersebut. Sebab, kuas makeup akan bersentuhan langsung dengan wajah. Sementara itu, kulit wajah terbilang sensitif dibandingkan yang lainnya.

Laninka menyarankan alat pembersih yang bentuknya mirip setengah telur dan memiliki gerigi. Harganya murah dan sudah banyak dijual di toko online. Menurutnya, kemampuan alat tersebut dalam membersihkan kuas makeup, tidak main-main. "Kalau gak punya pencuci brush khusus, bisa pakai sabun mandi bayi karena gentle banget," paparnya.

8. Usai dibersihkan, jangan ceroboh dalam penyimpanan makeup! Jauhkanlah dari sinar matahari langsung agar kualitasnya tidak rusak

Cara Makeup buat Pemula ala Laninka, Beauty Vlogger dengan Disabilitasinstagram.com/laninka

"Kalau untuk brush, gak ada cara khusus. Kalau makeup, simpan dalam suhu ruangan atau ruangan ber-AC. Jangan di bawah matahari! Lipstik bisa meleleh. Tapi jangan disimpan kelamaan juga, nanti expired," tutupnya.

Itulah cara makeup buat pemula ala Laninka. Apakah ada yang sudah kamu terapkan atau malah dilanggar? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Beauty Vlogger Laninka: Perempuan Hebat Berani Cintai Kekurangannya 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You