Comscore Tracker

5 Bukti Sarung Juga Menawan buat Cewek, Gaun Pesta sampai Kasual!

Gak cuma dipake cowok buat ke masjid, nih!

Sarung adalah pakaian khas Timur Tengah, yang kini sudah sangat akrab bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Di negara kita sendiri, sarung kerap dipakai laki-laki untuk beribadah ke masjid, perayaan hari raya, hingga berselimut. Tapi, kini tidak lagi. Sarung Mangga membuktikannya dengan "Sarong".

Dalam momen Surabaya Fashion Parade 2019 (24/4) di Tunjungan Plaza 3, Sarung Mangga menghadirkan "Sarong" sebagai produk terbarunya. Berbeda dengan sebelumnya, produk ini merupakan lini pakaian ready to wear berbahan kain sarung.

Dua desainer perempuan asal Surabaya, Gita Orlin dan Niken Larasati Wibowo (pemilik Giyomi) turut diajak berkolaborasi di setiap rancangannya. Maka, inilah lima bukti sarung juga menawan buat cewek!

1. Gita Orlin merancang sebuah gaun yang bisa kamu pakai ke pesta. Bila kamu amati, aksen tumpuk pada rok adalah motif sarung lho!

5 Bukti Sarung Juga Menawan buat Cewek, Gaun Pesta sampai Kasual!IDN Times/Rully Bunga

Rancangan gaun berbahan sarung ala Gita ini bertema "Calathea". "Desain saya kali ini terinspirasi dari kecantikan daun calathea yang saya aplikasikan melalui embroidery, dengan menggunakan material utama Sarung Mangga, sifon, silk, dan lace. Dengan detail payet, pearl, dan swarovski," ungkap desainer yang telah dipercaya oleh artis Kartika Putri ini.

2. Dilihat dari belakang, motif pada outer pun khas sarung. Dengan perpaduan manik-manik, nuansa tradisional sekaligus kekinian jadi semakin apik

5 Bukti Sarung Juga Menawan buat Cewek, Gaun Pesta sampai Kasual!IDN Times/Rully Bunga

Karya Gita pun semakin meyakinkan kalau sarung tidak harus dikenakan sebagaimana bentuk kain originalnya. Ia bisa diolah lagi menjadi bentuk baru dan dimodifikasikan dengan aneka aksesori lainnya.

"Di Surabaya Fashion Parade kali ini, saya berkolaborasi dengan Sarung Mangga karena saya sangat tertarik sekali untuk membuat dress premium dari material Sarung Mangga," ungkapnya. Dari situ, ia bisa mengubah citra kain sarung jadi lebih eksklusif dan bisa digunakan ke acara-acara formal dan semiformal.

3. Kalau ingin nuansa yang lebih kasual, cobain deh dress ala Giyomi ini! Aksen sarungnya lebih ditonjolkan pada belt di antara busana polosnya

5 Bukti Sarung Juga Menawan buat Cewek, Gaun Pesta sampai Kasual!IDN Times/Rully Bunga

"Modelnya lebih daily wear dan kasual. Bisa dipakai sehari-hari," ungkap Niken Larasati soal rancangan yang dipresentasikan dalam momen Surabaya Fashion Parade 2019. Meskipun begitu, rancangan tersebut masih layak digunakan untuk momen-momen yang resmi. "Jatuhnya kasual tapi masih bisa dibawa ke acara pernikahan," tambahnya.

Baca Juga: Selalu Mewah! Ini 10 Fashion Item Nagita Slavina di Bawah Rp500 Ribu

4. Selain belt, aksen tersebut bisa ditambahkan pada sisi bawah dress. Bernuansa nude, bukankah penampilannya jadi semakin trendy?

5 Bukti Sarung Juga Menawan buat Cewek, Gaun Pesta sampai Kasual!IDN Times/Rully Bunga

Warna-warna yang Giyomi persembahkan dalam karya kolaborasi ini, didominasi oleh tema-tema sederhana tapi tetap terang. "Warna hitam, beige, dan coklat. Identity Giyomi adalah simple bright," pungkas Niken.

5. Ema Bawazeer (Creative Director Sarong) pun terlihat aksi lewat outer hitam dengan garis tepi motif sarungnya

5 Bukti Sarung Juga Menawan buat Cewek, Gaun Pesta sampai Kasual!IDN Times/Rully Bunga

Karya "Sarong" dari Sarung Mangga ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April, Ulang Tahun Surabaya pada 31 Mei, dan menyambut Ramadhan serta hari raya Lebaran. Karena itu, tidak mengherankan jika busana kolaborasi tadi, tetap mengedepankan penampilan yang syar'i. 

"Kami mengangkat dua hijab label asal Surabaya untuk berkolaborasi, yaitu Gita Orlin dan Giyomi. Keduanya adalah representasi nyata dari Kartini masa kini, wanita inspiratif masa kini," ungkapnya. Keduanya juga dianggap sebagai figur wanita inspiratif Surabaya yang menggambarkan women empowerment.

Itu dia bukti sarung juga menawan buat cewek. Jadi, gak ada lagi anggapan kalau sarung hanya untuk laki-laki bukan? Mau membuktikannya? 

Baca Juga: 7 Adu Gaya Fashion Chef Marinka Vs Chef Renatta, Siapa Paling Stylish?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya