Comscore Tracker

Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar

Eksfoliasi yang salah bisa bikin kulit kering dan kemerahan!

Eksfoliasi sudah jadi rutinitas terkini buat cewek-cewek millenials. Dengan rutinitas ini, lapisan sel kulit mati beserta kotoran dapat terangkat. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah mengaplikasikan face scrub dengan produk yang beredar di pasaran atau alami.

Tapi saking berambisinya bikin kulit bersih, kadang kamu keseringan scrubbing sampai over exfoliating. Bukannya bersih, yang ada malah kulit wajah kemerahan, kering, iritasi, bahkan terasa seperti terbakar. Simak dulu yuk lima cara eksfoliasi wajah yang benar!

1. Gunakan produk skincare dengan kandungan satu jenis eksfoliator saja. Untuk amannya, jangan ganti merek supaya bahannya juga tidak berubah

Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang BenarPexels/Dana Tentis

"Orang seringkali punya beragam jenis skincare yang mengandung exfoliating agents. Yang paling penting, dari sekian banyaknya produk hanya gunakan satu jenis bahan exfoliator saja," ungkap Julia Tzu, MD (dermatologis dari New York). Perlu kamu ketahui, exfoliating agents yang sekarang beredar di pasaran adalah retinol, glycolic acid, dan salicylic acid.

Jadi pastikan sebelum membeli skincare, kamu membaca dahulu kandungannya. Ingat-ingatlah produk yang saat ini masih dipakai. Apakah semuanya punya kandungan exfoliating agents yang berbeda atau tidak. Kalau saat ini produkmu tidak memberikan efek buruk ke kulit, ada baiknya tidak perlu ganti-ganti produk lagi.

2. Idealnya, eksfoliasi tidak dilakukan setiap hari. Seminggu sekali atau dua kali saja, sudah bagus tergantung dari jenis kulitmu.

Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang BenarUnsplash/Antonika Chanel

Menurut Julia Tzu, eksfoliasi kulit idealnya dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Intensitasnya juga harus memperhatikan jenis kulitmu. Untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat, eksfoliasi satu sampai dua kali seminggu masih diperbolehkan. Apalagi kulit berminyak dan berjerawat rentan oleh kotoran yang tersumbat di pori-pori.

Beda lagi sama kulit yang kering dan kulit yang telah mengalami penuaan (aging skin). Karena tidak serentan kulit berminyak dan berjerawat, eksfoliasi seminggu sekali saja sudah cukup membersihkan.

3. Hati-hati ketika mengeringkan wajahmu dengan handuk atau kain. Mengeringkan wajah tetap harus melembutkan kulit, bukan membuat kasar

Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang BenarPexels/Engin Akyurt

Memilih handuk atau kain pengering wajah yang tepat juga mempengaruhi hasil eksfoliasimu, lho! Selain bersih, pastikan keduanya punya permukaan yang lembut. Permukaan handuk atau kain yang kasar bisa bikin iritasi kulit buat mereka yang sensitif atau yang telanjur mengalami over exfoliating.

Baca Juga: 6 Resep Masker Tradisional Bali Menurut Lontar Indrani Sastra

4. Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah atau facial foam yang lembut dan tidak berbusa

Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang BenarPexels/Sravan Reddy Sane

Sama seperti handuk pengering wajah, pembersih wajah pun harus sama lembutnya. Makanya, jauhi dahulu sabun dengan kandungan scrub (apalagi yang butirannya tebal dan sangat terasa) agar terhindar dari iritasi. Dr. Tzu malah menyarankan menggunakan pembersih wajah tanpa busa. Biasanya, produk seperti ini lebih aman untuk kulit.

5. Sementara, jauhi paparan sinar matahari beserta krim anti-aging. Buat yang telanjur over exfoliating, ini biar kulit merasa tenang lebih dahulu

Biar Gak Terluka, Simak Dulu Yuk 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang BenarPexels/Julian Jagtenberg

Buat kamu yang sudah telanjur terkena over exfoliating, cobalah jauhi paparan sinar matahari langsung. Di samping itu, stop krim perawatan anti-aging dahulu. Biarkan kulit wajahmu bernapas sementara waktu dan memulihkan diri sebelum mencapai kulit baru yang cantik!

Sekarang, jangan asal lagi ya menggunakan face scrub atau eksfoliasi wajah! Kita praktekkan dari sekarang yuk cara eksfoliasi wajah yang benar demi kulit sehat!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Facial Scrub Harga Di Bawah Rp100.000

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya