Comscore Tracker

Skor Kesejahteraan 360: Perempuan Harapkan Cuti untuk Atasi Stres

Dan masih ada hasil survei lainnya...

26 Maret 2019, perusahaan penyedia jasa kesehatan Cigna Corporation merilis hasil survei Skor Kesejahteraan 360. Tema hasil survei tersebut bertemakan "Well and Beyond". Survei yang dilakukan perusahaan tersebut dilakukan untuk mengetahui persepsi kesejahteraan masyarakat yang dinilai dari lima pilar utama yaitu fisik, keluarga, sosial, keuangan, dan pekerjaan.

Secara keseluruhan, hasil survei itu mendapati tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia yang meningkat. Peningkatan ini membuat Indonesia berhasil masuk ke jajaran lima besar indeks kesejahteraan global. Padahal, tahun lalu Indonesia meraih peringkat 14 saja.

Yang menarik, survei ini menemukan sejumlah fakta seputar perempuan Indonesia, khususnya yang bekerja. Salah satunya adalah mengharapkan cuti untuk atasi stres. Bagaimana selengkapnya?

1. Tingkat stres di Indonesia lebih rendah daripada negara lain. Namun perempuan Indonesia yang bekerja lebih stres dibandingkan prianya

Skor Kesejahteraan 360: Perempuan Harapkan Cuti untuk Atasi StresPexels/ Christina Morillo

Menurut hasil survei tersebut, tingkat stres di Indonesia memang lebih rendah dibandingkan negara-negara lain yang disurvei. Di kala Indonesia mendapatkan persentase sebesar 77 persen, negara lain ada di kisaran 84 persen. Namun di Indonesia, perempuan bekerja merasa lebih stres dibandingkan pria bekerja. Persentasenya 84 persen di Indonesia dibandingkan 76 persen secara global.

2. Setidaknya ada dua penyebab stres perempuan yang muncul dari survei. Mereka adalah tekanan pekerjaan & kondisi keuangan

Skor Kesejahteraan 360: Perempuan Harapkan Cuti untuk Atasi StresUnsplash/Sharon McCutcheon

Ada beberapa penyebab stresnya perempuan. Pertama, karena tekanan pekerjaan. Kedua, karena memikirkan kondisi keuangan keluarga dan pribadi. Hanya 1 dari 3 perempuan yang disurvei, percaya diri akan kondisi keuangannya. Kegelisahan tentang kondisi keuangan ini dapat dimaklumi lantaran perempuan pekerja merasa harus punya andil dalam keuangan keluarga. 

3. Sementara itu, perempuan Indonesia merasa kalau program kesejahteraan karyawan di kantor hanya bermanfaat secara umum saja

Skor Kesejahteraan 360: Perempuan Harapkan Cuti untuk Atasi StresPexels/Tim Gouw

Tidak jauh berbeda dengan responden global, mayoritas perempuan di Indonesia merasakan program-program tersebut, tidak dikhususkan pada kebutuhan perempuan pekerja. Karena itu, mereka berharap agar kantornya menyediakan program khusus kesejahteraan perempuan.

Baca Juga: Silvia Halim, Perempuan Brilian & Tangguh di Balik MRT Jakarta

4. Selain soal program kesejahteraan khusus pekerja perempuan, mereka juga ingin cuti untuk menangani stres kerja

Skor Kesejahteraan 360: Perempuan Harapkan Cuti untuk Atasi StresPexels/bruce mars

Kebanyakan pekerja perempuan dalam survei, baik lajang, menikah, ataupun memiliki anak, berharap mendapatkan cuti yang lebih. Cuti tersebut akan digunakan untuk meredakan stres yang bersumber dari pekerjaan.

5. Kesejahteraan dan manajemen stres di kalangan perempuan pekerja adalah masalah serius yang harus segera direspons perusahaan

Skor Kesejahteraan 360: Perempuan Harapkan Cuti untuk Atasi StresPexels/Claudia Barbosa

“Kesejahteraan dan manajemen stres di kalangan perempuan adalah permasalahan yang harus ditanggapi serius oleh perusahaan,” ungkap Akhiz Nasution, Chief Marketing & Strategic Partnership Officer Cigna Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan didasari jumlah perempuan yang bekerja di Indonesia terus menunjukkan peningkatan.

Karena peningkatan jumlah perempuan yang bekerja itulah, program kesejahteraan harus disesuaikan dengan kebutuhannya. "Perempuan bekerja harus merasa, mereka mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan,” tambahnya. 

Itu dia beberapa fakta seputar perempuan yang bekerja dari Skor Kesejahteraan 360. Menarik bukan? Apakah kamu juga sepakat dengan fakta-fakta di atas?

Baca Juga: 7 Tipe Perempuan Ketika Jadi Ibu Untuk Pertama Kalinya

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You