Comscore Tracker

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu 

Kenali dulu yang pas untuk kulitmu

Sebelum membeli dan memakai produk skincare, kamu perlu tahu kandungan apa yang ada di dalam produk tersebut. Salah satunya adalah bahan aktif berupa acid atau asam yang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit mulai dari, membasmi jerawat, kulit kusam, menyamarkan noda hitam, sampai mengurangi kerutan halus akibat penuaan dini.

Dilansir dari Bustle dan Healthline, ada berbagai jenis acid, dengan berbagai fungsi dan kondisi yang belum tentu cocok dengan kulitmu. Kenalan yuk dengan 7 jenis acid dalam produk skincare, yang sedang popular berikut ini!

1. Hyaluronic Acid (HA)

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu cosrx.com

Hyaluronic Acid banyak digunakan sebagai salah satu komposisi produk skincare, terutama toner dan produk anti aging. Bahan ini secara alami sudah ada pada lapisan kulit dan mampu mengikat air, serta memberikan kelembapan pada kulit.

Selain itu, HA juga dapat meredakan inflamasi dan berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Apabila kamu kekurangan kandungan HA, maka hal ini bisa membuat kulitmu kusam dan berkerut.

HA merupakan bahan yang lembut sehingga cocok digunakan bersama dengan produk skincare yang lain. 

2. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu soco.id

AHA merupakan kandungan yang bekerja pada bagian kulit terluar dan efektif mengurangi permasalahan di permukaan kulit. AHA memiliki sifat eksfoliasi dan meregenerasi kulit, memperbaiki tingkat kolagen, serta menjaga kelembapan kulit.

Beberapa bahan yang tergolong dalam Alpha hydroxy Acid (AHA) antara lain adalah Glycolic Acid yang baik digunakan pada kulit normal, dan Lactic Acid untuk kulit yang lebih sensitif.

Biasanya, AHA digunakan bersamaan dengan BHA, karena AHA kurang bisa menembus ke dalam pori-pori. Skincare dengan kandungan AHA, cocok dipakai untuk semua jenis kulit dan biasa dipakai dalam produk skincare anti-aging atau penuaan dini.

3. Beta Hydroxy Acid (BHA)

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu cosrx.com

Salicylic acid atau yang biasa kita kenal dengan nama BHA memiliki kemampuan untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit, dengan pengelupasan. BHA punya molekul yang lebih kecil dari AHA sehingga ampuh untuk membersihkan hingga ke dalam pori-pori dan mampu bekerja dengan baik di kulit berminyak karena teksturnya yang oil-soluble.

Untuk kamu yang punya masalah dengan jerawat, komedo dan tekstur kulit yang tidak rata, Produk ini bisa jadi solusinya. Namun, sebaiknya pemakaian BHA pada wajah tidak dilakukan terlalu sering untuk menghindari terjadinya iritasi.

Baca Juga: 8 Produk Skincare Set Anti Aging, Buruan Pakai Sebelum Terlambat!

4. Polyhydroxy Acid (PHA), eksfoliasi aman untuk Kulit Kering dan Sensitif

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu twoskintocare.com

Walaupun sama-sama memiliki fungsi untuk eksfoliasi dan regenerasi kulit, PHA merupakan kelompok acid yang jauh lebih lembut dan memiliki ukuran molekul yang lebih besar dibanding AHA dan BHA.

Oleh karena itu, PHA (Polyhydroxy Acid) lebih dianjurkan untuk pemilik kulit sensitif karena bekerja paling ringan dan aman dari iritasi. PHA juga mengandung pelembap, anti inflamasi, dan antioksidan, sehingga cocok dipakai untuk kamu yang punya kulit bertipe kering.

5. Retinoic acid

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu journal.sociola.com

Retinoid acid atau tretinoin merupakan asam turunan dari vitamin A, yang bekerja efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, mengatasi jerawat, serta mencerahkan flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Pada awal pemakaian skincare berbahan retinoic acid, biasanya terjadi pengelupasan dan menyebabkan kulit sedikit memerah. Hal ini wajar terjadi karena retinoid acid bekerja dengan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan memperkuat lapisan kulit.

Sebaiknya gunakan retinoid acid pada malam hari karena bahan ini membuat kulitmu lebih rentan terhadap sinar matahari. 

6. Myristic Acid

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu fun-japan.jp

Myristic acid atau tetradecanoic acid mungkin masih kurang familier di telinga. Namun sebenarnya, myristic acid seringkali digunakan sebagai salah satu komponen sabun karena sifatnya yang sangat efektif untuk menyerap minyak berlebih pada kulit dan kotoran yang menempel.

Bahan ini bisa ditemukan pada biji pala, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Dalam pemakaian bahan ini, perhatikan juga kadar penggunaannya agar tidak menimbulkan kekeringan pada kulit.

7. Kojic Acid

7 Jenis Acid dalam Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulitmu shopee.co.id

Baca Juga: Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hari

Kojic Acid adalah salah satu bahan yang paling ampuh untuk mencerahkan kulit kusam. Bahan yang berasal dari Jepang ini, memiliki warna putih dan terbuat dari bakteri baik hasil fermentasi beras untuk sake.

Pemakaian kojic acid dapat mencegah pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin yang bertugas memberikan warna pada kulit. Dosis kojic acid yang aman digunakan untuk kulit adalah pada kadar 1 persen atau kurang, sedangkan diatas kadar tersebut bisa berisiko menyebabkan iritasi.

Kamu juga perlu tahu bahwa pemakaian kojic acid akan membuat kulitmu lebih rentan terkena sunburn, sehingga kamu perlu menambahkan produk ber-SPF setelahnya.

Nah, setelah mengenal berbagai jenis asam atau acid di atas, kamu bisa segera memilih produk skincare idaman yang cocok untuk kulit kamu deh!

Vivin Yudha Sarjani Photo Writer Vivin Yudha Sarjani

Amateur Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya