Comscore Tracker

5 Efek Samping Dari Botoks yang Merugikan

Mending pakai skincare Korea aja deh

Botulinum toxin atau lebih dikenal dengan botox adalah sari protein dari Clostridium botulium, sejenis bakteri yang berada dalam racun makanan bernama Botul. Dalam takaran kecil, botox berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

Botox dapat menghaluskan otot yang keras dan tegang oleh karen aitu kerutan di wajah dapat dihilangkan dengan suntik botox. Tapi tahu kah kamu bahwa ternyata jenis perawatan yang banyak dipilih oleh kalangan artis ini memiliki efek samping yang mengerikan. Apa saja efek samping yang disebabkan oleh penyuntikan botox ke wajah?

1. Luka memar dan bengkak

5 Efek Samping Dari Botoks yang Merugikanpexels.com/@tomaz-barcellos

Luka memar dan bengkak pada wajah adalah efek samping yang paling sering terjadi ketika seseorang memutuskan untuk melakukan penyuntikan botox pada wajahnya. Biasanya luka memar dan bengkak ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan botox selalu berusaha menutupi wajahnya atau berusaha untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.

 

2. Otot melemah

5 Efek Samping Dari Botoks yang Merugikanpexels.com/@enginakyurt

Otot wajah akan melemah untuk sementara waktu bahkan untuk beberapa kasus, botox dapat menyebabkan otot lumpuh. Tapi hal ini bukanlah permanen, hanya berlangsung sekitar beberapa minggu atau beberpa bulan. Biasanya hal ini terjadi karena ada kesalahan saat penyuntikan botox. Oleh karena itu jika kamu memikirkan untuk suntik botox sebaiknya ke tempat yang memang dipercaya dapat melakukannya dengan tepat.

3. Kelopak mata turun

5 Efek Samping Dari Botoks yang Merugikanpexels.com/@brianna-swank

Alih-alih membuat wajah semakin terlihat muda tanpa kerutan, botox malah bisa jadi malapetaka untuk kecantikan wajahmu lho! Dalam beberapa kasus, botox malah membuat kelopak mata turun, alis menjadi lebih naik dari normal dan tawa yang dihasilkan pun tidak sealami orang tanpa botox. Aktifitas yang dapat menaikan sirkulasi darah juga dapat menyebabkan racun botox tersebar.

Baca Juga: 7 Fakta Operasi Plastik di Korea Selatan, Banyak Peminat Tapi Berisiko

4. Demam

5 Efek Samping Dari Botoks yang Merugikanpexels.com/@pixabay

Demam, flu dan radang tenggorokan adalah efek samping lain yang bisa terjadi pada orang yang menggunakan botox. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh  yang tidak terlalu baik saat penggunaan botox.  Sakit kepala bahkan muntah-muntah bisa terjadi pada yang kondisi tubuhnya tidak prima.

5. Keracunan

5 Efek Samping Dari Botoks yang Merugikanpexels.com/@pixabay

Racun botox yang disuntikkan dapat menyebar jika tidak benar dilakukannya dan hal ini dapat menyebabkan keracunan. Gejala keracunan botox adalah susah bernafas dan menelan, kehilangan suara, pandangan menjadi kabur, dan otot menjadi lemas pada seluruh tubuh.

Botox tidak diperbolehkan untuk masalah dengan motorik, ibu hamil atau menyusui dan orang yang alergi pada botox. Kalau kamu ingin menghilangkan kerutan pada wajahmu dan berpikir untuk botox sebaiknya kamu pikirkan lagi. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi pada wajah atau tubuhmu.

Baca Juga: 5 Klinik Operasi Plastik di Seoul Pilihan Artis Korea, Mau Coba?

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You