Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Jerawat Akan Menyingkir Dari Wajahmu

Selamat tinggal jerawat membandel!

Jerawat adalah salah satu hal yang paling dihindari dan ditakuti oleh kaum wanita. Tak jarang kaum wanita rela merogoh kocek cukup dalam hanya agar wajahnya terbebas dari yang namanya jerawat. Perawatan demi perawatan pun dilakoni, keluar masuk tempat dokter spesialis kulit pun tak luput dari kejaran para kaum wanita.

Tapi bagaimana jika semua hal-hal itu bukannya malah menjadikan jerawat sembuh justru membuat jerawat semakin membandel dan tak terkendali bermunculan dimana-mana dalam berbagai macam ukuran. Bahkan kulit wajahpun ikut menjadi tidak sehat, akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam krim-krim perawatan jerawat tersebut.

Sangat menyebalkan pastinya bukan? Padahal yang kita inginkan adalah agar urusan jerawat itu bisa teratasi dengan baik, tapi malah menjadi malapetaka untuk kesehatan kulit wajah kita.

Tahukah kalian kalau ada cara lain yang lebih ampuh dan lebih sehat dalam melawan jerawat-jerawat membandel. Simak penjelasan terperincinya dibawah ini.

1. Rajin membersihkan wajah

Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Jerawat Akan Menyingkir Dari Wajahmushutterstock Illustrasi.

Sudah banyak artikel yang membahas mengenai solusi memberantas jerawat membandel, yang salah satunya pasti berisi saran tentang 'harus rajin mencuci muka'. Ya benar, sering membersihkan wajah bisa mencegah timbulnya jerawat diwajah, tapi tidak harus sering-sering juga, sewajarnya saja. Biasakan mencuci muka 2x sehari, pagi dan sore saja. Terus kalau habis keluar rumah dan baru saja memakai make up yang tebal apa tidak harus dicuci mukanya? Jawabannya tidak perlu, cukup bersihkan wajah dengan menggunakan cleanser dan toner (disarankan yang cocok dengan kulit wajah) yang kalian miliki. Lalu jika malam hari, bagaimana? Sama, hanya gunakan cleanser dan toner saja. Hal ini dilakukan agar kulit wajah kita tidak menjadi terlalu kering.

Dalam konteks pembahasan disini, mencuci muka berarti membersihkan muka dengan air dan facial foam yang cocok dengan kulit wajah anda. Tapi khusus untuk yang sehabis keluar rumah atau malam hari, jika kalian ingin membasuh muka dengan air saja, tidak apa-apa, asal jangan mengaplikasikan facial foam.

2. Olahraga

Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Jerawat Akan Menyingkir Dari Wajahmumeramuda.com

Salah satu yang bisa menghindarkan wajah kita dari serbuan jerawat membandel adalah dengan rutin berolahraga. Karena dengan berolahraga kita bisa meningkatkan dan melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga kulit wajah bisa lebih banyak mendapatkan aliran oksigen.

Selain itu, berolahraga juga membuat kita menghasilkan banyak keringat, yang mana keringat yang keluar dari dalam tubuh kita bisa membantu membersihkan pori-pori, khususnya pada kulit wajah dan terhindar dari penyumbatan minyak.

Tapi jangan lupa untuk mencuci muka setelah melakukan berbagai macam olahraga ya. Kenapa? Karena keringat yang mengering pada kulit wajah menyebabkan tumbuhnya bakteri dan bisa menyebabkan jerawat.

Ada banyak sekali macam olahraga yang bisa kalian lakukan diantaranya :

  1. Jogging
  2. Pilates
  3. Yoga
  4. Olahraga Kardio

Lakukan sesuai kemampuan saja ya, jangan terlalu berlebihan, minimal 1 jam setiap hari cukup.

Baca Juga: 7 Lokasi Jerawat di Luar Wajah ini Akan Memberitahukan Kesehatanmu

3. Hindari makanan berlemak

Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Jerawat Akan Menyingkir Dari Wajahmutaste.com.au

Rendang, kari ayam, gule kambing, wah rasanya memang sangat sedap jika kita memakannya dengan nasi hangat. Hmm, rancak bana. Eitss, tapi jangan salah, semua makanan itu bisa menyebabkan jerawat loh. Kok bisa sih? Bisa dong, kan semua makanan tadi mengandung lemak jenuh.

Menurut beberapa ahli kedokteran, lemak yang terkandung di dalam makanan tersebut dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea pada kulit sehingga memicu timbulnya jerawat.

Sebenarnya tidak apa-apa jika sekali dua kali mencicipi makanan yang berlemak atau berkarbohidrat asal jangan berlebihan, dan juga diimbangi dengan olahraga yang teratur.

4. Banyak minum air putih

Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Jerawat Akan Menyingkir Dari Wajahmupexels/Daria Shevtsova

Apa hubungannya minum air putih dengan jerawat? Emang bisa ya ngilangin jerawat dengan rajin minum air putih?

Eits, jangan salah. Faktanya, banyak sekali pakar dermatologi yang menyarankan para penderita jerawat akut mengkonsumsi air putih.

Adapun beberapa kegunaan dari air putih untuk kulit wajah adalah sebagai berikut:

1. Air putih mempercepat proses detoksifikasi racun penyebab jerawat.

Detoksifikasi itu sendiri adalah suatu proses atau mekanisme pembuangan racun - racun dari dalam tubuh. Dan racun-racun ini adalah zat sisa metabolisme yang menumpuk yang berujung menjadi racun yang bisa membahayakan tubuh. Zat racun ini biasanya dibuang dalam bentuk keringat, fases atau urin.

Terus apa hubungannya dengan jerawat? Sebagaimana yang kita tahu, kalau jerawat itu disebabkan karena darah kotor yang salah satu pemicu terjadinya karena mekanisme detoksifikasi yang kurang baik.

2. Menjaga kelembaban dan menghidrasi kulit

Wajah yang terlalu kering itu juga rentan terkena radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, banyak mengkonsumsi air putih bisa melancarkan siklus peredaran dalam aliran darah, sehingga kulit wajah bisa mengalami perubahan secara berkala, tidak menjadi terlalu kering terus-menerus ataupun menjadi berminyak.

5. Hindari stres

Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Jerawat Akan Menyingkir Dari Wajahmuadditudemag.com

Salah satu faktor utama pemicu jerawat yang paling sulit dihindari dan sering diabaikan oleh para penderita jerawat akut adalah stress.

Para pakar peneliti menjelaskan hubungan antara stress dengan jerawat. Salah satu penjelasannya adalah adanya sel-sel yang memproduksi sebum, zat minyak yang memiliki reseptor pada hormon stress. Sebum ini sendiri adalah zat buruk yang jika bercampur dengan sel - sel kulit mati dan bakteri akan menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut di kulit sehingga menghasilkan komedo dan jerawat.

Nah, jadi ketika kita sedang mengalami stress berat, maka sebum atau zat berminyak ini akan lebih cepat terbentuk dan mengakibatkan jerawat muncul.

Maka dari itu, agar kita bisa terhindar dari jerawat membandel maka sebisa mungkin kita harus merilekskan pikiran kita, jangan terlalu berat memikirkan sesuatu hal yang mana bisa menjadikan kita stress dan memicu timbulnya jerawat di kulit wajah.

Nah sudah tahukan sekarang, apa saja yang bisa menghindarkan kulit wajah kita dari jerawat membandel? Kalau ada yang alami kenapa harus pakai cara kimia? Hasilnya pun tak kalah bagus kok, malah lebih aman buat kulit wajah.

Baca Juga: Girls Hati-hati, 10 Kesalahan Pakai Skincare ini Bisa Bikin Jerawatan

Wiwiek Es Photo Writer Wiwiek Es

♡ Penikmat aroma kopi ☺ Travel Addict | Book Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya