Comscore Tracker

Apa yang Terjadi Jika Malas Mencuci Kuas Makeup?

Kapan terakhir kamu cuci kuas makeup?

Make up adalah hal yang wajib bagi sebagian besar wanita. Dengan memakai make up wanita bisa tampil lebih cantik dan percaya diri. Tak jarang berbagai macam merk kosmetik berjajar di meja rias, untuk berganti-ganti gaya merias wajah. Seiring banyaknya koleksi kosmetik, berbagai macam kuas juga tersedia. Nah, untuk kamu yang rajin memakai kosmetik, jangan lupa juga untuk rajin mencuci kuas kosmetikmu ya. Jika tidak, hal ini bisa terjadi pada kulitmu.

1. Pori-pori tersumbat

Apa yang Terjadi Jika Malas Mencuci Kuas Makeup?www.businessinsider.com.au

Sisa kosmetik yang menempel pada kuas akan membuat kuas menjadi kotor. Jika kamu memakai kuas yang kotor untuk merias wajahmu, kotoran itu bisa menempel di kulit wajah dan menyumbat pori-pori.

2. Sarang bakteri

Apa yang Terjadi Jika Malas Mencuci Kuas Makeup?www.anthropologie.com

Jika kuas kosmetik tidak disimpan di tempat tertutup maka debu, kotoran, dan bakteri bisa menempel dengan mudah. Ditambah dengan sisa kosmetik yang menempel di kuas akan menyebabkan kuas semakin kotor dan menjadi sarang bakteri.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, 5 Merek Makeup Zero Waste Ini Paling Recommended

3. Muncul jerawat

Apa yang Terjadi Jika Malas Mencuci Kuas Makeup?www.stylecraze.com

Memakai kuas yang kotor karena sisa kosmetik yang menempel dan debu akan menyumbat pori-pori. Hal itu bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Bakteri yang terdapat pada kuas yang kotor akan memperparah jerawat yang muncul.

4. Iritasi kulit

Apa yang Terjadi Jika Malas Mencuci Kuas Makeup?www.sepalika.com

Banyaknya kotoran dan sisa kosmetik yang menempel menyebabkan kuas menjadi lebih kasar. Hal itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit karena goresan kuas yang kasar, walaupun tidak terlalu terasa.

Nah, jangan malas mencuci kuas make up ya girls atau hal-hal di atas akan terjadi. Untuk kuas alas bedak dan concealer kamu cukup mencucinya 1 kali seminggu, kuas eye shadow 2 kali sebulan, dan kuas lainnya 1 kali sebulan. Jika kamu tidak mempunyai pembersih khusus untuk mencuci kuas make up kamu bisa mencucinya menggunakan shampo bayi atau sabun cair yang lembut dan gunakan air suam-suam kuku. Setelah dicuci bersih keringkan dengan menggantung kuas secara terbalik agar air tidak masuk ke bagian dalam. Mudah bukan?

Baca Juga: Bisa Dicoba, 5 Makeup Hack yang Bikin Mata Kecilmu Tampak Lebih Besar!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya