Comscore Tracker

Pentingnya Merawat Kulit untuk Mengatasi Kerusakan dan Penuaan Dini

Yuk rawat kulitmu sebelum terlambat!

Penampilan menarik pastinya didambakan oleh setiap orang. Jika ingin menjaga penampilan, tentunya penting bagi kamu untuk merawat kulitmu. Perawatan kulit perlu disadari sejak dini agar kesehatan kulitmu tetap terjaga. Jangan sampai menyadari pentingnya perawatan jika sudah muncul kerusakan pada kulit. 

Menyadari hal tersebut, Kingland Avenue dan Jakarta Life Science and Aesthetics bekerja sama untuk mengadakan talk show yang bertemakan “Defining Beauty in Men & Woman”. Acara ini (19/11) dipandu oleh Addry Danu, dan dihadiri oleh Gabriel Malvin selaku Marcom Manager Jakarta Life Science and Aesthetics, dan juga Dr. Merissa Devlayzar, dokter estetika.

1. Kemalasan untuk menggunakan skincare akan menghasilkan dampak kepada kulit 10-20 tahun mendatang

Pentingnya Merawat Kulit untuk Mengatasi Kerusakan dan Penuaan DiniTalkshow Defining Beauty in Men & Woman. 19 November 2019. IDN Times/Yolanda Vania

Saat ini, perawatan kulit penting bagi setiap individu tanpa memandang jenis kelamin. Pentingnya perawatan kulit membantu kita terhindar dari berbagai risiko yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan berbagai permasalahan lain seperti berjerawat, flek hitam, dan lain-lain.

"Memang akibat yang muncul tidak akan terlihat sekarang, tetapi seiring pertambahan umur yaitu 10-20 tahun mendatang, akibat yang dimunculkan akan mulai terlihat," jelas Dr. Merissa Devlayzar, dokter estetika.

Sebelum memilih perawatan wajah, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulitmu. Namun, jangan sampai kamu menebak-nebak sendiri jenis kulitmu. Tanyakan kepada orang yang profesional seperti ke klinik atau dokter. Hal itu bisa membantumu untuk menemukan perawatan yang tepat.

2. Penting bagimu untuk menggunakan sunblock dalam beraktivitas sehari-hari

Pentingnya Merawat Kulit untuk Mengatasi Kerusakan dan Penuaan DiniTalkshow Defining Beauty in Men & Woman. 19 November 2019. IDN Times/Yolanda Vania

Sunblock merupakan skincare yang penting terutama bagi kamu yang sering beraktivitas secara outdoor. Menggunakan sunblock dapat membantu kamu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Itu merupakan salah satu pencegahan terhadap munculnya flek atau melasma pada kulit. 

Berbagai jenis sunblock pun tersedia, seperti 15, 30, dan 50 SPF. Serta jangan pernah meremehkan kemana pun kamu pergi, walaupun sebentar penting bagi kamu tetap menggunakan sunblock.

"Kalau perginya sebentar bisa menggunakan yang 15 SPF, tetapi kalau memang sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena matahari atau lighting secara langsung. Penting untuk menggunakan yang 50 SPF," tambah Dr. Merissa Devlayzar.

3. Bagi kamu yang pemula dalam menggunakan skincare, bisa memulai dengan pakai sabun cuci muka, sunblock dan moisturizer

Pentingnya Merawat Kulit untuk Mengatasi Kerusakan dan Penuaan DiniTalkshow Defining Beauty in Men & Woman. 19 November 2019. IDN Times/Yolanda Vania

Bagi kamu  yang baru pemula dalam menggunakan skincare, hal utama yang harus dilakukan adalah mencuci wajah menggunakan sabun yang cocok dengan jenis kulitmu. Setelah itu gunakan sunblock saat pagi hari dan juga moisturizer untuk pagi dan malam. 

Moisturizer dapat membantu melembapkan kulitmu terutama bagi kamu yang memiliki kulit kering. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah cenderung kering dapat menggunakan moisturizer jenis cream, dan bagi yang berminyak dapat menggunakannya dalam bentuk gel.

Baca Juga: Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulit

4. Buat kamu yang merasa sudah memiliki kerusakan kulit dapat melakukan konsultasi kepada klinik atau dokter terpercaya

Pentingnya Merawat Kulit untuk Mengatasi Kerusakan dan Penuaan DiniTalkshow Defining Beauty in Men & Woman. 19 November 2019. IDN Times/Yolanda Vania

Perawatan dengan pergi ke dokter atau klinik yang terpercaya bisa membantumu untuk membuat kulit lebih sehat. Namun ini juga bisa menjadi penanganan pertama jika kamu sudah mengalami kerusakan kulit. Agar tidak semakin rusak, penting bagimu untuk memperbaiki dahulu sebelum rajin merawatnya kembali.

Melakukan perawatan memiliki cara yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan hanya berdasarkan jenis kulit saja. Karena walaupun memiliki jenis kulit yang sama, tetapi bisa saja harus memiliki penanganan yang berbeda dalam perawatan. 

Selanjutnya hal utama yang harus dilakukan saat melakukan perawatan adalah membersihkan wajah dengan facial terlebih dahulu. Karena jika kulit wajah kita masih kotor maka perawatan apa pun tidak akan masuk ke dalam kulit kita. 

"Banyak orang tergoda dengan perawatan kulit yang murah tetapi tidak memikirkan risiko jangka panjang. Lakukanlah perawatan dengan obat-obatan atau klinik yang aman," ujar Gabriel Malvin, Marcom Manager Jakarta Life Science and Aesthetics.

5. Ternyata perawatan kulit bukan untuk wanita saja, tetapi pria juga membutuhkannya lho!

Pentingnya Merawat Kulit untuk Mengatasi Kerusakan dan Penuaan DiniTalkshow Defining Beauty in Men & Woman. 19 November 2019. IDN Times/Yolanda Vania

Perawatan kulit dan kulit yang indah biasanya identik dengan wanita, tetapi sebenarnya pria juga harus merawat kulitnya lho! Hal yang bisa pria lakukan untuk merawat kulitnya adalah dengan mencuci muka setiap bangun dan akan tidur. Itu merupakan hal yang paling mudah dilakukan oleh pria untuk merawat wajah. 

Memang pria identik dengan "bodo amat" terhadap perawatan kulit, tetapi ini lebih mengacu kepada kesehatan kulit untuk jangka panjang. Terutama bagi para pria yang suka beraktivitas di luar ruangan atau bahkan yang sering terkena lighting, sunblock juga menjadi hal penting untuk melindungi kulit.

“Kegiatan saya yang harus berhadapan dengan lighting studio dan makeup hampir setiap hari bisa membuat kulit saya tidak dalam kondisi yang maksimal. Maka dari itu perawatan kulit yang benar dapat saya lakukan guna mendukung aktivitas saya sehari-hari dan menambah rasa percaya diri dalam berinteraksi dengan rekan kerja atau partner bisnis,” ungkap Addry Danu seorang Host dan Brand Ambassador Jakarta Life Science and Aesthetics

Baca Juga: 7 Tips Merawat Kulit Tanpa Perlu Banyak Produk Skincare

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Pinka Wima

Just For You