Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Para Hijaber

Rambut jadi sehat gak bikin keki!

Rambut rontok adalah salah satu permasalahan yang bikin sebal. Berhijab atau enggak, permasalahan ini adalah yang paling sering dijumpai oleh kaum wanita. Terlebih jika terjadi pada kaum hijabers, cara penanganannya mungkin akan sedikit berbeda. 

Kondisi rambut yang tertutup hijab dalam waktu yang lama kadang bikin kulit kepala jadi gerah dan gak nyaman, yang akhirnya bikin rambut rapuh dan rontok. Nah, lima cara di bawah bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. 

1. Gunakan produk sesuai permasalahan

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Para HijaberIlustrasi memilih shampoo (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Gunakan produk-produk kecantikan rambut yang memang disarankan untuk kondisi rambut rontok. Perhatikan kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Kandungan-kandungan alami seperti ekstrak gingseng, urang-aring atau aloe vera akan blebih bermanfaat bagi kesehatan rambutmu. 

Rambut rontok yang dialami kaum hijabers bisa disebabkan oleh keringat atau minyak. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa mencari produk-produk yang dapat memberikan kesegaran bagi rambut, seperti kandungan mint atau jenis lain yang menyegarkan.

2. Aplikasikan minyak zaitun

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Para HijaberIlustrasi minyak zaitun (Pexels.com/Pixabay)

Minyak zaitun sudah dikenal luas akan mafaatnya termasuk untuk kesehatan rambut. Gosokkan minyak zaitun pada kulit kepala secara menyeluruh lalu pijat-pijat hingga kandungannya meresap. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Minyak zaitun dipercaya dapat menguatkan akar rambut yang rusak sehingga bisa meminimalisir dan mengatasi rambut rontok. 

3. Pilih gaya rambut pendek, jangan terlalu sering mengikat rambut 

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Para HijaberIlustrasi gaya hijab (Pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Terlalu sering mengikat rambut akan bikin rambut bisa menjadi penyebab dari kerontokan rambut. Rambut yang terlalu sering diikat akan mengalami tekanan yang bisa membuatnya jadi rapuh yang mengakibatkan kerontokan. Jika kamu tidak bisa tidak mengikat rambut, maka ada baiknya kamu mengubah gaya rambut menjadi pendek. Ini adalah solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, rambut pendek akan jauh lebih mudah diatur dan dirawat dibandingkan rambut panjang. 

Baca Juga: Outfit Kondangan Hijaber ala Aghnia Punjabi, Unik dan Berani Beda!

4. Aplikasikan masker rambut

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Para HijaberIlustrasi memilih masker rambut (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Masker rambut adalah salah satu rangkaian perawatan yang bisa menguatkan rambut. Rambut akan lebih sehat dan kuat sehingga bisa mencegah kerusakan seperti rambut rontok. Cermati kandungan yang ada di dalamnya dan pilih yang paling sesuai dengan tipe rambutmu. Gunakan secara rutin dan konsisten sesuai petunjuk pada keterangan produk tersebut. 

5. Pilih bahan hijab yang dapat menyerap keringat

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Para HijaberIlustrasi bahan hijab yang bersahabat (Pexels.com/Monstera)

Pemilihan bahan inner hijab dan hijab itu sendiri perlu diperhatikan nih girls! Pilihlah bahan yang bersahabat dengan kulit kepala. Sebaliknya, kurangi pemakaian hijab dengan bahan yang panas, sehingga dapat memperparah kondisi rambut dan kulit kepala menjadi berkeringat. Alhasil kamu tidak akan nyaman dengan kondisi tersebut. 

Pemilihan produk yang tepat, serta rutinnya perawatan yang dilakukan bisa membantu mengatasi permasalahan rambut rontok yang menyebalkan. Jangan lupa untuk pilih bahan hijab yang nyaman dipakai meski saat beraktivitas dalam waktu lama. 

Baca Juga: 5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya