Comscore Tracker

5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan Mudah

Walau di rumah saja, rambut tetap harus sehat ya!

Rambut membutuhkan perawatan khusus untuk tetap sehat. Kondisi pandemi saat ini berdampak pada keterbatasan untuk keluar rumah walau hanya pergi ke salon. Tapi, sebetulnya perawatan kesehatan rambut juga bisa dilakukan di rumah kok.

Perawatan dari rumah juga tentunya akan lebih ekonomis dan pastinya terhindar dari paparan virus COVID-19. Untuk produk-produk perawatan sendiri, kamu bisa membelinya lewat toko-toko online. Lalu, apa saja yang mesti dilakukan? Simak informasi berikut, ya! 

1. Gunakan sampo

5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan Mudahunsplash.com/the creative exchange

Tahapan yang pertama kamu perlukan adalah sampo. Gunakan sampo dengan kandungan bahan yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Jauhi sampo yang akan membuat rambutmu bermasalah. Pijat kulit kepala dengan gerakan memutar saat keramas. Hal ini membantu untuk membersihkan kotoran-kotoran di kulit kepala. 

2. Gunakan produk khusus untuk hair spa

5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan MudahPexels.com/Pavel Danilyuk

Setelah keramas dengan menggunakan sampo, kamu bisa menambahkan conditioner agar rambut terasa lebih lembut. Bilas conditioner dan lanjutkan dengan produk vitamin rambut khusus spa. Sesuaikan vitamin tersebut dengan kebutuhan rambutmu.

 Hair spa sendiri dilakukan sebagai terapi rambut dengan cara memberi vitamin dan memijat kulit kepala secara lembut. Hair spa sangat bermanfaat untuk menguatkan rambut, membuat rambut bercahaya dan tampak lebih sehat.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebal

3. Aplikasikan produk hair tonic

5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan MudahPexels.com/Artem Podrez

Gunakan hair tonic agar rambut menjadi lebih sehat meski hanya perawatan dari rumah. Mayoritas produk hair tonic memiliki kandungan vitamin E, B2, lactic acid, serta bahan-bahan natural lain yang tentunya baik untuk kulit kepala. Kandungan natural seperti ekstrak ginseng, urang-aring dan aloe vera juga bisa kamu temukan di sini.

Perawatan rambut menggunakan hair tonic juga sangat bermanfaat. Kulit kepala menjadi lebih sehat, rambut lebih bernutrisi, mengurangi ketombe dan rambut rusak, serta memberikan sensasi kilau yang bercahaya pada rambut. Gunakan produk hair tonic sehabis perawatan hair spa, teteskan di kulit kepala lalu pijat lembut secara memutar. 

4. Berikan vitamin rambut

5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan MudahPixabay.com/Adore Beauty NZ

Sekilas tahapan perawan ini terlihat sama dengan penggunaan hair tonic. Tapi, keduanya punya fungsi yang berbeda, lho. Hair vitamin berfungsi untuk menutrisi helai rambut sehingga membantu rambut untuk tidak mudah kusut. Sedangkan hair tonic menutrisi langsung pada akar rambut, oleh karena itu cara penggunaannya langsung diteteskan di kulit kepala. Gunakan produk hair vitamin pada saat rambut dalam keadaan bersih. Begitu pula dengan penggunaan produk hair tonic. Jadi, pastikan kamu sudah terlebih dahulu keramas ya!

5. Aplikasikan hair parfum atau hair mist

5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan Mudahskinkraft.com

Tahap terakhir kamu bisa menyemprotkan produk hair parfum ke rambutmu. Selain tentunya membuat rambut menjadi lebih wangi, hair parfum juga membuat rambut lebih rapi dan mengembang. Sehingga rambut tidak kasar dan mudah kusut. Lakukan step ini saat semua perawatan rambutmu selesai. Gunakan saat rambut dalam kondisi 80% kering agar formula dan nutrisi dapat menyerap sempurna.

Dengan di rumah aja, kamu tetap bisa mendapatkan perawatan rambut ala salon. Lima tips merawat rambut di atas bikin rambut jadi lebih sehat dan kuat. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal. 

Baca Juga: 6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehat

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya