Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Pria Sering Menyembunyikan Masalahnya Sendiri

Jarang banget mau cerita kesulitan yang dialaminya

Kalau membahas soal gender, perbedaan antara pria dan perempuan gak hanya terletak pada fisik dan kekuatan saja, akan tetapi dalam menyikapi sebuah masalah pun bisa dibilang baik pria maupun perempuan punya caranya sendiri. Kalau perempuan cenderung menanggapinya dengan perasaan dan bercerita pada orang sekitar untuk mencari solusi, maka berbeda dengan pria yang lebih sering menyembunyikan masalahnya sendiri.

Meskipun menceritakan masalah tidak lantas membuat pria jadi terlihat cengeng, tapi mereka seperti punya naluri alami untuk memendam masalah dan kesulitan di hidupnya untuk kemudian menyelesaikan semuanya sendiri. Bisa jadi karena harga dirinya yang tinggi, atau karena memang tidak ingin orang di sekitarnya jadi ikut kepikiran dengan masalahnya.

Tapi yang jelas beberapa alasannya akan dibahas lebih lanjut di bawah ini. Penasaran apa alasan dari banyak pria yang kerap menyembunyikan masalahnya sendiri? Yuk disimak artikelnya sampai selesai!

1. Menceritakan masalahnya bisa membuatnya makin terpuruk

5 Alasan Kenapa Pria Sering Menyembunyikan Masalahnya Sendiriilustrasi bicara (pexels.com/Mental Health America)

Bagi perempuan, curhat ke orang terdekat tentang masalah yang sedang dialami mungkin bisa membuatnya jadi lebih lega, tapi berbeda dengan pria yang lebih baik diam supaya bisa menenangkan dirinya. Karena alasannya yang pertama pria sering menyembunyikan masalahnya ialah karena kalau diceritakan dia bisa jadi tambah kepikiran dan terpuruk.

Dibanding menceritakannya pada orang lain yang tidak bisa langsung memberi jalan keluar, lebih ia memendamnya dan menyelesaikan masalah dengan mencari solusinya secepatnya. Karena pria sangat mengandalkan logikanya, jadi gak heran kalau ketika berhubungan pun pria agak sulit menurut untuk diminta menceritakan setiap masalah yang dialaminya. Karena yang penting baginya adalah solusi dan bukan sesi curhat-curhatan.

2. Hanya bisa benar-benar terbuka dengan orang yang ia cintai dan percaya

5 Alasan Kenapa Pria Sering Menyembunyikan Masalahnya Sendiriilustrasi bicara (pexels.com/Anthony Shkraba)

Alasan yang kedua kenapa pria sering banget menyembunyikan masalahnya sendiri, karena pada dasarnya pria hanya bisa terbuka pada orang yang ia cintai dan percaya. Yang mana dalam hal ini biasanya berlaku pada keluarga terdekat, sahabat, dan pasangannya.

Dengan kata lain, kamu memang tidak bisa memaksa seorang pria untuk curhat tentang masalahnya kecuali jika kamu memang orang yang sangat dekat dengannya. Karena untuk bercerita dia membutuhkan keyakinan bahwa orang yang dijadikan tempat curhatnya bisa menjaga privasi dan tidak menyebarkan masalahnya ke orang lain.

3. Gak mau orang lain jadi ikut kepikiran tentang masalahnya

5 Alasan Kenapa Pria Sering Menyembunyikan Masalahnya Sendiriilustrasi bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Naluri pria adalah sebagai pelindung untuk menjaga orang-orang terdekatnya, dan itu jugalah yang membuatnya jadi sering memilih memendam masalahnya sendiri dibanding menceritakannya. Karena ia tidak ingin orang lain terutama yang ia sayangi jadi ikut kepikiran tentang masalahnya, gak mau kalau dia jadi menambah beban pikiran orang lain.

Di satu sisi, hal ini sangat menyentuh hati karena ia sangat memikirkan orang terdekatnya, tapi di sisi lain orang-orang terdekatnya tidak tahu kesulitan apa yang dialaminya bahkan ketika sangat terpuruk ketika menanggung beban sendirian. Mengharukan, tapi juga sangat menyedihkan di saat yang bersamaan.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pria yang Cool, Lakukan Bro!

4. Harga dirinya yang tinggi menganggap bahwa ia bisa menghadapinya sendiri

5 Alasan Kenapa Pria Sering Menyembunyikan Masalahnya Sendiriilustrasi pria (pexels.com/Mikhail Nilov)

Semua orang punya harga diri yang dijaga, tapi jika dibandingkan dengan perempuan maka pria cenderung memiliki harga diri yang ia junjung sangat tinggi. Dan, inilah alasannya yang keempat kenapa banyak pria jarang mau menceritakan kesulitannya dan lebih memilih memendam sendirian.

Karena pria tidak mau harga dirinya rusak ketika ia curhat sana-sini ketika ada masalah, dirinya gak mau dipandang remeh terutama di mata sesama pria. Karena kalau sering curhat ketika masalah bisa menimbulkan kesan bahwa dirinya lemah dan cengeng sampai-sampai semuanya diceritakan pada orang lain.

5. Pada dasarnya pria memang gak suka drama dan curhat sana-sini

5 Alasan Kenapa Pria Sering Menyembunyikan Masalahnya Sendiriilustrasi pria (pexels.com/Kelvin Valerio)

Alasan yang terakhir ialah karena pada dasarnya pria memang gak suka drama dan curhat sana-sini. Itulah kenapa kebanyakan pria kelihatan lebih cool dan misterius di mata perempuan, karena pribadi mereka yang berbeda dan gak suka banyak cerita ke orang lain tentang apa yang terjadi di dalam hidupnya.

Pria gak mau masalah hidupnya jadi semakin besar dan berlarut-larut karena menceritakannya ke orang lain, yang mana malah bisa jadi drama dan semakin lama pula selesainya. Dan, begitulah memang pola pikir orang yang dominan menggunakan logika, cenderung gak mau ribet dan menyimpan masalahnya sendiri supaya lebih cepat terselesaikan.

Intinya, pria sering menyembunyikan masalahnya bukan karena sok hebat bisa menyelesaikan semuanya sendiri, tapi karena naluri alaminya yang gak suka memperbesar masalah dan gak mau orang terdekatnya jadi ikut kepikiran makanya lebih memilih diam saja.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Diubah agar Kamu Jadi Pria yang Pantang Menyerah

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya