Comscore Tracker

5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!

Jangan malu untuk menyapa dan mendekatkan dirimu

Jika hubunganmu saat ini sudah di tahap pengenalan keluarga, maka itu artinya sudah memasuki fase serius, apalagi kalau kamu diajak untuk ikut kumpul bersama keluarga doi. Artinya, dia dan keluarganya ingin kamu masuk dan penyesuaian diri dengan keluarga mereka. 

Tapi, yang namanya masuk ke dalam lingkungan keluarga pasangan, tentu rasanya mendebarkan dan bikin gugup sendiri. Namun tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tipsnya supaya tahu apa yang harus kamu lakukan kalau diajak kumpul keluarga pasangan. Jadi simak baik-baik, ya! 

1. Bantu tata makanan jika kamu datang saat persiapan

5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!ilustrasi berkumpul (pexels.com/August de Richelieu)

Tipsnya yang pertama kalau diajak kumpul bersama keluarga pasangan ialah bantu-bantu menata makanan jika kamu datang pada saat persiapan. Dengan kata lain jadilah sosok yang ringan tangan untuk membantu keluarganya. 

Gak perlu caper sampai memaksakan diri membantu banyak hal, tapi cukup sewajarnya saja seperti menyiapkan piring dan sendok atau menata makanan di meja. Bantuan kecil seperti ini membuat dirimu tampak peduli pada keluarga karena mau membantu. 

2. Bersikap ramah dengan menyapa keluarganya lebih dulu

5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!ilustrasi keluarga (pexels.com/Nicole Michalou)

Jangan panik kalau kamu diajak kumpul bersama keluarga pasangan, karena sebenarnya yang harus kamu lakukan ialah hanya bersikap ramah. Gak perlu berlebihan, tapi bersikap ramahlah dengan menyapa keluarganya lebih dulu dan banyak tersenyum. 

Senyuman yang ceria memberikan kesan kalau kamu mudah didekati, jadi keluarganya pun juga gak ragu untuk berkenalan dan dekat denganmu. Jadi anggap saja mereka seperti keluargamu sendiri sehingga kamu tidak gugup saat datang ke sana. 

3. Bawa buah tangan yang kiranya dapat dinikmati semua orang

5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!ilustrasi beri bingkisan (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Yang namanya kumpul keluarga pasti akan hadir banyak orang, entah itu acara ulang tahun, arisan, atau hajatan lain, kalau bisa bawalah buah tangan yang bermanfaat. Entah itu berupa buah-buahan, makanan, minuman, atau bahkan kue yang bisa jadi kudapan semua orang. 

Meskipun tidak disuruh atau diwajibkan oleh pasanganmu, tapi membawa buah tangan saat mengunjungi keluarga itu termasuk adab dalam bertamu. Kan jadinya bagus kalau apa yang kamu bawa bisa dinikmati semua orang dan meramaikan acara kumpul keluarga itu. 

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Mau Mengevaluasi Diri Saat Ada Masalah dengan Pasangan

4. Jangan sama pasangan terus, tapi cobalah untuk berbaur dengan saudaranya

5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!ilustrasi berkumpul (pexels.com/Lisa Fotios)

Tips yang satu ini termasuk penting jika kamu diajak ikut kumpul keluarga pasangan, yang mana kamu jangan sama do,i terus tapi cobalah berbaur. Boleh berbaur dengan yang lebih tua, atau dengan saudara-saudaranya yang mungkin mudah untuk didekati. 

Bukannya mau caper atau bagaimana, tapi yang namanya mau masuk ke dalam keluarganya tentu kamu harus mulai mencoba beradaptasi dan berbaur. Kalau kamu nempel terus dengan pasangan justru gak bagus di mata keluarganya karena terkesan tidak mau mencoba mendekatkan diri. 

5. Jadi diri sendiri dan buat suasana berkumpul jadi menyenangkan

5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!ilustrasi berkumpul (pexels.com/Fauxels)

Tipsnya yang terakhir kalau diajak kumpul bareng keluarga pasangan yaitu jadilah diri sendiri. Maksudnya ialah, kamu gak perlu sok jaim hingga malu-malu kucing di depan mereka, karena kesannya jadi palsu dan sok baik. 

Jadi cukup apa adanya saja dan hidupkan suasana jika kamu pandai bercanda dan meramaikan obrolan. Justru sikap yang seperti ini akan membuat mereka jadi suka padamu, karena kamu orangnya asyik dan gak jaim namun tetap tahu batasan dan sopan santun. 

Intinya kalau diajak kumpul bersama keluarga pasangan kamu gak perlu gugup, karena cukup lakukan saja lima tips tadi. Yang penting kamu tahu cara membawa diri dan mau berbaur dengan keluarganya. 

Baca Juga: 5 Tanda Cowok Sudah Siap Mengajak Pasangan untuk Menikah

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya