Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Menghormati Batasan dalam Berpasangan, Simak, Bro!

Biar hubungan kamu gak banyak drama

Membuat batasan dalam hubungan seakan menjadi pro dan kontra yang tidak ada habisnya. Di satu sisi, adanya batasan membuat satu sama lain merasa tidak memiliki seutuhnya,;masih ada pembatas yang sekaan keduanya tidak pernah bersatu.

Di sisi lain, batasan menjadi hal yang cukup krusial dalam hubungan; membagi antara kehidupan yang sangat personal dengan relationship. Namun, yang harus kita pahami bahwa ternyata ada alasan penting di balik menghormati batasan dalam berpasangan.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak inspirasi mengapa menghormati batasan dalam berpasangan itu adalah hal yang krusial lewat ulasan berikut ini!

1. Bentuk penekanan bahwa hubungan memang butuh batasan 

5 Alasan Pentingnya Menghormati Batasan dalam Berpasangan, Simak, Bro!ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Trinity Kubassek)

Batasan dalam sebuah hubungan patut untuk kita hormati semaksimal mungkin. Gak semua orang mau mememberikan segala hal yang ada pada dirinya diatur oleh pasangan. Bukan karena tidak sayang, tetapi memang harus ada pembatas yang jelas agar tidak saling melewati batas.

Bahkan, dilansir MentalHelp, semua hubungan yang sehat memiliki batasan. Tanpa adanya batasan, sangat sulit untuk menciptakan hubungan yang sehat dan jauh dari toksik. Toksik relationship sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus menerus, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

2. Tidak membuat pasangan merasa kurang nyaman dalam hubungan

5 Alasan Pentingnya Menghormati Batasan dalam Berpasangan, Simak, Bro!ilustrasi pasangan bergandengan tangan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Dalam berpacaran, setiap orang pastinya punya batasan tertentu yang gak boleh pasangannya lakukan dengan alasan apapun. Hal ini dilakukan demi terciptanya sebuah kenyamanan dalam menjalin suatu hubungan.

Tanpa adanya rasa nyaman, hubungan tidak akan bertahan lama. Bukan karena tidak mau berusaha bertahan, tapi, kunci untuk tetap bersama dengan pasangan adalah saling memberikan rasa aman dan nyaman satu sama lain.

Baca Juga: 5 Perilaku Micro-Cheating dalam Hubungan, Sepakati Batasan yang Jelas!

3. Sadar bahwa setiap individu punya hak miliknya masing-masing

5 Alasan Pentingnya Menghormati Batasan dalam Berpasangan, Simak, Bro!ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Yan Krukov)

Terikat dengan suatu hubungan bukan berarti memberikan hak miliki seutuhnya. Terikat di sini artinya saling berkomitmen untuk tetap bersama atas suka dan duka yang akan dijalani. Pada akhirnya, setiap kali ada batasan yang pasangan buat, kamu wajib untuk menghormatinya sebaik mungkin.

Kamu harus sadar bahwa setiap individu punya privasi dan kehidupannya masing-masing. Bukan berarti ketika menjalin hubungan hak hidup tersebut lantas berpindah tangan. Pastikan kamu mendapatkan hak milikmu, dan pasangan mendapatkan apa yang menjadi hak milik dia sendiri.

4. Melewati batas hanya akan membuat hubungan jadi renggang

5 Alasan Pentingnya Menghormati Batasan dalam Berpasangan, Simak, Bro!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tujuan dari menghormati apa yang menjadi batasan pasanganmu bukan hanya demi kebaikan antar individu, tetapi juga mempertahankan hubungan tersebut. Hubungan yang di dalamnya gak pernah menghormati batasan satu sama lain berpotensi berakhir perpisahan.

Jika keduanya saling melewati batasan, kualitas hubungan makin menurun. Batasan dibuat agar keduanya saling menghargai pola pikir masing-masing, bukan malah membentuk sebuah persepsi bahwa batasan dibuat memang untuk dilanggar.

5. Berusaha untuk tidak egois dan hanya mementingkan diri sendiri

5 Alasan Pentingnya Menghormati Batasan dalam Berpasangan, Simak, Bro!ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Spora Weddings)

Keegoisan dalam hubungan menjadi pertanda buruk yang sangat merugikan. Egois artinya mementingkan diri sendiri serta tidak mempedulikan apa yang menjadi keinginan pasangannya. Salah satu contohnya bisa dilihat dalam menetapkan sebuah batasan dalam hubungan.

Pasanganmu membentuk sebuah batasan agar bisa membuat ruang antara kehidupan pribadi dan relationship. Kamu harus bisa menghormatinya. Jangan sampai ada campur aduk yang bikin hubungan malah tambah rumit.

Kelima poin di atas memberikan gambaran bahwa penting sekali menghormati apa yang menjadi batasan dalam hubungan tersebut. Jangan sampai kamu melanggar atau melewati batasan demi kenyamanan dan menjaga hubunganmu tetap langgeng, ya! Semoga menginspirasi.

Baca Juga: 5 Hal yang Pantang Dilakukan dalam Hubungan, Batasan Itu Penting!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya