Comscore Tracker

5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!

Bisa jadi motivasi untuk meraih sukses! #IDNTimesMen

Hal apa sih yang membuatmu tetap semangat menjalani hidup setiap harinya? Apakah karena ingin membuat orang-orang di sekitarmu bangga, atau justru mau balas dendam ke mantan dengan 'menamparnya' lewat prestasi? Apa pun itu, rasanya penting untuk memiliki tujuan hidup yang jelas. Termasuk mempunyai cita-cita setinggi mungkin. 

Jangan takut dibilang pemimpi hanya karena keinginanmu gak masuk akal menurut sebagian orang. Asalkan terus berusaha, gak mustahil cita-cita tersebut bisa tercapai, kok. Berikut ini adalah lima alasan kenapa punya cita-cita tinggi itu perlu dan gak jadi masalah sama sekali. Simak baik-baik, supaya semangatmu kian berkobar ya, Bro! 

1. Bermimpi itu gratis, jadi gak usah takut rugi!

5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!Ilustrasi sharing sama teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Semua cita-cita pasti berawal dari mimpi. Mimpi ingin mempunyai usaha sendiri sebelum mencapai usia 30 tahun. Atau kamu sempat punya mimpi sewaktu lulus SMA dulu, yakni berharap bisa terjun ke dunia modeling suatu saat nanti. Gak masalah, kok bermimpi dan punya cita-cita tinggi karena semuanya itu gratis. Yup, jadi gak ada ruginya kan punya cita-cita? 

Tapi, kamu juga harus ingat, bahwa terkadang apa yang kamu impikan gak selalu bisa terwujud nyata sepenuhnya. Yakinlah, meskipun tak semua angan-anganmu jadi nyata, tapi setidaknya ada pelajaran yang bisa kamu ambil dari proses yang dijalani selama ini. Salah satunya, skill dan pengalamanmu makin bertambah. 

2. Jangan bilang bahwa mimpimu terlalu tinggi, mungkin bagi orang lain itu hal yang sepele

5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!Ilustrasi dua sahabat (pexels.com/Los Muertos Crew)

Siapa bilang mimpi punya bisnis sendiri sebelum usia kepala tiga itu ketinggian? Bisa saja bagi sebagian orang di luar sana, cita-citamu ini termasuk sederhana. Jadi gak mustahil untuk mewujudkannya, dong. Kalau kamu sendiri gak yakin bisa mencapai titik itu, ya bisa jadi selamanya harapanmu cuma berhenti sampai di sini. 

Yakin saja dulu, bahwa kamu mampu! Selama mau belajar dan berusaha, pasti ada saja jalannya, kok. Nanti kalau satu mimpi ini sudah terwujud pasti kamu bakal sadar, deh. Bahwa, apa yang kamu cita-citakan tersebut ternyata belum seberapa. Jadi ingin punya mimpi yang lebih besar lagi, kan? 

3. Dengan punya banyak mimpi dan cita-cita kamu jadi punya alasan untuk mewujudkannya

5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!Ilustrasi orang berkebun (pexels.com/Michael Burrows)

Orang yang tak memiliki cita-cita itu hidupnya bakal terasa datar. Karena selama ini dia gak punya goals yang harus diraih. Mau gaji gak naik-naik dari tahun ke tahun juga gak masalah. Terpenting masih bisa makan tiga kali sehari dan cicilan juga terpenuhi. Masa iya, doi gak ingin punya rumah dan mobil sendiri? Sementara taraf hidup seseorang harusnya naik terus, bukannya menurun begini. 

Makanya, beruntung bila saat ini kamu punya cita-cita. Setinggi-tingginya juga gak masalah, kok. Justru itu bisa jadi pacuan untukmu supaya bisa mewujudkannya. Otomatis dari hari ke hari kamu bakal mengalami perkembangan. Baik secara mental maupun finansial, buah dari kerja kerasmu selama ini. 

Baca Juga: Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Home

4. Ketika kamu hampir menyerah, ingat ada cita-cita yang harus segera dicapai dan bangkit lagi!

5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!Ilustrasi orang merenung (pexels.com/Michael Burrows)

Dalam proses meraih cita-cita itu, kadang kamu harus berhadapan dengan aneka persoalan. Mulai dari yang receh hingga terbilang rumit. Rasa putus asa pun bukan lagi sekali dua kali muncul. Bahkan kamu sempat berpikiran untuk menyerah saja, deh. Rasanya sudah lelah banget dan seperti belum beranjak ke mana-mana. 

Ini adalah godaan, di mana kamu harus kuat dan mau untuk bangkit lagi. Ingat kembali cita-cita yang kamu dambakan selama ini. Siapa tahu nih tinggal selangkah lagi mimpi itu bisa terwujud. Bisa jadi, setelah badai masalah ini berlalu, terbukalah pintu kesempatan lain yang memudahkanmu meraih cita-cita tersebut.

5. Ketika satu per satu mimpimu jadi kenyataan, pasti akan ada rasa puas dan bangga pada dirimu sendiri

5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!Ilustrasi perasaan bahagia (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Mungkin saat ini kamu sedang punya mimpi baru, di mana mimpi-mimpimu yang lain sudah berhasil diwujudkan. Kamu berhasil membangun bisnis di usia muda. Bahkan sekarang memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Pasti puas rasanya dan bangga pada kerja kerasmu sendiri, kan? Makanya, sekarang kamu jadi ketagihan bermimpi, deh. Mulai deh satu per satu cita-cita yang lebih tinggi kamu kejar supaya segera tercapai. Keren banget! 

Kehidupan akan selalu membuatmu berhadapan dengan banyak pilihan. Mau tetap berada di zona aman dan nyaman, atau pilih menantang diri dengan punya cita-cita setinggi-tingginya. Jangan lagi takut bermimpi, karena dengan punya tujuan hidupmu akan semakin terarah. Lagi pula bila cita-citamu itu bisa terwujud, siapa sih yang diuntungkan? Jelas dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu, dong. Mereka pasti bangga sama kamu. 

Baca Juga: 9 Prinsip Hidup Sukses yang Harus Kamu Pegang dan Lakukan, Bro!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya