Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Sering Terlupakan dalam Hidup, Bikin Lebih Bahagia!

Salah satunya lupa untuk berbuat kebaikan

Kesibukan tentu menjadi hal yang gak lepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Bukan hanya dalam hal pekerjaan atau belajar, namun termasuk juga pada hal-hal kompleks yang menguras pikiran. Sayangnya, karena kesibukan tersebut gak jarang ada banyak hal penting yang sering terlupakan.

Misalnya, kamu terlalu sibuk memikirkan masalah, yang akhirnya jadi lupa cara bersyukur. Padahal kalau mau bersyukur bisa jadi masalah tersebut jadi lebih ringan. Berikut ini lima hal penting yang sering terlupakan dalam hidup. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Berbuat kebaikan 

5 Hal Penting yang Sering Terlupakan dalam Hidup, Bikin Lebih Bahagia!ilustrasi berbuat baik (Unsplash.com/ Jem Sahagun)

Berbuat kebaikan merupakan hal positif yang memberikan banyak manfaat. Namun, tanpa sadar kita juga sering lupa untuk berbuat baik. Bukan hanya karena aktivitas tertentu, namun karena menganggap bahwa untuk berbuat baik, berarti kita harus memiliki bakat atau kekuatan lain yang layak untuk berbuat kebaikan.

Namun sebenarnya, hal seperti itu justru akan membuat kita semakin kesulitan berbuat kebaikan, lho. Padahal, dengan melakukan hal kecil seperti membuang sampah saja, ini juga sangat mulia. Jadi apa pun kondisinya, kita harus mengingatkan diri untuk selalu berbuat baik, ya.

Sebab, berbuat kebaikan itu gak akan membuat hidup kita makin berat. Justru sebaliknya, malah akan membuat hidup lebih mudah. Pasalnya, kita juga akan mudah untuk bersyukur.

2. Mencintai diri sendiri 

5 Hal Penting yang Sering Terlupakan dalam Hidup, Bikin Lebih Bahagia!Ilustrasi pria bahagia (unsplash.com/jngabo)

Setiap orang pastinya juga memiliki keinginan untuk memperjuangkan sesuatu, entah dalam hal pekerjaan, kehidupan pribadi, atau belajar. Begitu pula sebagai makhluk sosial, kita perlu untuk selalu berbuat dan bersikap baik kepada orang lain. Tentunya hal tersebut baik, namun di sisi lain kita juga kerap lupa untuk mencintai diri sendiri.

Misalnya, terlalu keras bekerja hingga lupa waktunya istirahat. Padahal, ibaratnya mesin yang terus digunakan, lama-lama ia bisa bisa rusak. Begitu juga dengan tubuh manusia, kalau terus dipaksa untuk bekerja keras maka kekuatannya akan menurun.

Maka dari itu, memperhatikan diri sendiri penting untuk diutamakan, ya. Sebab, mencintai diri sendiri bukan hanya menerima diri sendiri, namun juga memberikan hal yang terbaik. Yang manfaatnya bukan hanya pada kesehatan tubuh namun juga mental.

3. Lupa bahwa masalah dalam hidup akan selalu ada dan gak akan berhenti 

5 Hal Penting yang Sering Terlupakan dalam Hidup, Bikin Lebih Bahagia!ilustrasi pria lelah (Unsplash.com/ Viktor Talashuk)

Hal penting berikutnya yang sering terlupakan dalam hidup yaitu kenyataan bahwa masalah akan selalu ada. Dalam hal ini, kita kerap beranggapan bahwa ketika satu masalah telah terselesaikan, berarti akan terhindar dari kesulitan. Padahal kenyataanya gak seperti itu.

Sebab, masalah dalam hidup akan selalu ada, baik itu bersifat sederhana atau rumit. Namun di sisi lain, ketika kamu tahu jika hal ini akan selalu terjadi, maka akan lebih siap untuk menghadapinya.

Misalnya, dibanding terus mengeluh atau menyalahkan orang lain, kamu memilih untuk menyelesaikannya dengan bijak. Seperti mencari tahu sumber masalahnya, kemudian mencari solusi akan permasalahan tersebut. Sehingga nantinya akan ada banyak juga pelajaran yang diperoleh.

Baca Juga: 5 Kelebihan Cowok yang Berpikir Semua Masalah Selalu Bisa Dilalui

 4. Masa lalu gak bisa diubah

5 Hal Penting yang Sering Terlupakan dalam Hidup, Bikin Lebih Bahagia!Ilustrasi pria merenung (unsplash.com/abdelghafour boulifa)

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami hal-hal sulit atau gak mengenakkan di masa lalu yang mungkin membuatnya takut atau bahkan trauma. Meskipun gak mudah, kenyataan tersebut harus kita terima dan dijalani. Sebab, sekeras apa pun kita menyesali, masa lalu gak bisa diubah.

Namun, sadar atau tidak, hal seperti itu juga sering terlupakan dalam hidup. Akibatnya, kita malah kesulitan menikmati hidup saat ini. Lebih dari itu, kita juga akan kehilanganmu kesempatan untuk merencanakan hal-hal yang baik di masa depan.

Maka dari itu, kita perlu belajar untuk mengikhlaskan dan menerima masa lalu. Bukan berarti kita harus berserah begitu saja. Namun, menjadikan hal-hal yang terjadi di masa lalu sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri.

5. Lupa bahwa perjalanan hidup setiap orang itu berbeda 

5 Hal Penting yang Sering Terlupakan dalam Hidup, Bikin Lebih Bahagia!ilustrasi pria mindfulness (Pexels.com/ Kelvin Valerio)

Terakhir hal sering kita lupakan yaitu kenyataan bahwa perjalanan setiap orang itu berbeda. Hal itu dibuktikan dengan kebiasaan selalu membanding-bandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain. Entah berkaitan dengan jabatan, keadaan fisik, atau bahkan dalam hal hubungan asmara.

Padahal, sikap tersebut justru malah bikin kita semakin insecure. Sebab seharusnya, kita bisa memanfaatkan waktu untuk mengevaluasi diri sendiri. Mungkin dengan mengingat bagaimana usaha yang telah dilakukan, lalu lihat bagaimana progresnya. Termasuk juga memperbaiki hal-hal yang memang kurang.

Setiap usaha itu gak ada yang sia-sia. Bahkan kalau hasilnya gak sesuai yang diharapkan tetap saja ada pelajaran berharga di baliknya. Makanya, lebih hargai diri sendiri tanpa harus membandingkan dengan orang lain, ya!

Memang, kesibukan adalah aktivitas yang gak lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Bukan hanya dalam hal pekerjaan atau belajar, namun termasuk juga pada hal-hal kompleks yang menguras pikiran. Meskipun begitu, ingat untuk tidak melupakan hal-hal yang penting bagi hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Lebih Penting Fokus pada Proses daripada Hasil, Cek!

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya