Comscore Tracker

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih Baik

Katakter orang baik bisa dibentuk loh, ini caranya bro!

Menjadi orang yang selalu menyebar kebaikan dan energi positif pada orang lain adalah hal yang sangat bermakna. Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa bermanfaat kepada orang lain dengan berperilaku prososial maka akan meningkatkan kesejahteraan mental diri sendiri.

Kebaikan dapat ditunjukkan dengan kasih sayang, rasa empati dan kebaikan lain dalam interaksi sehari-hari dengan orang lain. Nah, berikut ada beberapa cara yang mudah untuk membuat karakter seorang pria menjadi lebih baik. Mau tahu kayak gimana? Baca artikelnya sampai selesai!

1. Belajar memaafkan

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih BaikIlustrasi memafkan (Pexels.com/Huy ProShoot)

Memaafkan orang lain dan memaafkan diri sendiri adalah hal yang sangat penting untuk memulai hidup yang lebih positif. Mengakui kalau memang pernah tersakiti oleh orang lain bukan hal yang lemah. Akui bahwa memang pernah tersakiti, dan belajar maafkan mereka. Dengan memaafkan orang lain akan melepaskan dendam dalam diri dan membuat bergerak bebas ke depannya. Percuma kalau memikirkan orang yang pernah menyakiti, karena hanya akan menambah beban pikiran. Akan lebih mudah menjadi orang baik kalau berprasangka baik kepada orang lain.

Memaafkan diri sendiri juga sangat penting. Beberapa pengalaman negatif memang disebabkan oleh diri sendiri. Akan tetapi itu semua adalah masa lalu. Semua hal yang bersifat lalu akan menjadi kenangan. Jadi, alih-alih membenci diri sendiri, lebih baik jadikan pengalaman negatif tersebut sebagai pembelajaran. Maafkan diri sendiri, karena tidak ada yang bisa memaafkan diri kita selain diri sendiri. Menjadi nyaman akan diri sendiri akan membantu berpikir positif secara lebih mudah.

2. Bersyukur

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih Baikilustrasi berdoa (unsplash.com/Aaron Burden)

Kata bersyukur terdengar sangat familiar, dan sering dipakai, namun praktiknya cenderung sulit dilakukan. Bersyukur adalah sesuatu yang harus dilatih, tidak bisa datang begitu saja. Caranya bisa dengan menuliskan apa yang patut anda syukuri setiap hari. Kamu bisa menulisnya dalam sebuah jurnal harian. Apa yang disyukuri juga tidak harus selalu hal-hal yang besar. Misalnya, bisa bangun di pagi hari dalam keadaan segar, cuaca yang bagus, bisa makan gorengan hangat saat hujan, dsb.

Kebersyukuran dapat memberikan banyak efek pada aspek kesehatan mental. Jika pikiran fokus kepada hal yang positif, maka akan lebih mudah untuk membangun sikap yang positif juga dalam kegiatan sehari-hari. Tubuh kamu juga akan merasa lebih baik.

3. Bersikap sopan

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih BaikIlustrasi sopan (Pexels/fauxels)

Kesopanan merupakan cara penting untuk menjaga nuansa positif dalam setiap interaksi sosial. Dalam interaksi sosial terkadang ada saja orang yang membuat kita emosi, baik itu disengaja ataupun tidak.

Namun, jika memang mereka berterus terang bersikap kasar, maka menanggapi dengan kesopanan dapat mengubah arah interaksi menjadi positif. Sikap sopan bisa dilatih dengan mengendalikan emosi dan berpikir menggunakan kepala dingin.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri Sendiri

4. Belajar mengatasi amarah

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih Baikilustrasi marah (pexels.com/@olly)

Mayoritas manusia pasti pernah mengalami rasa marah. Amarah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah pada hubungan interpersonal, bahkan berdampak pada kesehatan jiwa diri sendiri.  Untuk menjadi orang baik, belajar mengatasi rasa amarah adalah hal yang penting. 

Alih-alih meluapkan amarah secara tidak terkontrol, akan lebih baik untuk belajar mengatasinya secara lebih profesional. Pertama, kenali kapan waktu ketika rasa marah itu muncul dan penyebabnya saat itu. Kedua, daripada menyangkal kalau baik-baik saja, lebih baik mengakui dan jujur kepada diri sendiri kalau sedang dalam kondisi marah.

Ketiga, coba lihat apa yang menjadi pemicu amarah dan atasi pemicunya. Misalnya, ada teman yang membuat marah, maka batasi aktivitas dengan teman tersebut, dan cobalah memaafkan mereka. Lalu yang terakhir, berlatih menghilangkan stres akibat amarah, misalnya dengan meditasi. Tempatkan perhatian pada saat ini dan jadikan masa lalu sebagai pembelajaran. 

5. Memikirkan orang lain

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih Baikilustrasi pria sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang baik adalah mereka yang dapat merasakan empati dan respek kepada orang lain. Cobalah untuk melihat dari perspektif orang lain dalam hidup, dan hargai pandangan mereka. Contohnya ketika ada teman yang memiliki perbedaan pendapat, maka cobalah untuk berpikir dari sudut pandangnya dan lihat seperti apa latar belakang temanmu.

Jika ada berbagai hal yang berbeda, seperti latar belakang, maka perbedaan pandangan dalam berpikir dapat terjadi. Maka hormati pikiran dan pilihan mereka. Ini akan menjaga interaksi interpersonal tetap positif.

6. Berbuat baik

6 Cara yang Bisa Membentuk Karakter Pria Jadi Lebih BaikIlustrasi berbuat baik (Unsplash/Jack Sharp)

Dengan melakukan perbuatan baik setiap hari, dalam situasi apa pun, lama-lama akan membuat kebiasaan meningkat dan membentukmu menjadi karakter orang baik. Berbuat baik dapat memberikan dampak langsung pada otak, karena berbuat baik memiliki efek menenangkan dan berhubungan dengan sistem regulasi emosi pada otak.

Menjadi orang baik ternyata bisa membawa dampak positif bagi lingkungan maupun diri sendiri. Jadi, jangan lelah untuk berusaha menjadi orang baik ya, bro!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri Sendiri

Aspera idn Photo Writer Aspera idn

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya