Comscore Tracker

5 Hal Penting Ini Seharusnya Dipelajari Pria dalam Kehidupannya

Ini bukan soal pria sejati atau tidak

Apakah kamu adalah seorang pria yang telah banyak masa gagalnya? Baik itu gagal berhubungan, usaha, cinta dan masih banyak hal lainnya. Kalau sudah, selamat! Seharusnya kamu telah banyak mengenyam pendidikan pengalaman hidup.

Bagaimana jika belum? Bagaimana jika usiamu masih 15 atau belum sampai 20-an? Beruntungnya kamu telah membaca ini. Berikut lima hal penting yang bisa jadi bekal kehidupan seorang pria yang layak kamu jadikan guide life.

1. Cinta dirimu sendiri lebih dari apa pun

5 Hal Penting Ini Seharusnya Dipelajari Pria dalam KehidupannyaPexels/GustavoFring

Harga diri ditentukan oleh dirimu sendiri. Kenyataan yang sulit memang. Apalagi saat banyak orang memandang dengan sebelah mata. Tapi apa yang bisa kamu ambil? Manusia seperti itu tidak terkontrol dan jangan sampai kamu menilai diri terlalu rendah apalagi terlalu tinggi karenanya.

Mencintai diri sendiri adalah bekal senjata utama dalam hidup. Jangan sampai kamu memasang hargamu dengan harga yang murahan. Sadarilah, harta, tahta dan wanita itu tantangan terbesar. Apa hikmahnya? Selalu berikan patokan nilai dari yang tidak ternilai bukan tidak bernilai. Pahami yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan. Ingat, jangan lupa untuk mawas diri!

2. Jati dirimu adalah karyamu

5 Hal Penting Ini Seharusnya Dipelajari Pria dalam KehidupannyaPexels/LuisQuintero

Bukan pekerjaan yang kamu lakukan setiap harinya demi cuan. Tapi di sela-sela hidupmu ciptakan sebuah karya. Ketahuilah karya itu adalah hal yang abadi. Baik itu tulisan di media, pahatan, karya seni atau sebuah ladang usaha yang memang notabenenya adalah hasil ciptaan jarimu. 

Ciptakan sebuah momento agar semua bisa melihat kembali apa telah kamu lakukan. Hasil pemikiranmu, suaramu, fotomu, atau hal-hal lain yang orang lain bisa mengenangmu secara kekal. Hidup ini hanya sekali, tapi ciptakanlah sebuah karya yang membuatmu terasa hidup selamanya.

Baca Juga: 7 Pelajaran Hidup Penuh Makna dari KDrama '365 : Repeat the Year'

3. Bebaskan mereka yang kamu cintai

5 Hal Penting Ini Seharusnya Dipelajari Pria dalam KehidupannyaPexels/FarizHermawan

Bagi kamu yang sudah mencintai dirimu sendiri, ketakutan akan kehilangan bukan masalah besar bagimu. Kekasih, keluarga, teman, sahabat bahkan anakmu akan pergi. Renungkan. Kamu mau tetap mengikat mereka dengan tali keegoisanmu atau membebaskan mereka hingga dirimu adalah tempat pulang yang mereka rindukan? It's belongs to you.

Mereka yang ingin tetap bersamamu akan tetap selalu bersamamu, mereka yang ingin meninggalkan cepat atau lambat akan meninggalkan. 

4. Banyak hal yang bisa kamu lakukan

5 Hal Penting Ini Seharusnya Dipelajari Pria dalam KehidupannyaPexels/RoxanneMinnish

Kebuntuan hanyalah ilusi semata. Akan lebih baik memiliki harapan ketimbang memelihara keputus asaan. Akan ada di satu titik kita perlu mewajari emosi-emosi negatif hingga paham bahwa memang hidup ini tidak adil.

Kamu akan selalu bisa melakukan sesuatu. Apapun itu. Mau sesedih, seberat atau sesuram apa pun kamu masih dan pasti bisa melakukan sesuatu untuk dirimu sendiri. 

5. Milikilah sebuah bentuk Tuhan

5 Hal Penting Ini Seharusnya Dipelajari Pria dalam KehidupannyaPexels/Pixabay

Ini adalah sebuah keharusan. Baik itu sebuah idealisme yang jadi landasanmu, logika atau rasional, orang yang kamu kasihi hingga Tuhan yang kamu sembah dalam agama yang kamu anut. Intinya kamu harus punya bentuk Tuhan pribadimu yang memberikan sebuah harapan.

Tuhan setiap manusia itu berbeda-beda namun yakin pada yang paling adil menurut mereka sendiri. Jadikan ia jalan hidupmu dan jangan sekalipun menantang Tuhan lain! Bawakan saja Tuhanmu di dalam hatimu. 

Terakhir, apa yang paling penting dari lima hal di atas? Kejujuran. Jujur terhadap dirimu sendiri tentang apa pun itu.

Baca Juga: Tanamkan 5 Prinsip Hidup Ini Agar Kamu Mudah Mendapatkan Cinta Sejati

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya