Comscore Tracker

Bro, Inilah 5 Kebiasaan yang Membuat Dirimu Tampak Lebih Tua

#IDNTimesMen Sering kamu anggap sepele, bro!

Kamu pernah merasa gak sih, wajahmu tampak lebih tua dari usiamu yang sebenarnya? Munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis-garis halus, hingga bintik-bintik hitam membuat kamu tampak lebih tua. Hal-hal ini tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan dari kebiasaan yang rutin kamu lakukan, bro!

Ada banyak sekali kebiasaan yang sering kamu lakukan, namun dirimu tidak sadar jika hal itu berdampak terhadap percepatan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Nah, biar kamu gak salah lagi, mari langsung saja simak ulasan berikut ini. Stay tuned!

1. Tidak menggunakan sunscreen

Bro, Inilah 5 Kebiasaan yang Membuat Dirimu Tampak Lebih TuaIlustrasi pria yang sedang memakai sunscreen (Pexels.com/cottonbro)

Menggunakan sunscreen sebelum memulai aktivitas memang menjadi sebuah kebiasaan yang sangat jarang dilakukan bagi sebagain besar pria. Padahal, kandungan SPF yang terdapat pada subscreen memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan mencegah tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Paparan sinar UV dapat menyebabkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel kulit itu sendiri. Hal inilah yang akan memicu munculnya penuaan dini pada kulit, seperti kerutan, bintik hitam, dan garis-garus halus.

Oleh karena itulah, sangat penting bagi kamu untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UV dengan rutin menggunakan sunscreen sebelum memulai aktivitas. Yuk, jadikan hal ini sebagai kebiasaan barumu, bro!

2. Suka begadang

Bro, Inilah 5 Kebiasaan yang Membuat Dirimu Tampak Lebih TuaIllustrasi pria yang sedang begadang (Unsplash.com/Somnox Sleep)

Siapa nih yang suka begadang? Apa pun alasannya, keseringan begadang dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu, bahkan membuatmu tampak lebih tua, lho!  Tidur dengan waktu yang cukup akan membantu kamu terlihat awet muda, bro!

Pasalnya, di malam hari sel-sel kulitmu akan bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang dialaminya di siang hari akibat terkena sinar matahari, polusi, dan lainnya. Oleh karena itulah, jika kamu mengurangi waktu tidurmu di malam hari, maka hal ini dapat mengganggu seluruh proses dan kulitmu tidak dapat bersiap di keesokan harinya.

Alhasil, kulitmu akan menjadi stres dan tidak dapat menyelesaikan proses perbaikan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan sel-sel kulit menjadi kurang sehat dan mempercepat terjadinya penuaan dini. Ingat bro! Kamu harus memastikan bahwa dirimu telah tidur selama delapan jam setiap malamnya.

3. Kebiasaan merokok 

Bro, Inilah 5 Kebiasaan yang Membuat Dirimu Tampak Lebih TuaIllustrasi pria yang sedang merokok (Unsplash.com/Sajjad Zabihi)

Bagi sebagian besar pria, merokok menjadi suatu kebiasaan yang lumrah dan sulit dihindarkan. Seperti yang telah kamu ketahui bahwa merokok memiliki segudang dampak negatif buat kesehatanmu, salah satunya membuat kamu tampak lebih tua.

Kebiasaan merokok dapat menurunkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulitmu dengan menyempitkan pembuluh darah dan memutus sirkulasi. Selain itu, tembakau yang terdapat dalam rokok juga mengandung bahan kimia yang dapat merusak kolagen dan elastinmu. Padahal, kolagen dan elastin memiliki peranan penting yang dapat membuat kamu terlihat awet muda. 

Yuk, jangan tunggu berlama-lama lagi, mari hentikan kebiasaan merokok sekarang juga! Meski sulit untuk ditinggalkan, namun dengan keinginan dan tekad yang bulat, percayalah dirimu akan dapat keluar dari kebiasaan berbahaya ini, bro! 

Baca Juga: Hati-hati, 6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Hambat Doa Minta Jodoh

4. Minum minuman beralkohol

Bro, Inilah 5 Kebiasaan yang Membuat Dirimu Tampak Lebih TuaIllustrasi minum minuman beralkohol (Unsplash.com/Giovanna Gomes)

Kebiasaan minum minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab dirimu tampak lebih tua. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat menurunkan kadar antioksidan di kulitmu. Hal inilah yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan radikal bebas pada sel-sel kulit sehingga akan memicu munculnya kerutan.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat membuat kulit menjadi dehidrasi dan wajahmu terlihat kering serta kasar. Gimana, masih tetap mau minum minuman beralkohol? 

5. Stres berlebihan 

Bro, Inilah 5 Kebiasaan yang Membuat Dirimu Tampak Lebih TuaIllustrasi pria yang sedang stres (Unsplash.com/ahamad gunnaivi)

Stres memang menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Namun, stres yang berlebihan dapat membuat kamu tampak lebih tua, lho! Menurut sebuah studi oleh Washington Post di tahun 2004, melaporkan bahwa stres yang berlebihan dapat memperpendek bagian dari kromosom kita yang disebut telomer. 

Menurut jurnal berjudul Markers of Cellular Senescence. Telomere shortening as a marker of cellular senescence yang dirilis pada tahun 2016, telomer yang pendek dengan penuaan sel memiliki korelasi yang positif. Hal ini membuat telomer dapat dijadikan sebagai sebuah marker atau penanda terjadinya penuaan sel di tingkat molekuler.

Sehingga, jika ukuran telomer semakin pendek, maka risiko terjadinya penuaan dini akan semakin meningkat dan membuatmu tampak lebih tua. Meski kebiasaan stres ini tidak dapat dihindarkan, namun kamu dapat menghadapi situasi stres dengan bermeditasi selama 10 menit setiap harinya. Mulai sekarang kurang-kurangi stres, ya.

Apakah kamu sering melakukan salah satu, atau bahkan kelima kebiasaan di atas? Jika iya, mari ubah kebiasaan tersebut sekarang juga dan jangan menunda-nundanya lagi ya, bro! 

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya