Comscore Tracker

5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!

Burung kicau berharga selangit!

Burung seharga mobil? Ya, itu benar adanya. Perlu kita ketahui penghobi burung kicau di Indonesia terbilang sangat banyak, termasuk event atau ajang perlombaan kicau burungnya. Hal itu membuat pemilik burung dengan kemampuan kicau yang bagus akan memberikan kebanggan tersendiri bagi pemiliknya dan bahkan bisa menjadi jawara pada ajang lomba kicau.

Hal tersebut membuat burung-burung dengan kicau yang bagus seperti Murai Batu, Kenari, Jalak, dan masih banyak lagi memiliki harga yang fantastis. Hal itu membuat burung kini tidak hanya sebagai peliharaan saja melainkan menjadi investasi yang menjanjikan.

Berikut ini lima burung kicau termahal di Indonesia yang mungkin bisa kamu beli buat yang hobi. Apa saja? Simak sampai habis, ya!

1. Burung Murai Batu

5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!ilustrasi burung (singaporebirds.com)

Murai batu menjadi salah satu burung yang menjadi andalan dalam banyak ajang lomba kicau burung. Hal itu dikarenakan burung dikenal sebagai burung dengan kemampuan kicau yang memukau dan memiliki bentuk dan warna tubuh yang indah.

Burung mungil ini habitat aslinya adalah di Pulau Sumatra, Jawa, dan juga Malaysia. Harga Murai Batu yang masih biasa saja bisa menyentuh angka Rp2 juta. Dan, untuk burung yang sudah menjuarai beberapa ajang bisa menyentuh angka Rp50 hingga Rp800 juta.

2. Burung Cucak Rowo

5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!ilustrasi burung (observation.org)

Burung ini secara tampilan mungkin biasa-biasa saja, tapi kualitas kicauan burung ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Burung ini juga menjadi salah satu primadona bagipenghobi burung kicau di Indonesia.

Cucak Rowo biasa bisa dijual dengan harga Rp2-5 juta. Sedangkan untuk yang sudah spesifikasi juara lomba bisa menyentuh angka Rp25 juta.

3. Burung Kacer

5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!ilustrasi burung (observation.org)

Burung Kacer dsebut juga sebagai burung peniru atau Jalak Poci. Hal itu dikarenakan burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan kicauan burung lain. Karakter kicauan burung ini adalah nyaring sehingga burung ini menjadi unggulan tiap lomba kicau burung.

Harga burung Kacer biasa adalah Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Namun, untuk Kacer dengan portofolio bagus pada lomba kicau bisa dihargai hingga puluhan juta.

Baca Juga: 5 Hobi Pria yang Bisa Memukau Perempuan, Jadi Daya Tarik!

4. Burung Jalak Suren

5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!ilustrasi burung (ebird.org)

Burung endemik India dan Asia Tenggara ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dibandingkan burung kicau yang lainnya. Ciri khas burung ini adalah warna bulunya hitam dan putih dan memiliki warna mata dan paruh yang merah keoranyean.

Jalak Suren ini juga termasuk salah satu burung yang sudah terancam kepunahan di habitatnya. Namun, burung ini sudah banyak yang bisa mengembangbiakan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar tanpa harus berburu ke alam. Harga Jalak Suren ini bisa menyentuh angka Rp4-5 juta.

5. Burung Kenari

5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!ilustrasi burung (unsplash.com/Joshua J. Cotten)

Burung ini menjadi salah satu burung kegemaran penghobi burung di Indonesia. Badanya, yang mungil dan warnanya yang mencolok membuat burung ini sangat indah jika dilihat. Selain itu, kicauan burung ini sangat memukau dan nyaring, sehingga membuat burung ini sering menjadi jawara kicau.

Burung ini juga terbilang mudah dirawat dan tidak mahal untuk perawatannya. Harga Kenari dengan gelar juara bisa mencapai puluan juta, dan untuk Kenari biasa bisa dijual dengan harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Itulah lima burung kicau termahal yang ada di Indonesia yang menjadi primadona bagi para penghobi burung. Burung yag mahal tentu karena kualitas kicaunya yang bagus dan telah menang dalam banyak lomba. Tertarik membeli burung kicau mahal?

Baca Juga: 5 Tips Berkebun untuk Mengisi Waktu Puasa, Hasil Maksimal!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya