Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Merawat Kualitas Pita Kaset, Pasti Awet! 

Yang hobi koleksi kaset wajib tahu

Kaset meskipun terbilang kuno justru menjadi salah satu barang yang cukup banyak dicari selain piringan hitam karena punya nilai nostalgia yang tinggi. Biasanya, kaset diburu untuk digunakan sebagai barang koleksi walaupun sudah tidak banyak musisi mengeluarkan album dalam bentuk fisik.

Namun, tidak banyak kolektor tahu cara merawat kaset dengan baik dan benar. Padahal agar kaset tetap terjaga fungsinya dengan baik perlu perawatan khsusus agar bisa dipakai dalam jangaka waktu yang lama.

Kotoron seperti debu juga terbilang mudah menempel di bagian luar dan dalam kaset, selain itu tak jarang juga tumbuh jamur pada bagian kaset. Untuk mengihindari masalah-masalah di atas, simak tips merawat kaset berserta pitanya agar terjaga kualitasnya.

1. Manfaatkan rewinder kaset dengan baik

5 Cara Ampuh Merawat Kualitas Pita Kaset, Pasti Awet! ilustrasi rewinder kaset (facebook.com/Mcfire Networx)

Rewinder merupakan pemutar kaset manual yang begruna menggulung kaset secara perlahan. Kini juga telah berkembang rewinder elektronik yang secara fungsi masih sama. 

Penggunaan rewinder biasa bersamaan saat membersihkan pita menggunakan kapas dan alkohol atau minyak kayu putih. Artinya, ketika rewinder diputar, kapas juga ditempelkan pada pita agar debu atau jamur yang menempel bsia terangkat.

2. Lakukan pembersihan dan pembongkaran kaset secara berkala

5 Cara Ampuh Merawat Kualitas Pita Kaset, Pasti Awet! ilustrasi membersihkan kaset (youtube.com/mdrheedhuan)

Pembersihan hingga bagian dalam juga diperlukan, karena tak jarang banyak debu yang masuk kedalam celah-celah kaset yang mengharuskan kaset dibongkar. Membongkar dan memasang kaset tidaklah sulit kalian hanya perlu melepas baut pada ujung dan mulailah bersihkan dengan kapas yang diberi sedikit alkohol.

Akan tetapi, yang perlu diingat jangan sampai gulungan pita terburai, hal itu akan menyusahkan kalian karena pita kaset panjanganya bukan main. Dengan kaset yang bersih tentu suara yang dihasilkan akan optimal dan lebih nyaman dipandang mata.

3. Jangan simpan di tempat bersuhu tinggi atau panas

5 Cara Ampuh Merawat Kualitas Pita Kaset, Pasti Awet! ilustrasi kaset (unsplash.com/Abderrahmane Meftah)

Sebelum berniat mengoleksi kaset, hal pertama yang kalian harus siapkan adalah lokasi penyimpanannya. Karena kaset terbilang barang yang rawan terkena debu dan jamur, maka dari itu jauhkan dari tempat yang lembap. Tempat yang terlalu panas juga patut dihindari karena berisiko membuat kaset memuai yang akan susah diperbaiki.

Apabila kaset terbiasa disimpan dalam suhu tinggi, posisi pita kaset bisa berada di posisi yang tidak tepat. Hal itu berakibat suara yang dihasilkan menjadi meliuk-liuk dan tidak jelas.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Jual Piringan Hitam, Bisa Beli dari Rumah!

4. Simpan di lemari pendingin

5 Cara Ampuh Merawat Kualitas Pita Kaset, Pasti Awet! ilustrasi kulkas (unsplash.com/Maxim Shklyaev)

Menyimpan kaset dalam kulkas mungkin terbilang konyol, namun cara ini banyak dilakukan para kolektor kaset di seluruh dunia. Kaset yang disimpan dalam kulkas berguna mengeringkan pita yang lembap dan rentan terkena jamur.

Namun perlu dingat, jangan meletakkan kaset pada bagian freezer cukup letakan pada bagian pendingin biasa. Kalau kaset beku juga bisa jadi malah rusak. 

5. Bersihkan juga player kasetnya

5 Cara Ampuh Merawat Kualitas Pita Kaset, Pasti Awet! ilustrasi membersihkan player kaset (instructables.com)

Untuk menghasilkan suara yang jernih, tidak cukup hanya kaset yang dibersihkan. Tape atau cassete recorder juga harus rutin dibersihkan. Bagian yang biasa dibersihkan adalah pada bagian head tempat player membaca pita kaset. Head yang kotor akan menyebabkan pita tidak terbaca tidak jelas dan berisiko menyalurkan kotoran ke pita kaset juga.

Selain head player bagian setop otomatisnya juga tidak boleh dilewatkan. Jika setop otomatisnya mati karena terkena kotoran akan berakibat pita dalam kaset patah dan tidak bsia diputar lagi.

Itulah lima tips ampuh merawat pita kaset agar awet yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan tidak butuh peralatan yang ribet. Tentu sangat disayangkan apabila kaset bernilai sejarah tinggi rusah dan tidak terawat dengan baik. Adakah kolektor kaset di sini?

Baca Juga: 7 Hobi Mahal yang Digandrungi Banyak Cowok, Ada Hobi Favoritmu?

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya