Comscore Tracker

5 Cara Seru Mencoba Hammock Camping, Menarik untuk Dicoba

Yang penasaran hammock camping wajib baca, nih!

Camping menggunakan hammock kini tengah menjadi tren kegiatan outdoor baru di banyak negara. Hammock camping merupakan metode camping dengan mengubah tenda menjadi hammock sebagai tempat tidur atau istirahat. Hammock camping memilki beberapa keunggulan dibandingkan dengan camping menggunakan tenda. Dari segi bobot dan ukuran lebih ringan dan ringkas, dan kalian bisa tidur di tempat yang lebih tinggi dan secara kenyamanan jauh lebih nyaman.

Karena terbilang belum begitu populer di Indonesia, maka belum banyak orang tahu sebetulnya hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat hammock camping supaya berjalan seru. Berikut adalah lima cara agar hammock camping kalian berjalan seru dan bikin ketagihan. Simak sampai selesai, ya!

1. Pastikal lokasi yang digunakan aman untuk dipakai hammock camping

5 Cara Seru Mencoba Hammock Camping, Menarik untuk Dicobailustrasi hammock camping (unsplash.com/Nakie Hammock)

Sebelum melakukan hammock camping, kalian harus memastikan lokasi yang akan dipakai merupakan daerah yang aman. Artinya, tidak ada binatang yang berbahaya atau jauh dari sumber makanan dan air.

Lokasi yang aman juga berguna untuk melindungi barang bawaan kalian seperti carrier, sepatu dan sebagainya, karena selama hammock camping barang tersebut ditaruh di bawah hammock. Khusus bagi pemula, pilihlah lokasi yang yang memang khusus dibuat untuk camping, hal itu agar kalian mendapatkan pengawasan apabila terjadi hal buruk.

2. Siapkan peralatan yang sesuai dengan ketentuan

5 Cara Seru Mencoba Hammock Camping, Menarik untuk Dicobailustrasi hammock camping (unsplash.com/Toa Heftiba)

Hammock yang digunakan untuk camping dan hammock biasa sangat berbeda dari segi bahan, spesifikasi dan kegunaannya. Hammock untuk camping biasanya lebih tebal, kuat dan besar karena untuk mengakomodasi kebutuhan istirahat kalian. Harganyanya pun juga lebih mahal dibandingkan hammock biasa.

Sebelum berangkat kalian juga perlu mengecek kondisi hammock dan tali pengaitnya agar tidak robek atau putus saat dipakai. Karena esensi hammock camping itu, ya bergelantungan.

3. Lokasi yang digunakan usahakan tidak jauh dari sumber air

5 Cara Seru Mencoba Hammock Camping, Menarik untuk Dicobailustrasi hammock camping (unsplash.com/Zach Betten)

Hammock camping bisa dibilang sebagai camping dengan simpel, karena barang bawaan dan makanan yang dibawa tidak terlalu banyak. Oleh karena itu karena makanan dan minuman kalian terbatas, pastikan kalian memilih lokasi camping tidak jauh dari sumber air.

Hal itu penting untuk diperhatikan agar apabila kalian ada kebutuhan mendesak kalian tidak kesulitan mencarinya. Dan, kalian juga tidak akan kekurangan air minum, bukan?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tenda Terbaik Buat yang Hobi Camping dan Naik Gunung

4. Bawa perlengkapan tambahan untuk mengantisipasi cuaca buruk

5 Cara Seru Mencoba Hammock Camping, Menarik untuk Dicobailustrasi hammock camping (rei.com)

Di hutan atau tempat camping kalian tidak bisa memprediksi kondisi cuaca atau kemungkinan terburuk apa yang bakal kalian alami. Disitulah pentingnya persiapan matang baik dari segi fisik dan perlengkapan yang dibawa.

Meskpun tidak hujan, kalian tidak ada salahnya membawa flyseat atau kain pelindung hujan dan raincover. Hal itu berguna untuk melindungi tas kalian beserta barang-barangnya supaya tidak basah terguyur hujan.

5. Atur kenyamanan hammock kalian agar nyaman untuk ditempati

5 Cara Seru Mencoba Hammock Camping, Menarik untuk Dicobailustrasi hammock camping (unsplash.com/Taylor Skaff)

Karena beguna sebgai tempat tidur, kalian perlu mengecek kenyamanan hammock kalian dengan menjajalnya beberapa kali dan menentukan posisi terbaik untuk tidur. Pastikan jangan terlalu tinggi menggantunng hammock di antara dua pohon, karena itu akan menyusahkan dan membahayakan keselamatan kalian. Dengan hammock yang nyaman pasti kegiatan camping kalian akan bertambah seru.

Itulah lima cara seru hammock camping yang bisa kalian terapkan. Pastinya sensasinya akan berbeda dengan kegiatan camping pada umumnya. Ada yang berminat mencoba?

Baca Juga: 7 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Ultralight Hiking

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya