Comscore Tracker

5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektor

Apakah kamu juga memburu gitar-gitar ini, Bro?

Gitar bisa dibilang menjadi salah satu alat musik paling populer di dunia. Bahkan, dalam beberapa peneiltian gitar dianggap sebagai alat musik paling berpengaruh dalam perkembangan musik di dunia. Karena hal itulah banyak produsen gitar membuat gitar dengan banyak macam karakter suara, bentuk desain dan teknologi yang ada di dalamnya.

Buat para pencinta gitar, kamu harus tahu nih beberapa gitar listrik fenomenal yang pernah diproduksi di dunia dan sekarang jadi buruan kolektor. Apa saja? Simak ulasannya sampai selesai.

1. Monterey Fender Stratocaster Jimi Hendrix

5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektorilustrasi gitar listrik (hiendguitar.com)

Gitar ini menjadi gitar paling fenomenal karena pernah dipakai di festival pop Monterey pada tahun 1967. Selain itu, faktor Jimi Hendrix sebagai pemakai gitar tersebut turut mendongkrak ketenaran gitar ini.

Dan, momen paling susah dilupakan adalah ketika Jimi Hendrix membakar gitarnya saat konser berakhir. Selain karena peristiwa tersebut, desain grafis gitar ini juga sangat cantik.

2. Gibson Les Paul Standard Jimmy Page

5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektorilustrasi gitar listrik (pantherguitars.com)

Gitar ini dibuat pada tahun 1959 dan menjadi salah satu gitar ikonik yang dimainkan Jimmy Page bersama Led Zeppelin. Gitar ini dikenal memiliki desain yang klasik serta mempunyai bahan yang sangat kokoh.

Finishing warna gitar ini menggunakan sunburst, sehingga memberikan kesan warna yang mengilap dan eksotik. Keberadaan gitar ini sudah sangat susah dijumpai, tak heran harganya terus mengalami kenaikan di kalangan para kolektor.

3. Jaydee SG Angus Young

5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektorilustrasi gitar listrik (guitar.com)

Meskipun Angus Young sebelumnya menggunakan Gibson SG Standard (dan berkontribusi pada popularitasnya), versi uniknya datang berkat Jaydee, menambahkan inlay petir ke leher gitar, sesuatu yang dibawa ke versi gitar yang dibuat khusus kemudian.

Selain itu, faktor Angus Young yang memakai gitar ini membuat nilai jualnya semakin melambung tinggi dari tahun ke tahun. Terlepas dari versi SG Angus Young mana yang dimainkan, hampir tidak mungkin untuk membayangkan dia tanpa gitar khusus ini.

Baca Juga: Gitar Fender Stratocaster Akhirnya Dibuat dalam Bentuk Balok Lego

4. Frankenstrat Eddie Van Halen

5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektorilustrasi gitar listrik (premierguitar.com)

Gitar Frankenstrat ini dibuat handmade oleh Eddie Van Halen pada pertengahan tahun 1970-an. Frankenstrat sebenarnya dibuat sebagai upaya Eddie Van Halen untuk menggabungkan suara Gibson dengan tubuh Stratocaster. 

Pemilihan desain unik pada gitar ini menjadikan gitar ini sangat melekat pada identitas Eddie Van Halen. Kini gitar ini menjadi salah satu gitar paling langka di dunia.

5. Cloud Prince

5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektorilustrasi gitar listrik (whatgear.com)

Gitar fenomenal ini dibuat oleh David Rusan pada tahun 1983 dan langsung menuai banyak perbincangan pada saat itu. Bentuknya diklaim oleh sang pembuat adalah seperti awan, sehingga gitar ini dinamai 'Cloud'. Gitar ini sempat dipakai oleh salah satu legenda musik dunia, Prince. Bentuknya yang ramping dan pemilihan warna yang pas membuat gitar ini menjadi salah satu gitar yang diidolakan banyak musisi di dunia.

Itulah lima gitar listrik paling fenomenal yang pernah dibuat di dunia. Selain sebagai salah satu benda kolektor, gitar listrik langka juga bisa menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Apakah ada gitar listrik favorit kalian?

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Harus Belajar Bermain Gitar, Banyak yang Naksir!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya