Comscore Tracker

5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!

Harus cobain caving sekali seumur hidup, bro!

Caving atau susur gua merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mereka yang hobi beraktivitas outdoor dan adventure. Gelap dan medan ekstrem yang kalian hadapi saat menuju perut gua akan terbayar lunas ketika kalian menyaksikan pemandangan menakjubkan dari dalam perut bumi, salah satunya adalah stalagmit dan stalaktit. Meskipun tidak semua orang berani dan berminat akan caving, namun kegiatan ini merupakan kegiatan menantang dan seru yang bakal memberikan sensasi baru dalam menikmati keindahan alam.

Dengan peralatan yang sesuai dan rekan caving yang berpengalamann tentu kegiatan ini bukanlah hal yang menakutkan. Berikut adalah lima hal menarik yang bikin kalian wajib mencoba caving minimal sekali dalam hidup!

1. Kita bisa tahu keindahan tersembunyi di perut bumi

5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!ilustrasi kegiatan caving (pexels.com/KarolCzinege)

Keindahan alam nyatanya tidak hanya ada di atas permukaan bumi saja, jauh di dalam perut bumi tersimpan beragam keindahan alam yang jarang dilihat oleh banyak orang. Bila kalian beruntung, ketika caving bisa menemukan air terjun, sungai dan situs bersejarah yang sangat menakjubkan.

Nah, apabila kalian berminat menikmati alam dengan cara berbeda, caving bisa kalian coba. Awalnya mungkin kamu ragu, tetapi setelahnya kamu akan merasa senang, dan bisa nagih.

2. Sarana belajar untuk mengalahkan rasa takut

5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!ilustrasi kegiatan caving (pexels.com/QuangNguyenVinh)

Gelap, sunyi dan kadar oksigen yang tipis tak jarang menjadi momok menakutkan bagi pemula atau yang sudah profesional sekalipun. Namun, apabila kalian sudah mempersiapkan peralatan dan pengetahuan yang matang, maka hal yang kamu takutkan akan bisa teratasi. Dengan membiasakan diri melawan takut akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari lho. 

3. Turut serta dalam melestarikan lingkungan dan sejarah

5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!ilustrasi kegiatan caving (pexels.com/SMigaj)

Sebagai wilayah yang jarang dijamah oleh manusia, pada sebagian gua menyimpan keindahan alam dan peninggalan sejarah yang kurang terekspos. Dengan kegiatan caving kalian bisa turut serta dalam melestarikan alam dan jejak sejarah yang berada di dalamnya.

Jangan sampai kegiatan caving kita justru merusak kekayaan alam dan sejarah yang ada di dalam perut bumi. Kamu wajib untuk menjaganya, jangan merusaknya!

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Melakukan High Altitude Climbing

4. Sarana wisata dan menjauh dari hiruk-pikuk

5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!ilustrasi kegiatan caving (pexels.com/MaelBalland)

Apabila kalian jenuh dan capek dengan hiruk pikuk keramaian, aktivitas caving bisa kalian coba. Suasana sunyi dan hening dalam gua tentu akan membantu healing kalian ketika sedang banyak pikiran.

Selain itu kalian juga bisa melakukan semacam recharge energi kalian. Tujuannya agar setelah caving kalian bisa lebih semangat dalam menjalani hari-hari berikutnya.

5. Melatih kemampuan kerja sama tim

5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!ilustrasi kegiatan caving (pexels.com/Arthouse)

Caving sebutulnya bukanlah aktivitas individu, melainkan aktivitas yang melibatkan banyak orang. Maka dari itu diperlukan kerja sama yang baik antar personelnya agar kegiatan caving berjalan lancar dan aman. Melukukan caving secara tim akan mempermudah kalian dalam menelusuri gua dan apabila ada kejadian yang tidak diharapkan maka ada teman yang bisa membantu.

Itulah lima hal menarik yang membuat kalian wajib mencoba caving. Jangan asal caving ya, persiapkan alat, fisik dan pengetahuan yang mempuni agar kegiatan susur gua berjalan aman dan menyenangkan. Ada yang tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Perlengkapan Wajib Dibawa Sebelum Melakukan Skydiving, Apa Saja? 

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya