Comscore Tracker

5 Hot Wheels JDM Klasik yang Jadi Incaran Kolektor, Sikat Bro!

Pencinta diecast wajib punya ini!

Mobil JDM merupakan singkatan dari Japanese Domestic Market, atau mobil yang diproduksi khusus di negara Jepang. Mobil JDM memiliki penggemar tersendiri karena selain memiliki tampilan yang cantik dan memiliki kecepatan di atas mobil yang diproduksi untuk market di luar Jepang.

Karena mobil JDM terbilang ikonik, akhirnya produsen Hot Wheels membuat versi diecast. Dalam beberapa produk diecast mobil JDM klasik diproduksi secara terbatas sehingga keberadaanya di pasaran sangat sedikit dan memiliki harga yang lumayan mahal.

Kini banyak sekali penggemar otomotif yang memburu seri-seri tertentu Hot Wheels JDM terutama seri klasiknya. Biar gak penasaran, berikut lima Hot Wheels JDM klasik yang menjadi incaran para kolektor diecast. 

1. Datsun Bluebird 510

5 Hot Wheels JDM Klasik yang Jadi Incaran Kolektor, Sikat Bro!ilustrasi Hot Wheels JDM langka (hotwheels.fandom.com)

Datsun Bluebird 510 diproduksi pertama kali pada tahun 2009 di Jepang di bawah garapan Jun Imai. Diecast ini terbilang sangat populer, karena produksinya mampu merambah negara lain di antaranya Australia, Amerika dan Meksiko. Pada setiap negara, Datsun Bluebird ini memiliki julukan sendiri mulai dari Datsun 1600, 510, 1300 dan 1500.

Datsun Bluebird 510 sering kali dijuluki sebagai 'BMW versi murah' karena memiliki desain agresif layaknya BMW namun memiliki harga sangat terjangkau. Datsun Bluebird 510 memiliki beberapa jenis warna dan model dan dibanderol mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan tergantung seri yang kamu minati.

2. Nissan Skyline H/T 2000GT-X

5 Hot Wheels JDM Klasik yang Jadi Incaran Kolektor, Sikat Bro!ilustrasi Hot Wheels JDM langka (hotwheels.fandom.com)

Nissan Skyline H/T 200GT-X memiliki julukan Hokosuka yang berarti skyline kotak karena memang dari segi bentuknya terbilang mengotak dan masuk dalam varian skyline. Diecast ini dirancang oleh Jun Imai yang memiliki memiliki keunikan yaitu setirnya tetap berada di bagian kanan meskipun dijual di seluruh dunia.

Faktor yang membuat diecast ini banyak penggemarnya adalah bentuknya yang hampir 100% mirip dengan aslinya dan sempat masuk di dalam salah satu scene di film Fast and Furious tahuan 2018. Tertarik meminang diecast ini? Siapkan dana mulai dari Rp40 ribu hingga Rp1juta.

3. Honda Civic Nouva atau EF 1990

5 Hot Wheels JDM Klasik yang Jadi Incaran Kolektor, Sikat Bro!ilustrasi Hot Wheels JDM langka (hotwheels.fandom.com)

Honda Civic menjadi salah satu mobil Jepang yang sangat ikonik di berbagai belahan dunia, salah satunya seri Nouva pada tahun 1991. Karena hal itulah akhirnya desainer Ryu Asada membuat diecast mobil ini pada tahun 2013 yang lalu hingga 2018.

Diecast Civic ini memiliki kesan klasik yang kentara karena memiliki bentuk yang boxy atau mengotak. Kini keberadaan mobil ini lumayan susah ditemui untuk model-model tertentu. Bagi kalian yang ingin memajang diecast ini di display rak Hot Wheels kalian, maka harus merogoh kocek mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 jutaan.

Baca Juga: 5 Tips Mengoleksi Diecast Buat Pemula, Dijamin Gak Kalap! 

4. Toyota Supra MK4

5 Hot Wheels JDM Klasik yang Jadi Incaran Kolektor, Sikat Bro!ilustrasi Hot Wheels JDM langka (hotwheels.fandom.com)

Toyota Supra menjadi salah satu mobil JDM yang sangat terkenal di dunia otomotif selain karena mobilnya yang keren, mobil ini sempat digunakan oleh Paul Walker pada film Fast and Furious. Kemudian karena penggemarnya banyak, Hot Wheels memutuskan untuk membuat versi diecast pada tahun 2013.

Meskipun kini Supra telah mengalami regenerasi dengan bentuk dan desain yang berbeda, namun pesona Supra MK4 ini tetap tidak bisa luntur. Diecast klasik ini sangat layak kalian jadikan koleksi mumpung harganya belum terlalu tinggi. Saat ini diecast ini dijual dengan harga Rp30 ribu hingga Rp400 ribu.

5. Mazda RX-7

5 Hot Wheels JDM Klasik yang Jadi Incaran Kolektor, Sikat Bro!ilustrasi Hot Wheels JDM langka (play.hotwheels.com)

Mazda RX-7 menjadi salah satu masterpiece dari desainer Hot Wheels terkenal Jun Imai. Mobil ini memiliki desain yang agresif dan sangat mencerminkan mobil balap. Diecast Mazda RX-7 diproduksi pertama kali pada tahun 2012 dan sangat laku pada saat itu.

Mobil old school ini memiliki faktor sejarah yang kuat sehingga tak heran diecast RX-7 saat ini menjadi incaran penggemar. Apabila kalian tertarik, diecast ini memiliki harga Rp27 ribu hingga Rp200 ribu tergantung model.

Itu tadi lima Hot Wheels klasik yang jadi incaran penggemar diecast.  Apabila kalian tertarik mengoleksi tentu akan menjadi salah satu investasi yang menjanjikan, karena suatu saat pasti harganya akan naik. Ada yang berminat dengan lima Hot Wheels JDM klasik di atas?

Baca Juga: 5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya