Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Sikap Ini Ketika Bukber, Bikin Ilfeel!

Bersikaplah yang baik ketika bukber

Acara bukber atau buka puasa bersama menjadi ciri khas tersendiri ketika bulan Ramadan tiba. Dalam acara tersebut, kamu bisa berkumpul dengan teman atau keluarga  untuk saling silaturahmi dengan makan bareng untuk berbuka puasa.

Bukber memang sebenarnya baik untuk menguatkan tali persaudaraan. Oleh sebab itu, jangan sampai karena kamu salah bersikap ketika menghadiri bukber membuat orang lain menjadi ilfeel atau sebal. 

Oleh karena itu, kenali sikap apa saja yang sebisa mungkin kamu hindari saat bukber. Check it out!

1. Datang telat di acara bukber

Jangan Lakukan 5 Sikap Ini Ketika Bukber, Bikin Ilfeel!ilustrasi orang telat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sikap pertama yang sebisa mungkin kamu hindari adalah datang telat ke acara bukber. Hal ini akan memicu teman-teman atau orang lain di acara bukber menjadi sebal kepadamu karena harus menunggu dan menjadi indikasi kamu kurang menghargai acara tersebut.

Jika memang tanggal dan waktu sudah ditentukan jauh-jauh hari kamu bisa mengatur jam keberangkatan ke lokasi agar tidak telat. Jika kamu punya kebiasaan datang molor dalam suatu acara sebaiknya segera hentikan dan jangan membiasakan istilah jam karet di Indonesia.

2. Memakai pakaian yang terlalu mencolok atau tidak tepat

Jangan Lakukan 5 Sikap Ini Ketika Bukber, Bikin Ilfeel!ilustrasi outfit pria (pexels.com/CottonBro)

Berikutnya adalah jangan memakai pakaian yang mencolok atau terlihat heboh daripada peserta bukber yang lain. Hal ini bisa membuat peserta bukber ifleel karena menganggap dirimu sebagai sosok yang haus eksistensi.

Meskipun berpakaian adalah hak pribadi, namun alangkah lebih baik tetap memperhatikan situasi dan kondisi. Agar kamu juga bisa diterima dengan baik dan tetap tampil keren. Jika acaranya adalah bukber kamu bisa memakai baju kasual, baju koko, atau outfit lain yang sekiranya pantas di acara tersebut.

3. Sibuk sendiri bermain gadget

Jangan Lakukan 5 Sikap Ini Ketika Bukber, Bikin Ilfeel!ilustrasi bermain gawai (pexels.com/cottonbro studio)

Tujuan utama bukber selain membatalkan puasa dengan makan-makan bersama adalah ajang silaturahmi. Namun sayangnya, saat acara bukber banyak peserta yang datang justru sibuk dengan gadget masing-masing.

Sehingga acara berlangsung hening dan minim interaksi antar sesama. Untuk itu, jika kamu memutuskan hadir di bukber sebisa mungkin batasi aktivitas dengan gadget-mu ya, agar kamu bisa lebih intens ngobrol dengan teman-temanmu.

Baca Juga: Ramadan Kareem atau Ramadan Mubarak? Ini Ucapan yang Tepat

4. Terlalu banyak makan

Jangan Lakukan 5 Sikap Ini Ketika Bukber, Bikin Ilfeel!ilustrasi pria sedang makan (unsplash.com/Sander Dalhuisen)

Kemudian kamu juga perlu mengontrol nafsumu saat mengambil dan memakan makanan di acara bukber. Pasalnya, jika kamu makan secara bar-bar dan mengambil makanan dalam porsi besar secara tidak langsung mengindikasikan kamu orang yang rakus dan tidak sopan.

Ya, meskipun kamu sudah membayar bukber, tapi bukan berarti kamu bisa bebas dalam mengambil makanan bukan? Selain tidak sopan juga berisiko membuat orang lain kehabisan makanan.

5. Pamer pencapaian

Jangan Lakukan 5 Sikap Ini Ketika Bukber, Bikin Ilfeel!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/nappy)

Terakhir, hindari betul untuk memamerkan pencapaianmu untuk niat menyombongkan diri atau istilah kerennya adalah flexing. Berbincanglah bersama teman-temanmu dengan topik yang ringan bisa berupa kabar, kesibukanmu dan lain sebagainya.

Jangan sampai ajang bukber kamu jadikan sebagai upaya untuk pamer karena bisa membuat orang lain yang mendengar sebal dan tidak nyaman saat ngobrol bersamamu. Pasalnya, ketika kamu pamer bisa jadi orang yang sedang kamu ajak ngobrol sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja baik itu secara karier, keuangan ataupun pekerjaan. So, hati-hati ya, Bro!

Itu tadi beberapa sikap yang perlu kamu hindari ketika bukber. Jangan sampai orang lain sebal kepadamu karena sikap-sikap jelek yang kamu lakukan. Selemat berpuasa!

Baca Juga: 17 Tempat Bukber di Jakarta Selatan 2023, Semua Menggiurkan!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya