Comscore Tracker

5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliar

Harga action figure ini super fantastis!

Action figure menjadi salah satu jenis mainan berbentuk miniatur suatu karakter memiliki banyak penggemar di dunia. Sebetulnya mainan action figure bukanlah mainan yang susah ditemui, namun ada beberapa edisi yang diproduksi dalam jumlah terbatas atau sudah diproduksi tahun lama sehingga membuat harganya naik dan menjadi langka.

Bagi seorang kolektor dan penggemar berat action figure tentu mengoleksi karakter action figure langka bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan karena harganya tiap tahun mengalami kenaikan.

Buat kalian tahu ada beberapa karakter action figure termahal yang pernah dijual di dunia. Harganya juga sangat fantastis! Penasaran? Baca sampai selesai!

1. Action figure G.I Joe - Rp2 miliar

5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliarilustrasi action figure paling mahal di dunia.(ginx.tv)

Action figure karakter G.I Joe ini diproduksi pada tahun 1964 dan kini keberadaannya di dunia sudah sangat langka. Bentuk karakter ini adalah sosok tentara yang tengah berperang di masa Perang Dunia ke 2.

Mainan ini pada tahun 2009 dibeli oleh seorang pengusaha bernama Stephen Geppi dari seorang kolektor senilai Rp2 miliar. Angka yang super luar biasa, bukan?

2. Action figure Obi-Wan Kenobi dengan dua Telescoping Lightsaber - Rp1 miliar

5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliarilustrasi action figure paling mahal di dunia (rebelscum.com)

Obi Wan merupakan salah satu tokoh dalam film Star Wars yang memiliki senjata dengan nama telescoping lightsaber atau pedang cahaya. Action figure Wan Obi menjadi salah satu buruan kolektor di dunia karena selain langka, harganya naik drastis tiap tahunnya.

Pada tahun 2017 pernah ada yang menjual dengan harga Rp1 miliar dan terjual dalam tempo relatif singkat. Sebuah pencapaian yang super mengagumkan!

3. Action figure Prototipe Star Wars Bib Fortuna - Rp670 juta

5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliarilustrasi action figure paling mahal di dunia (ginx.tv)

Bib Fortuna merupakan salah satu karakter atau tokoh dalam film Star Wars yang sebetulnya bukan karakter penting dalam film tersebut. Akan tetapi ketika dibuat dalam bentuk action figure, karakter Bib Fortuna memiliki harga yang dahsyat dibanding tokoh lainnya.

Menurut beberapa sumber, pada tahun 2019 action figure ini terjual dengan harga Rp670 juta. Mungkin sekarang kalau dijual sudah mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga: 5 Lego Paling Mahal dan Langka di Dunia, Harga Tembus Ratusan Juta!

4. Action figure Star Wars Luke Skywalker dengan dua telescoping lightsaber - Rp356 juta

5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliarilustrasi action figure paling mahal di dunia (hakes.com)

Luke Skywalker merupakan tokoh penting dalam film Star Wars, sehingga wajar ketika dirinya dibuatkan karakter dalam bentuk action figure. Ketika dibuat action figure ternyata terdapat kesalahan dalam ukuran dan detail karakternya sehingga perusahaan pembuat harus menyetop produksinya.

Meskipun demikian ada beberapa produk dalam jumlah terbatas yang sudah terdistribusi di pasaran. Karena jumlahnya yang terbatas karakter action figure Luke Skywalker ini semakin diburu kolektor dan harganya jadi selangit. Action figure ini sempat terjual dengan nominal kisaran Rp356 juta.

5. Action figure Hungarian Boba Fett - Rp213 juta

5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliarilustrasi action figure paling mahal di dunia (hakes.com)

Terakhir adalah action figure Boba Fett. Boba Fett merupakan karakter yang diadopsi dari dalam film Star Wars yang diproduksi dalam jumlah sangat terbatas. Mainan ini kini tengah menjadi barang buruan para penggemar action figure di seluruh dunia. Beberapa tahun yang lalu mainan ini sempat terjual dengan harga sekitar Rp213 juta.

Itulah lima action figure paling mahal di dunia. Rupanya karakter Star Wars jadi paling digemari dan diburu. Selain hobi ternyata action figure juga bisa dijadikan barang koleksi sekaligus sarana investasi yang menjanjikan. Apa action figure favorit kalian?

Baca Juga: 5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Juta

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya