Comscore Tracker

5 Manfaat Hobi Mendaki Gunung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui  

Bisa cegah penyakit jantung #IDNTimesMen

Mendaki gunung menjadi salah satu hobi atau kegiatan outdoor yang bisa dibilang manantang bagi sebagian orang. Namun, kegiatan mendaki juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Kenapa demikian? Karena keindahan alam dan udara segar akan menemani pendaki untuk menuju puncak.

Bila ingin mendaki gunung secara aman tentu persiapan yang matang baik dari segi fisik, mental, perbekalan dan pengetahuan tentang medan gunung yang dituju.Ternyata tidak banyak orang tahu bahwa selain untuk kebutuhan rekreasi, mendaki punya manfaat yang baik bagi tubuh, inilah lima di antaranya.

1. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

5 Manfaat Hobi Mendaki Gunung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui  Ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/GuduruAjaybhargav)

Kegiatan mendaki gunung akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari biasanya. Pada saat mendaki suplai oksigen dan peredaran akan meningkat.

Ditambah udara yang segar tentu akan menambah efek yang bagus bagi tubuhmu. Dengan demikian tentu bisa memperkecil risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

2. Menghilangkan stres

5 Manfaat Hobi Mendaki Gunung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui  Ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/cottonbro)

Mendaki juga bisa sebagai cara mengurangi kepenatan dari rutinitas sehari-hari yang sering kali membuat kita stres. Pemandangan indah, pepohonan yang rindang serta udara sejuk akan membuat pikiranmu kembali fresh.

Selain itu, menurut penelitian mendaki dengan durasi yang cukup panjang mampu meningkatkan kadar kebahagiaan. Apalagi jika dilakukan bersama teman, akan semakin seru dan menyenangkan.

3. Memperkuat otot kaki dan tangan

5 Manfaat Hobi Mendaki Gunung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui  Ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/EricSanman)

Medan yang didominasi dengan jalur tanjakan tentu akan membuat kerja dari otot kaki akan lebih ekstra. Jalanan tanah, berkerikil dan berbatu nyatanya mampu membuat otot-otot kakimu semakin bertambah kuat.

Tapi ingat ya lakukan pemanasan sebelum naik gunung agar tidak terjadi kram tau cedera. Buat pemula, jangan lupa mendaki dengan teman yang sudah berpengalaman, biar makin aman dan nyaman.

Baca Juga: Catat! Inilah 10 Merek Sepatu Gunung Pria Paling Recommended

4. Membuat tulang tubuh menjadi lebih padat

5 Manfaat Hobi Mendaki Gunung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui  Ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/ClifordMervil)

Naik gunung merupakan aktivitas yang membutuhkan fisik kuat karena mulai dari kaki, tulang belakang dan tangan menjadi tumpuan mendaki.  Tentu dengan mendaki gunung dengan durasi tertentu, otot dan tulang kita akan menjadi lebih kuat dan padat.

Apalagi, ketika mendaki di pagi hari yang mendapat sinar matahari tentu akan berdampak positif bagi kesehatan dan kekuatan tulang-tulang kita. Namun tetap jangan memaksakan kalau kondisi tubuh lagi tidak prima.

5. Melatih daya ingat dan emosi

5 Manfaat Hobi Mendaki Gunung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui  Ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/ArchieBinamia)

Menurut penelitian, aktivitas fisik salah satunya mendaki gunung memiliki dampak positif untuk kesehatan otak. Karena dalam mendaki dibutuhkan insting yang tepat untuk mengingat dan pengelolaan emosi yang baik. Dengan mendaki secara rutin tentu akan membuat daya ingat semakin terasah dan emosi dalam tubuh kita bisa terkelola dengan baik.

Begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari hobi mendaki gunung bagi kesehatan tubuh kamu. Yang pasti, pastikan kamu mendaki dengan aman. Selamat bertualang!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tenda Terbaik Buat yang Hobi Camping dan Naik Gunung

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya