Comscore Tracker

5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumah

Buat penghobi ikan hias wajib coba pelihara, nih!

Ikan hias air laut terkenal memiliki keindahan tersendiri dibandingkan ikan hias air tawar. Baik dalam hal warnanya hingga bentuknya yang sangat variatif, sehingga ikan hias air laut sangat enak dipandang mata.

Akan tetapi, dalam memelihara ikan hias air laut tidaklah semudah memelihara ikan hias air tawar. Di antaranya kalian harus rutin menjaga suhu air, mengecek PH air dan rajin membersihkan akuariumnya. 

Beberapa ikan hias air laut juga nyatanya masih bisa kamu pelihara secara mudah dan tidak sesulit apa yang kalian bayangkan. Berikut adalah lima rekomendasi ikan hias air laut yang bisa kalian pelihara dengan mudah di rumah. 

1. Ikan banggai atau capungan ambon

5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumahilustrasi ikan banggai (risingtideconservation.org)

Ikan banggai atau capungan ambon merupakan ikan endemik khas Indonesia yang berasal dari Banggai, Indonesia. Ikan hias ini termasuk salah satu ikan hias yang populer di kalangan penghobi ikan yang keberadaaan di habitatnya sudah mulai terancam dikarenakan penangkapan yang berlebihan.

Namun, kini sudah banyak tempat pengembangbiakan ikan dan penangkaran sehingga tidak mengganggu ekosistem ikan di habitat aslinya. Per ekor ikan capungan ambon dihargai Rp35 ribu - Rp 45 ribu.

2. Ikan kupu-kupu

5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumahilustrasi butterfly fish (a-z-animals.com)

Bagi kalian yang menginginkan ikan yang memiliki warna mencolok dan bentuk unik, ikan kupu-kupu atau butterfly fish ini layak jadi pilihan. Ikan ini memiliki corak bergaris dan warna layaknya kupu-kupu.

Bentuk ikan ini pipih dan pada bagian mulut monyong ke depan. Harga ikan ini cukup mahal yaitu Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per ekor.

3. Ikan botana blue tang

5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumahilustrasi ikan blue tang atau ikan dori (americanoceans.org)

Ikan blue tang atau ikan dori merupakan salah satu ikan hias yang banyak dimiliki oleh penggemar ikan hias di Indonesia. Selain karena warnanya yang cantik, ikan ini juga mudah dipelihara. Istilah ikan dori muncul karena ikan ini diadopsi pada film kartun berjudul Finding Nemo yang beperan sebagai tokoh ikan dori.

Ikan ini identik dengan warna biru, hitam dan sedikit corak kuning pada bagian ekor. Dengan memiliki ikan ini akuarium kalian pasti akan semakin indah ketika dipandang. Harga ikan ini berkisar Rp45 ribu per ekor.

Baca Juga: 5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!

4. Ikan badut

5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumahilustrasi ikan badut atau giru fish (pixabay.com/JackLou)

Ikan badut atau clownfish bisa dibilang menjadi favorit para penggemar ikan hias. Karena, selain warnanya yang lucu seperti badut, ikan ini juga sempat menjadi karakter utama film Finding Nemo bersama ikan blue tang.

Ikan ini suka tinggal pada karang bawah laut, sehingga apabila kalian ingin memelihara pastikan kalian memberikan karang pada akuarium kalian. Satu ekor ikan badut memiliki harga Rp35 ribu rupiah.

5. Ikan doti atau dotty fish

5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumahilustrasi ikan hias air laut dotty fish (en.wikipedia.org)

Ikan doti atau dottyback fish menjadi salah satu ikan yang mudah dipelihara dan mudah ditemukan karena suka menghuni terumbu karang pada perairan dangkal. Ikan ini termasuk ikan yang hidup di perairan sub tropis dan tropis, sehingga keberadaan di Indonesia sangatlah melimpah. Ukuran ikan ini tergolong mungil namun punya corak warna yang cantik. Harga ikan doti ini per ekor mencapai Rp35 ribu.

Masih banyak ikan hias laut lain yang bisa kalian pelihara. Sedangkan, di atas adalah lima rekomendasi ikan hias air laut yang mudah kalian pelihara di rumah. Adakah ikan hias air laut incaran kalian?

Baca Juga: Deretan Ikan Hias Termahal Di Dunia, Nomor 15 Bikin Geleng-geleng! 

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya