Comscore Tracker

5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!

Penyuka adrenalin wajib tahu!

Slacklining merupakan salah satu permainan ekstrem di mana para pemainnya menyeberangi satu titik ke titik lainnya di atas seutas tali. Kunci permainan ekstrem ini terletak pada keseimbangan badan seorang pemain.

Slacklining sendiri ada beberapa jenis yaitu ada highlining, radeo lines, windlining dan slackline yoga. Highlining dan windlining menjadi jenis slacklining paling ekstrem karena dilakukan di luar ruangan dengan menyeberangi perbukitan atau perairan.

Nah, selain harus menjaga keseimbangan tubuh, ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan agar slacklining berlangsung aman dan seru. Berikut adalah lima diantaranya. Simak ya, bro!

1. Memilih lokasi yang sesuai 

5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!ilustrasi slacklining (unsplash.com/greg_rosenke)

Dalam permainan slacklining lokasi menjadi salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan. Termasuk lokasi di mana dua ujung tali akan dikaitkan, baik di batu atau di pepohonan.

Pilihlah lokasi baik bukit ataupun pantai di mana pohon dan batu dalam keadaan kokoh dan tidak lapuk atau mudah hancur. Karena kalau gak kokoh, bisa-bisa nyawa kamu terancam.

2. Menyiapkan tali dan perlengkapan lainnya

5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!ilustrasi slacklining (dutchwaregear.com)

Sebagai permainan ekstrem, tentu membutuhkan peralatan yang memenuhi standar keselamatan. Tentu tali menjadi barang wajib yang harus disiapkan dalam keadaan baik. Kemudian kalian juga perlu menyiapkan harness dan carabiner sebagai pengait tubuh dengan tali yang dilewati.

Buat kalian yang tertarik mencoba sebaiknya tidak perlu memakai sepatu, karena dengan tanpa sepatu kalian lebih mudah dalam menapak dan menjaga keseimbangan. Tetapi, hal itu balik lagi ke kalian, gunakan cara yang senyaman mungkin. 

3. Memasang tali dengan teknik yang benar

5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!ilustrasi slacklining (facebook.com/xinhuanewsindonesia)

Berikutnya adalah pasang tali di masing-masing ujung medan yang hendak kalian lewati. Kalian bisa mengikatnya atau mengaitkannya dengan batu atau pohon.

Pasang tali dengan pola ikatan yang benar, sekaligus pastikan tali terikat dengan benar. Jangan lupa untuk mengenakan harness yang sudah disiapkan dan kaitkan dengan tali yang akan dilewati. 

Baca Juga: 5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh

4. Jangan tegang dan panik

5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!ilustrasi slacklining (isntagram.com/slackliners)

Sebagai permainan yang mengandalkan keseimbangan badan. Faktor gugup dan panik tentu akan merusak hal tersebut. Dengan demikian ada baiknya kalian mencoba untuk rileks terlebih dahulu sebelum mulai berjalan di atas tali.

Hilangkan segala pikiran-pikiran negatif dengan melakukan streching ringan dan mengatur napas. Lakukan kegiatan ini saat kamu benar-benar sudah siap, jangan lakukan bila kamu masih ragu.

5. Mulailah berjalan secara perlahan dan pastikan ada pemandunya

5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!ilustrasi slacklining (isntagram.com/yuli.gates)

Ketika sudah rileks dan tidak panik mulailah melangkah secara perlahan dan tidak perlu terburu-buru untuk sampai ke titik berikutnya. Pastikan untuk selalu fokus dan jaga keseimbangan tubuh dengan baik. Apabila kalian seorang pemula pastikan dalam permainan ini didampingi oleh instruktur berpengalaman agar bisa meminimalisir risiko yang ada. 

Nah, itulah lima tips bermain slacklining yang bisa kalian terapkan saat hendak mencobanya. Apabila kalian seorang fobia ketinggian, permainan ini sangat tidak disarankan. Ada yang pernah mencoba slacklining?

Baca Juga: 5 Tips Wreck Diving untuk Pemula, Seru dan Menantang!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya