Comscore Tracker

5 Tips Bermain Jet Ski untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!

Yang mau bermain jet ski wajib tahu nih!

Sebenarnya nama jet ski merupakan nama motor air keluaran produsen otomotif asal Jepang, Kawasaki. Karena sering digunakan untuk bermain akhirnya nama jet ski sangat melekat dalam olahraga motor air dan akhirnya berubah nama menjadi jet ski atau ski air. 

Di Indonesia sendiri meskipun banyak laut dan pantai, namun olahraga ini masih kurang diminati oleh masyarakat. Hanya beberapa daerah saja yang memiliki sarana dan prasarana permainan jet ski seperti Bali, Jakarta dan Lombok. Mahalnya biaya yang dibutuhkan menjadi alasan kuat kenapa olahraga ini tidak terlalu diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun, apabila kalian tertarik mencoba olahraga menantang ini, tidak perlu khawatir di beberapa lokasi sudah banyak persewaan jet ski dengan harga relatif terjangkau. Berikut adalah lima tips buat pemula yang akan bermain jet ski apa saja? Simak sampai selesai!

1. Siapkan perlengkapan keamanan dan jet ski yang hendak digunakan

5 Tips Bermain Jet Ski untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi jet ski (unsplash.com/Tobias Nii Kwatei Quartey)

Hal pertama yang harus kalian siapkan adalah melengkapi peralatan keamanan dan perlengkapan yang dibutuhkan lainnya. Gunakan pelampung, kacamata, dan bila perlu memakai helm agar kepala kalian terlindingi apabila terbentur motor jet ski.

Jangan lupa untuk mengecek kesiapan motor jet ski mulai dari bahan bakar, layar informasi dan aki apakah memadai atau tidak. Jangan sampai ketika kalian ke tengah laut motor rusak atau terhenti. Untuk pemula disarankan tidak memakai motor ber-cc besar agar lebih mduah dikendalikan.

2. Pelajari cara mengoperasikan motor jet ski dan disarankan didampingi oleh profesional

5 Tips Bermain Jet Ski untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi jet ski (unsplash.com/Ludovic Gauthier)

Setelah semua perlengkapan siap, mulailah untuk memperlajari fungsi tombol dan cara mengoperasikan motor jet ski. Bagaimana cara berbelok, kapan harus gas dan rem, serta kapan harus berhenti. Usahakan jangan terlalu ke tengah karena arus di tengah biasanya lebih deras, sehingga menyulitkan pengendalian motor jet ski, apalagi untuk pemula.

Untuk pertama kali mencoba sangat dianjurkan didampingi oleh instruktur profesional. Hal itu dilakukan agar kalian bisa diawasi dan dipandu secara langsung sekaligus meminimalisir risiko. 

3. Nikmatilah waktu ketika belajar dan jangan tergesa-gesa melakukan gerakan akrobatik

5 Tips Bermain Jet Ski untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi jet ski (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Jangan terburu-buru dalam semua hal juga berlaku saat bermain jet ski, apalagi kalian seorang pemula. Matangkan kemampuan kalian dalam mengemudikan motor jet ski dengan menguasai hal-hal dasarnya terlelbih dahulu.

Untuk melakukan trik-trik akrobatik akan lebih mudah dilakukan ketika trik dasar seperti belok, gas, rem dan berhenti kalian sudah kuasai betul. Dengan latihan 1-2 jam kalian pasti sudah bisa beradaptasi dengan baik dan jangan lupa untuk terus memperhatikan kecepatan arus laut, apabila dirasa sudah membesar kalian harus segera menepi.

Baca Juga: 11 Perlengkapan Gunung yang Selalu Dibawa Para Ranger KDrama Jirisan

4. Selalu utamakan keselamatan dan jangan melebihi batas

5 Tips Bermain Jet Ski untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi jet ski (unsplash.com/Roger Starnes Sr)

Sering terjadi ketika sudah mulai mahir mengendarai motor jet ski para pemain sering melupakan aspek keamanan dan keselematan mereka. Memacu motor jet ski dengan kecepatan sangat tinggi, melakukan manuver ekstrem dan bahkan sering tidak memakai pelampung dan alat keamanan lainnya.

Hal tersebut sebaiknya dihindari karena memiliki risiko keselamatan yang sangat tinggi. Perlu diingat, kalian masih pemula dan kemampuan kalian belum setara dengan para profesional. Lakukan jet ski dengen batas wajar dan selalu dengarkan instruksi atau arahan instruktur kalian.

5. Lakukan latihan secara rutin dan pastikan kalian senang saat berlatih

5 Tips Bermain Jet Ski untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi jet ski (unsplash.com/David White)

Terakhir, agar kalian bisa benar-benar bermain jet ski  hal yang perlu dilakukan adalah berlatih secara rutin dan konsisten. Dengan latihan secra rutin amaka kemampuan kalian akan meningkat dan akan membuat kalian lebih mudah melakukan beberapa trik-trik sulit dalam bermain jet ski.

Jangan lupa untuk menikmati proses latihan kalian karena tanpa di dasari hati yang senang tentu akan susah untuk bisa menguasai permainan jet ski dengan cepat. Hati yang gembira akan membantu kalian dalam menyerap arahan dari isntruktur dan tidak mudah lelah saat berlatih.

Itulah lima tips bermain jet ski buat pemula yang bsia kalian coba. Bagi kalian yang takut air atau tidak bisa berenang sangat tidak disarankan bermain jet ski ya, selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Wreck Diving untuk Pemula, Seru dan Menantang!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya