Comscore Tracker

Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala 

Sabar aja gak cukup, Bro! #IDNTimesMen

Pernahkah kalian ngobrol dengan seseorang yang sangat keras kepala dan semakin lama itu berlangsung, semakin mereka berusaha keras dan menolak untuk berubah pikiran? Tidak peduli berapa banyak bukti yang banyak dan argumen yang kuat atau seberapa logis pendapat kalian, orang yang keras kepala itu menolak untuk memberikan satu kesempatan saja buat orang lain menyampaikan pendapatnya.

Kemauan dan keuletan orang-orang yang keras kepala memang mengagumkan, tetapi kualitas-kualitas itu juga dapat membuat berurusan dengan orang-orang yang keras kepala ini membuat frustrasi dan melelahkan. Itu bisa sampai pada titik di mana kamu menyerah dan mencoba untuk menghindari kebuntuan dengan mereka lagi.

Beberapa tips ini mungkin saja dapat membantu kalian saat menghadapi teman yang keras kepala. Apa aja? Simak ulasannya di bawah ini! 

1. Kamu harus menunjukan empati

Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala Ilustrasi pria berbincang (unsplash.com/HelenaLopes)

Kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi dalam hidup orang lain. Jika kalian bisa, cobalah untuk menempatkan diri kalian pada posisi mereka. Mereka mungkin takut akan perubahan atau gugup karena mereka tidak dianggap berharga.

Sikap keras kepala mereka adalah cara mereka melindungi diri mereka sendiri. Jika kalian berurusan dengan mereka dengan cara yang penuh empati, ada peluang yang lebih baik untuk mendapatkan hasil yang positif.

2. Bangun kepercayaan temanmu

Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala Ilustrasi pertemanan (unsplash.com/MatheusFerrero)

Sikap keras kepala terkadang merupakan manifestasi dari rasa takut. Salah satu cara untuk mengimbangi rasa takut itu adalah dengan mendapatkan kepercayaan mereka.

Jika kalian menunjukkan kepada mereka secara konsisten bahwa kalian tidak bermaksud jahat dan mereka dapat bergantung pada kalian untuk berada di sana ketika mereka membutuhkan kalian, maka itu akan meningkatkan komunikasi kalian secara keseluruhan. Dan, itu akan membantu mereka untuk tidak selalu bersikap keras kepala ketika mereka merasa tertekan. 

3. Harus sabar dan tenang dalam bersikap

Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala Ilustrasi pria berdiskusi (unsplash.com/DocuSign)

Jika kalian kehilangan kesabaran atau menjadi terlalu emosional, hal itu dapat memperburuk keadaan pertemananmu. Aturan pertama dalam menghadapi kepribadian yang keras kepala adalah melatih kesabaran kalian sendiri.

Selain itu, dengan menampilkan sikap terbuka dan kesediaan untuk mendengarkan mereka. Dengan hal itu temanmu akan merasa dihargai dan sikapnya akan lebih baik ke depannya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Sering Berbicara Negatif pada Diri Sendiri

4. Jadilah orang yang fleksibel

Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala Ilustrasi pria berdiskusi (unsplash.com/NeONBRAND)

Keras kepala dan tidak fleksibel tampaknya berjalan beriringan. Jika kalian belajar bagaimana menghadapi orang yang keras kepala, kalian harus menjadi orang yang fleksibel.

Menjadi fleksibel berarti kalian meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang mereka katakan. Tahu dari mana mereka berasal, dan memahami apa yang mereka coba katakan. Jika kamu berpikir bahwa mereka membuat hal baik, maka beri apresiasi mereka, dan jika tidak, bicarakan dengan mereka tentang hal itu secara baik-baik.

5. Jangan memvonis kesalahan temanmu

Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala Ilustrasi pria berdiskusi (unsplash.com/ProductSchool)

Memvonis kesalahan bukanlah cara menghadapi orang yang keras kepala. Itu bisa dianggap menghakimi temanmu, itu seperti menampar ke wajah temanmu bahwa mereka salah. Beri tahulah dengan cara yang baik dan jangan terkesan memojokkan temanmu. Memvonis kesalahan temanmu yang keras kepala justru akan semakin membuat hubungan kalian runyam.

Di atas tadi merupakan tips menghadapi teman kalian yang keras kepala, mudah-mudah dapat membantu mengatasi permasalahannya. Di antara kalian adakah yang pernah mengalaminya?

Baca Juga: Tak Selamanya Negatif, Inilah 5 Keuntungan Jadi Pria yang Baperan

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya