Comscore Tracker

5 Tips Merawat Burung Kicau agar Gacor, Mudah dan Praktis!

Penghobi burung kicau wajib tahu

Bagi penghobi burung tentu menjadi kesenangan tersendiri jika burung kesayangannya mampu berkicau secara maksimal atau biasa disebut gacor. Namun, kicau burung tidak bisa kita dapatkan secara instan, perlu perawatan secara telaten.

Bagi pemilik burung kicau jawara lomba tentu bukan hal yang sulit untuk merawat burung karena sudah berpengalaman bertahun-tahun. Akan tetapi, bagi kelas penghobi burung biasa atau pemula merawat burung agar tetap gacor berkicau tentu tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar burung sehat dan tidak stres serta mampu berkicau secara maksimal.

Berikut adalah lima tips merawat burung agar berkicau maksimal dengan cara yang mudah dan praktis. Yuk, disimak!

1. Mandikan dan jemur burung secara rutin

5 Tips Merawat Burung Kicau agar Gacor, Mudah dan Praktis!ilustrasi merawat burung kicau (pexels.com/zhang kaiyv)

Salah satu faktor yang membuat burung rajin berkicau adalah kondisi burung tersebut dalam keadaan segar. Cara mudah agar tubuh burung kesayangan kita segar adalah memandikannya secara rutin tiap pagi hari.

Kalian cukup semprotkan burung menggunakan air secara perlahan dan jangan terlalu banyak agar burung tidak kedinginan. Setelah itu, lakukan penjemuran burung tiap pagi selama 5-10 menit agar tubuh burung hangat dan mendapatkan vitamin D. Selain itu, menjemur burung juga bisa menghilangkan jamur dan kuman pada tubuh burung.

2. Beri asupan makanan yang bergizi

5 Tips Merawat Burung Kicau agar Gacor, Mudah dan Praktis!ilustrasi merawat burung kicau (unsplash.com/James Lees)

Asupan makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh burung agar tubuhnya sehat dan bisa berkicau secara maksimal. Ada beberapa makanan burung yang biasa dipakai untuk menunjang nutrisi yaitu jangkrik, kroto, ulat, cacing, biji-bijian, pisang dan masih banyak lagi.

Agar burung tidak bosan lakukan kombinasi makan tiap seminggu sekali. Berikan multivitamin juga agar burung mendapatkan asupan vitamin yang memadai.

3. Sering-sering putar master kicau secara rutin

5 Tips Merawat Burung Kicau agar Gacor, Mudah dan Praktis!ilustrasi pemutar piringan hitam (pexels.com/Matthias Groeneveld)

Salah satu cara yang banyak digunakan oleh penghobi burung agar burung kesayangan kamu mampu berkicau secara gacor yaitu memutarkan rekaman kicauan burung dalam jangka waktu tertentu. Cara ini dinilai ampuh untuk merangsang burung untuk ikut berkicau karena ada suara kicauan burung lain.

Lakukan pemutaran master kicau ini secara rutin tiap hari selama satu hingga dua jam menggunakan speaker. Dengan pemutaran secara rutin maka burung kalian akan terbiasa berkicau tanpa dipancing menggunakan master kicau.

Baca Juga: 5 Tips Berkebun untuk Mengisi Waktu Puasa, Hasil Maksimal!

4. Lakukan pengembunan burung tiap pagi hari dan letakkan sangkar pada posisi yang tinggi

5 Tips Merawat Burung Kicau agar Gacor, Mudah dan Praktis!ilustrasi burung (unsplash.com/Lucas Hoang)

Burung juga membutuhkan udara dan hawa yang segar dan sejuk. Kalian bisa melakukannya dengan menggantung burung di pohon atau tempat yang cukup tinggi ketika pagi hari. 

Hal itu berguna agar burung memperoleh udara segar sehingga tubuhnya segar dan tidak mudah sakit. Proses ini biasa disebut proses pengembunan dan menurut pakar burung metode ini mampu memberikan suasa layaknya di habitat aslinya di alam sehingga burung tidak stres.

5. Bersihkan kandang burung secara rutin

5 Tips Merawat Burung Kicau agar Gacor, Mudah dan Praktis!ilustrasi sangkar burung (pexels.com/Murilo Folgosi)

Selain kondisi burung yang diperhatikan, kebersihan kandang juga menjadi hal penting yang tidak bisa dilupakan. Kandang yang kotor dapat memicu penyakit bagi burung atau membuat burung tidak nyaman saat berada di kandang.

Cuci kandang tiap hari dengan menyemprot dengan air agar kotorannya hilang termasuk pada angkringan burung. Kandang yang bersih akan membuat burung nyaman sehingga bisa berkicau secara maksimal.

Itulah lima tips mudah dan praktis merawat burung agar bisa berkicau secara gacor. Dengan perawatan yang baik secara rutin burung kalian juga akan sehat dan tidak stres. Jangan malas merawat burung kesayangan kalian, ya!

Baca Juga: 5 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Seharga Mobil Pajero!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya