Comscore Tracker

5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!

Penggemar olahraga ekstrem wajib tahu

Olahraga motocross atau motor trail merupakan salah satu aktivitas ekstrem yang banyak penggemarnya di Indonesia terutama kaum pria. Olahraga ini biasanya dilakukan di sirkuit trail, pegunungan, atau hutan yang biasanya tidak bisa diakses dengan kendaraan bermotor biasa. Motocross biasanya memiliki roda, bentuk sasis dan mesin yang berbeda jika dibandingkan dengan motor pada umumnya, karena medan yang dilalui tergolong ekstrem. Sehingga tak heran harga motocross biasanya jauh lebih mahal.

Meskipun olahraga ini identik dengan kaum laki-laki, namun akhir-akhir ini juga banyak juga perempuan yang menekuni olahraga ini. Meskipun secara teknik hampir mirip dengan mengendarai motor biasanya, motocross membutuhkan beberapa ketrampilan dan persiapan khusus yang harus dikuasai terutama untuk pemula.

Selain menyiapkan nyali yang besar, berikut ini adalah lima tips bermain motocross buat pemula biar seru namun tetap aman. Apa saja? Simak sampai habis!

1. Gunakan peralatan yang memenuhi standar keselamatan

5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!ilustrasi perlengkapan motocross (unsplash.com/Egor Myznik)

Karena tergolong olahraga ekstrem, faktor keamanan dan keselamatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Perlengkapan seperti helm dan sepatu khusus trail, serta kaus tangan, pelindung siku dan lutut jadi benda yang wajib melekat buat pengendara motocross baik pemula maupun profesional.

Usahakan memakai pakaian baju trail dan celana trail yang sesuai agar kulit kalian terlindungi dari panas dan gesekan tanah saat terjatuh. Selain itu, kalian juga bisa memakai pelindung dada dan tulang belakang agar lebih aman saat berkendara.

2. Carilah lokasi yang aman dan mulai berkendara secara perlahan

5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!ilustrasi motocross (unsplash.com/mostafa rezaee)

Motocross membutuhkan lokasi yang sesuai agar peforma motor keluar secara maksimal. Untuk pemula usahakan untuk berlatih di sirkuit khusus trail terlebih dahulu, karena lebih aman dan mudah untuk digunakan untuk bermain motocross. 

Karena, apabila seorang pemula langsung menggunakan lokasi motocross pada medan hutan atau pegunungan akan sangat susah dan sulit diprediksi. Hal itu tentu akan menyulitkan dan membahayakan kalian saat berkendara. 

3. Jangan gunakan motor ber-cc besar untuk permulaan

5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!ilustrasi motocross (unsplash.com/Lital Levy)

Motorcross sendiri terdiri dari banyak jenis kapasitas atau cc mesin yang tersedia. Dan, sudah barang tentu semakin tinggi kapasitas mesin akan sangat berat dan cepat saat diguankan untuk melibas jalanan tanah atau bebatuan. Hal itu tentu butuh skill yang mempuni untuk mengendarainya.

Untuk pemula disarankan untuk menggunakan cc motor trail dikisaran 50 cc-150 cc sebagai sarana untuk latihan. Karen motor trail dengan cc tersebut mudah dikendalikan dan tidak terlalu berat dari segi bobot.

Baca Juga: 5 Tips Cave Diving Buat Pemula, Butuh Nyali Besar!

4. Pastikan kalian didampingi oleh pelatih yang profesional

5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!ilustrasi motocross (unsplash.com/vikram sundaramoorthy)

Meskipun kalian sudah bisa mengendarai motor biasa dan hampir tidak ada bedanya saat mengendarai motocross, namun pendampingan dari pelatih tetap harus dilakukan. Karena dalam olahraga motocross ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kecepatan cara berbelok, cara jumping, dan masih banyak lagi.

Adanya pelatih akan membuat kalian lebih mudah memahami teknik-teknik dasar dalam bermain motocross dengan memberikan penagrahan secara langsung. Selain itu, fungsi pelatih adalah sebagai penolong apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuh saat berkendara.

5. Lakukan latihan secara rutin dan pahami cara memperbaiki motor trail

5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!ilustrasi motocross (unsplash.com/Malik Skydsgaard)

Lakukan latihan secara rutin dan serius agar skill bermain motocross semakin mumpuni. Dengan kemampuan yang terus meningkat, tentu medan-medan sulit seperti pegunungan atau hutan akan jadi rute yang tidak terlalu sulit untuk kalian taklukan.

Selain itu, pahami cara merawat dan memperbaiki motor trail kalian. Dengan perawatan yang baik tentu peforma motor akan optimal dan apabila terjadi kerusakan di sirkuit, hutan atau pegunungan kalian bisa memperbaikinya secara mandiri.

Nah, itulah tips bermain motocross dengan mudah dan aman. Selain balap motor di aspal, motocross tentu bisa jadi alternatif menarik untuk menantang nyali kalian. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Melakukan High Altitude Climbing

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya