Comscore Tracker

5 Tips Trail Run Buat Pemula, Jangan Asal Lari Bro!

Trail run juga butuh persiapan matang

Trail run merupakan salah satu jenis olahraga lari yang di mana medannya merupakan alam terbuka dan biasanya dilakukan di pegunungan ataupun perbukitan. Trail run kini menjadi salah satu olahraga lari yang cukup digemari dan peminatnya selalu bertambah. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya event trail run di berbagai daerah di Indonesia.

Trail run bisa dibilang menjadi alternatif lari yang biasanya hanya dilakukan di jalanan perkotaan atau stadion olahraga. Berlari di alam bebas tentu menyajikan sensasi yang berbeda seperti pemandangan alam yang indah dan udara yang segar.

Apabila kalian tertarik mencoba trail run, berikut ini adalah lima tips yang bisa kalian lakukan. Apa saja? Simak sampai selesai, ya!

1. Tentukan lokasi trail run yang hendak kalian tuju

5 Tips Trail Run Buat Pemula, Jangan Asal Lari Bro!ilustrasi trail run (unsplash.com/Brian Erickson)

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan lokasi mana yang akan kalian pilih untuk trail run. Karena hal itu akan berkaitan dengan persiapan fisik, perbekalan hingga peralatan yang harus kalian bawa.

Bila kalian seorang pemula di sarankan untuk memilih lokasi gunung atau bukit yang tidak terlalu tinggi dan jarak perjalanan tidak terlalu jauh. Hal itu dilakukan agar kalian tidak kaget dan bisa beradaptasi dengan trail run. Pastikan juga lokasi yang kalain tuju merupakan lokasi yang aman dan ada izin diperbolehkan melakukan trail run di sana.

2. Siapkan peralatan trail run yang memadai

5 Tips Trail Run Buat Pemula, Jangan Asal Lari Bro!ilustrasi trail run (unsplash.com/Luke Baum)

Berikutnya adalah kalian perlu menyiapkan perlengakapan yang dibutuhkan secara memadai. Gunakan sepatu khusus trail run, karena sepatu ini biasanya memiliki grip yang lebih baik ketika berada di medan tanah dan bebatuan dibandingkan sepatu lari biasa.

Usahakan kenakan pakaian yang ringan dan cepat kering agar tidak membuat berat saat berlari. Kalian juga bisa menggunakan perlengkapan tambahan seperti manset, topi, kacamata atau kompas.

3. Bawa perbekalan yang cukup

5 Tips Trail Run Buat Pemula, Jangan Asal Lari Bro!ilustrasi trail run (unsplash.com/Brian Erickson)

Karena trail run membutuhkan kinerja fisik yang tinggi maka perlu asupan energi yang cukup agar kalian tidak lemas atau bahkan pingsan. Usahakan bawa makanan dan minuman secukupnya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, sesuaikan dengan jarak yang bakal kalian tempuh.

Kalin cukup membawa snack, atau suplemen energi dan air minum dengan elektrolit tinggi agar cairan tubuhmu cepat tergantikan. Atur dengan baik kapan kalian harus makan kapan harus minum dan jangan habiskan makanan dan minuman di awal perjalanan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Perlengkapan Ultralight Hiking, Jangan Asal Bawa!

4. Lakukan pemanasan sebelum trail run

5 Tips Trail Run Buat Pemula, Jangan Asal Lari Bro!ilustrai pemanasan (unsplash.com/Fortune Vieyra)

Satu langkah penting yang perlu kalian lakukan sebelum trail run adalah melakukan pemanasan. Karena medan yang kalian lalui didominasi oleh jalanan menanjak maka kinerja otot kaki akan lebih besar daripada lari pada biasanya.

Kalian bisa melakukan pemanasan di pintu masuk atau basecamp awal pendakian selama 10-15 agar otot-otot kalian bisa merenggang dengan baik dan kalian terhindar dari cedera ataupun kram. Selain pemanasan, pendinginan juga sebaiknya kalian lakukan pasca berlari agar kaki kalian tidak pegar-pegal.

5. Perhatikan teknik berlari yang benar

5 Tips Trail Run Buat Pemula, Jangan Asal Lari Bro!ilustrasi trail run (unsplash.com/Hendrik Morkel)

Terakhir adalah perhatikan teknik berlari kalian. Jangan tergesa-gesa dan terobsesi untuk cepat sampai di puncak atau lokasi yang kalian hendak tuju. Lakukan langkah kecil-kecil namun konsisten, hal itu sangat membantu mengatur ritme detak jantung agar tidak mudah terengah-engah.

Selain itu, kalian juga bisa mengayunkan kedua tangan kalian agar menambah kesimbangan saat berlari dan menjaga tatapan mata untuk selalu fokus ke depan. Jangan memaksa untuk terus berlari ketika kalian sudah merasa sangat capek, ketahuilah porsi fisik kalian agar hal-hal buruk tidak terjadi.

Itulah tips trail run bagi pemula yang bisa kalian terapkan. Usahakan jangan melakukan trail run secara mandiri ketika kalian seorang pemula, pastikan kalian di dampingi teman atau instruktur yang berpengalaman. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya