Comscore Tracker

Khusus Pria, 5 Hal Ini Akan Jadikan Kamu Sosok Alpha dalam Komunitas

Pemimpin itu bertanggung jawab dengan orang-orang sekitarnya

Pria alpha merupakan sosok pria yang dapat menjadi andalan dalam memimpin diri sendiri, maupun memimpin sebuah komunitas. Pria alpha biasanya mendominasi, namun dalam konteks yang positif. Kebanyakan, sosok ini dapat diandalkan mana kala terjadi sebuah krisis.

Banyak yang percaya bahwa karakter alpha itu bawaan sejak lahir. Namun tidak sedikit pula yang menganggap bahwa untuk menjadi seorang pria alpha, dibutuhkan latihan dan penguasaan diri terhadap lingkungan. Dengan kata lain, karakter aplha sebetulnya bisa dibentuk oleh semua orang.

Nah, bagi kamu pria yang mendambakan karakter alpha dalam diri kamu, lima hal ini dapat kamu lakukan sebagai latihan pembentukan karakter lelaki alpha. Apa saja?

1. Belajar bertanggung jawab dari hal yang paling kecil

Khusus Pria, 5 Hal Ini Akan Jadikan Kamu Sosok Alpha dalam KomunitasUnsplash/Linh Pham

Menumbuhkan sikap alpha memang tidak mudah, dibutuhkan perjuangan yang harus kamu lakukan sejak dini, diantaranya adalah bertanggung jawab terhadap hal-hal kecil sekalipun.

Biasanya karakter aplha tidak meninggalkan tugas dan tanggung jawabnya, sekalipun tugas tersebut terlihat remeh atau sepele. Ia sadar bahwa jika ia tidak sanggup mengatasi hal kecil, maka ia gak akan pernah bisa maju untuk meraih hal yang besar.

Jadi, jika kamu ingin menjadi lelaki alpha, maka belajarlah untuk bertanggung jawab dari hal-hal yang nampak sepele terlebih dahulu, minimal kamu harus bertanggung jawab terhadap diri kamu sendiri.

2. Berani bertindak saat yang lainnya takut

Khusus Pria, 5 Hal Ini Akan Jadikan Kamu Sosok Alpha dalam KomunitasUnsplash/Mubariz Mehdizadeh

Berani ambil sikap dalam kondisi yang dinilai tidak memungkinkan, juga merupakan karakter alpha yang bisa kamu tumbuhkan dalam lingkunganmu. Di saat yang lain jatuh dalam kebimbangan, di situlah kamu harus berani menjadi pembeda.

Tentu saja tindakan yang kamu ambil juga bukan tindakan gegabah yang justru akan menambah runyam situasi. Tindakan ini sudah harus kamu pikirkan matang-matang dan kamu memang tahu akan konsekuensi dari tindakanmu ini.

3. Menghormati dan melindungi orang yang kamu sayang

Khusus Pria, 5 Hal Ini Akan Jadikan Kamu Sosok Alpha dalam KomunitasUnsplash/Alex Boyd

Jika kamu ingin mengembangkan karakter alpha dalam diri kamu, kamu harus belajar untuk menghormati dan melindungi orang-orang yang kamu sayang. Bisa keluarga kamu, teman-teman kamu, kekasih kamu, dan lain-lain yang memang pantas untuk kamu hormati dan lindungi.

Jika kamu bisa menghormati mereka, mereka juga akan menghormati kamu. Saling menghormati adalah sikap respek yang sudah ditanamkan pria-pria alpha sejak zaman dulu kala.

Baca Juga: 19 Karakteristik Alpha Male yang Wajib Tahu, Kamu yang Mana Nih Bro?

4. Menepati janji

Khusus Pria, 5 Hal Ini Akan Jadikan Kamu Sosok Alpha dalam KomunitasUnsplash/Warren Wong

Jika kamu belajar untuk menjadi pribadi alpha, maka kamu jangan terlalu sering mengumbar janji yang gak bisa kamu tepati. Belajarlah untuk menepati janji, mulai dari hal terkecil dahulu, misalnya datang tepat waktu, tidak suka membatalkan acara secara sepihak, dan sebagainya.

Jika dalam hal kecil bisa selalu kamu tepati, maka orang-orang di sekitarmu akan percaya dan menganggapmu sebagai laki-laki yang gak hanya "omong doang". Kalau memang kamu tahu bahwa kamu sulit untuk menepatinya, sebaiknya kamu jangan berjanji, karena janji yang tak kamu lunasi itu akan membuat kecewa banyak orang.

5. Berani minta maaf jika salah

Khusus Pria, 5 Hal Ini Akan Jadikan Kamu Sosok Alpha dalam KomunitasUnsplash/Austin Distel

Salah satu sikap wibawa dari seorang alpha adalah sikap yang mau mengakui kesalahan dan meminta maaf, bahkan jika itu harus dilakukan di depan banyak orang. Pria alpha gak akan gengsi untuk meminta maaf, karena ia sadar bahwa ia salah.

Ia sadar bahwa di dunia ini gak ada manusia yang sempurna. Dan dengan mengakui kesalahan, pria alpha dapat mengintrospkesi dirinya sendiri. Nah, jika kamu ingin menjadi pribadi alpha, jangan lari dari kesalahanmu. Kamu harus berani meminta maaf untuk semua kesalahan yang telah kamu buat.

Itulah lima hal yang dapat membantumu membentuk karakter alpha. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi lelaki alpha?

Baca Juga: Dominan dalam Kehidupan Sosial, 5 Zodiak Ini Cocok Disebut ‘Alpha Male’

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You