Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Gitar Fender, Penciptanya Gak Bisa Main Gitar!

Pencinta gitar Fender wajib tahu

Pencinta musik mana yang gak tau gitar Fender, baik itu stratocaster atau telecaster? Gitar yang menjadi salah satu gitar ikonik di dunia musik ini cocok dimainkan dalam berbagai macam jenis musik berkat karakter suaranya yang serba bisa.

Sejak diperkenalkannya pertama kali pada tahun 1954 silam. Ternyata gitar Fender ini mempunyai fakta unik di baliknya, lho. Penasaran? Simak ulasannya di artikel ini sampai habis ya!

1. Penciptanya gak bisa bermain gitar

5 Fakta Menarik tentang Gitar Fender, Penciptanya Gak Bisa Main Gitar!Leo Fender (id.pinterest.com/Getty Images)

Sang pencipta Leo Fender tidak pernah bisa bermain gitar bahkan sampai akhir hidupnya. Leo menciptakan gitar ini bergantung pada jaringan musisi lokal di California Selatan untuk memberikannya umpan balik tentang gitar buatannya yang revolusioner itu.

Leo juga menciptakan Fender Custom Shop yang secara regular melakukan konsultasi dan kolaborasi dengan beberapa nama besar dalam dunia gitar dan bass saat mereka mengeluarkan gitar/bass yang dirakit secara khusus dan didedikasikan untuk para musisi yang berkolaborasi.

2. Dipopulerkan oleh Hank Marvin yang namanya sering dilupakan

5 Fakta Menarik tentang Gitar Fender, Penciptanya Gak Bisa Main Gitar!Hank Marvin (id.pinterest.com/Getty Images)

Saat peran Fender di antara musisi rock Inggris mulai membesar, ada satu nama gitaris yang sering hilang dari daftar musisi gitar Fender yaitu Hank Marvin. Ia merupakan seorang gitaris yang dihormati pada era awal musik rock di Inggris.

Fender bahkan mengeluarkan gitar khusus Hank Marvin dengan model stratocaster. Marvin, yang kini telah berusia 80 tahun, telah tinggal di Australia selama berpuluh-puluh tahun dan melanjutkan predikatnya sebagai legenda awal gitar Fender.

3. Fender lebih berharga dibandingkan New York Yankees pada masanya

5 Fakta Menarik tentang Gitar Fender, Penciptanya Gak Bisa Main Gitar!Gitar Fender Stratocaster (id.pinterest.com/Nee Yoo)

Saat CBS membeli perusahaan yang didirikan Leo Fender pada tahun 1965 ini, mereka harus mengeluarkan uang sebesar 13 juta USD atau sekitar dua juta lebih mahal dari jumlah dibutuhkan untuk membeli klub New York Yankees saat itu.

Sayangnya, pembelian ini diiringi dengan menurunnya penjualan Fender. CBS tidak terlalu memahami bisnis gitar atau instrumen musik secara umum. Perubahan besar yang dilakukan CBS pada produk premiumnya pun kurang dapat diterima oleh para penggemar Fender pada saat itu.

Namun, setelah bertahun-tahun diremehkan oleh penggemar Fender, banyak gitar dan khususnya amplifier dari era CBS justru meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir di pasar barang bekas.

Baca Juga: 9 Alat Musik Petik Tradisional yang Menarik untuk Dipelajari

4. Stratocaster seri pertama dipakai musisi Pink Floyd

5 Fakta Menarik tentang Gitar Fender, Penciptanya Gak Bisa Main Gitar!Gitar seri 0001 (id.pinterest.com/Christie's)

Bagi pencinta musik, nama David Gilmour dari Pink Floyd pasti sudah gak asing lagi terdengar. Sipa sangka, David menjadi gitaris yang beruntung memiliki gitar Fender Stratocaster dengan nomor seri 0001.

Namun, seri ini buka Strat pertama yang dibuat oleh Fender. Gitar Fender Stratocaster pertama diberi nomor "0100" dan diproduksi pertama kali pada April 1954, menurut ahli gitar klasik George Gruhn. Sebelumnya memang ada beberapa rupa gitar Stratocaster, tapi inilah model pertama dengan nomor seri.

5. Nama Stratocaster bukan diciptakan oleh Leo Fender

5 Fakta Menarik tentang Gitar Fender, Penciptanya Gak Bisa Main Gitar!Gitar Fender Stratocaster (id.pinterest.com/lex)

Don Randall, ahli pemasaran Fender, adalah orang yang memberikan nama Stratocaster. Bekerja sebagai seorang pilot dan penggemar dunia dirgantara, Don Randall mencetus nama Stratocaster yang dipercaya sebagai bentuk penghargaannya terhadap teknologi pesawat terbang.

Nah, itu dia 5 fakta unik mengenai gitar Fender yang mungkin belum kamu tahu. Menarik banget kan? Bisa jadi masih banyak hal unik lainya dari gitar satu ini, kalau ada bisa komen di bawah ini, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Senar Gitar Akustik Biar Gak Salah Beli, Apa Saja?

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya