Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Nuansa Hati supaya Selalu Mengarah ke Hal Positif

Nuansa hati adalah proses kepekaanmu terhadap sesuatu

Hati yang tenang dan damai menunjukkan bahwa seseorang bisa berbahagia dalam segala suasana. Sekalipun, dirinya sedang dilanda kesedihan, akan tetap ada sisi untuk bangkit dan kembali menemukan pintu kebahagiaannya. Inilah sebabnya, hati perlu kamu jaga nuansanya.

Nuansa hati merupakan proses kepekaanmu terhadap sesuatu, entah itu tentang diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jika, kamu ingin berbahagia, berupayalah untuk selalu menjaga nuansa hatimu, dan tentu saja arahkanlah ke hal-hal yang positif. Nuansa hati yang positif, mampu memberikanmu energi yang sama positifnya.

Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk selalu menjaga nuansa hati, agar senantiasa positif sepanjang hari. Check this out!

1. Mulai harimu dengan selalu bersyukur 

5 Tips Menjaga Nuansa Hati supaya Selalu Mengarah ke Hal PositifIlustrasi bersyukur (Unsplash/nate_dumlao)

Mensyukuri segala hal yang ada dan yang kamu rasakan adalah salah satu tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga nuansa hati, supaya kepekaannya selalu mengarah ke hal yang positif saja. Wajar jika suatu saat ada hal negatif yang kamu rasakan, karena sebagai bentuk kewaspadaan diri terhadap apa yang sedang dihadapi.

Nah, membiasakan diri mengawali hari dengan kegiatan bersyukur, ternyata itu mampu menumbuhkan energi positif dalam dirimu. Hal tersebut disebabkan nuansa hatimu peka terhadap segala sesuatu, tapi dengan mengarahkannya ke hal yang positif saja. Oleh karena itu, teruslah bersyukur terhadap apa pun situasi dan kondisi yang sedang kamu hadapi.

2. Perbaiki pola tidurmu 

5 Tips Menjaga Nuansa Hati supaya Selalu Mengarah ke Hal Positifilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidur yang berkualitas juga berpengaruh terhadap nuansa hatimu. Maka, untuk menjaganya agar selalu mengarah ke hal yang positif, cobalah perbaiki lagi pola tidurmu. Penting sekali untuk mengatur jadwal tidur yang cukup setiap harinya, jangan terbiasa tidur larut malam, sebab paginya kamu akan merasa kurang berenergi.

Tidurlah 7-8 jam per harinya, supaya badan, hati dan pikiranmu segar. Dengan begitu, nuansa hati pun bisa selalu positif setiap hari. Hindari bermain media sosial di saat kamu akan tidur, sebab kebiasaan tersebut bisa membuatmu lupa waktu, dan mengakibatkan dirimu menjadi bergadang.

3. Luangkan waktu untuk berolahraga 

5 Tips Menjaga Nuansa Hati supaya Selalu Mengarah ke Hal PositifIlustrasi olahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berkegiatan fisik juga menjadi tips berikutnya untuk menjaga nuansa hati. Seseorang yang rutin berolahraga, suasana hatinya lebih terjaga kestabilannya. Sebab, setelah berolahraga, selain badan menjadi semakin segar, hati dan pikiran juga bisa kian tenang, dan sangat memungkinkan membuatmu berbahagia.

Bagi kamu yang berkesibukan padat, berolahraga justru menjadi kegiatan yang perlu kamu masukkan ke dalam jadwal harianmu. Percayalah, itu tak akan membuang waktu, malah dengan rutin berolahraga, kamu menjadi semakin produktif nantinya. Sebab, badan terasa bugar, hati dan pikiran tenang, sehingga untuk bekerja maupun berkegiatan lainnya, kamu semakin fokus dan bertenaga.

Baca Juga: 5 Karakter Pria Berdasarkan Hewan Peliharaannya, Kamu yang Mana?

4. Biasakan diri untuk gak membesarkan segala jenis permasalahan 

5 Tips Menjaga Nuansa Hati supaya Selalu Mengarah ke Hal Positifilustrasi dua pria sedang berbincang (unsplash.com/ann_van_)

Tips berikutnya yang bisa membantumu dalam menjaga nuansa hati, agar selalu mengarah ke hal positif yaitu, dengan membiasakan diri untuk gak membesarkan segala jenis permasalahan. Menghadapi masalah bisa menguras energi dan memengaruhi suasana hati, sehingga ketika kamu menghadapi suatu permasalahan, janganlah terus memikirkan dan membesarkannya.

Sikapilah semuanya secara dewasa dan bijaksana. Permasalahan memang harus dihadapi, tapi pasti selalu ada cara untuk menemukan solusinya, bukan malah membesarkannya. Jika kamu kurang bijak dalam menyikapi permasalahan, maka nuansa hati akan tetap peka, tapi dengan mengarah ke sesuatu yang cenderungnya negatif.

5. Hilangkan perasaan iri dan dengki yang ada di dalam diri 

5 Tips Menjaga Nuansa Hati supaya Selalu Mengarah ke Hal Positifilustrasi orang merasa iri terhadap keberhasilan orang lain (pexels.com/Mikhail Nilov)

Nuansa hati juga berkaitan dengan apa yang ada di dalam dirimu. Apabila masih ada perasaan iri dan dengki, maka nuansa hatimu bisa mengarah ke hal negatif. Tentu saja, itu gak baik untuk perkembangan diri dan kehidupan yang kamu jalani. Tak hanya merugikan diri sendiri, bahkan orang lain yang ada di sekitarmu juga bisa terkena dampak negatifnya.

Jagalah nuansa hati agar selalu peka ke hal yang positif saja. Berusahalah menghilangkan sifat iri dan dengki kepada orang lain. Sebab, sifat buruk tersebut mampu membuat nuansa hati kian negatif. Jadilah pribadi yang rendah hati, supaya kamu tak lagi iri dan dengki. Ketika melihat orang lain berbahagia, jangan pernah cemburu dengan apa yang didapatkannya. Sebab, pasti ada perjuangan yang telah dilakukannya. Jika, kamu juga ingin berbahagia, lebih baik berjuanglah juga, supaya kamu pun mendapatkan kebahagiaan yang terbaik untukmu.

Semua membutuhkan proses, jika dalam tahap penerapannya, ada hal-hal yang masih terasa berat dilakukan. Tetaplah berusaha sesuai dengan kemampuanmu. Seiring berjalannya waktu, semua bisa kamu terapkan di dalam hidupmu. Dari nuansa hati yang selalu kamu jaga kebaikannya tersebut, mampu memberikan rasa bahagia dan menjauhkan diri dari hati yang penuh kegalauan.

Baca Juga: 5 Karakter Pria dari Cara Memakai Jam Tangan, Tim Kanan atau Kiri?

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya