Comscore Tracker

Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaat

Sebaiknya harus diawasi oleh orang yang profesional

Parkour merupakan salah satu kegiatan atau olahraga ekstrem yang cukup populer selama ini. Banyak dari kalangan anak muda hingga orang dewasa mencoba mempraktikkan aksi bermain parkour, dan mengunggahnya ke media sosial. Walaupun tergolong olahraga yang cukup berbahaya, ternyata parkour juga bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental, lho!

Olahraga parkour memiliki berbagai macam gerak, seperti gerakan berlari, melompat, berguling, memanjat, bergelantungan dan beberapa jenis gerakan lainnya yang dapat memacu adrenalin. Penasaran, apa sajakah manfaat melakukan gerakan parkour ini untuk kesehatan tubuh dan mental kita? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Melatih mental seseorang agar lebih percaya diri dan mempunyai keberanian yang kuat

Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaatilustrasi parkour dapat meningkatkan keberanian (pexels.com/Mary Taylor)

Olahraga parkour dituntut untuk selalu bergerak aktif, berlari, memanjat, berguling, berputar di udara, serta bergelantungan di tempat yang sedikit berbahaya. Biasanya, olahraga ini sering dilakukan di lokasi yang cukup tinggi seperti area gedung, taman, pagar pembatas, di gunung maupun di tempat gym.

Dengan melakukan gerakan parkour, dapat membantu melatih mental dan keberanian kamu saat melewati berbagai rintangan. Bagaimana, tertarik untuk mempelajarinya? Disarankan melakukan olahraga ini di bawah pengawasan orang yang lebih profesional, ya!

2. Dapat menambah massa otot dan membuat tubuh lebih sehat

Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaatilustrasi parkour dapat menambah massa otot (pexels.com/Pixabay)

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, olahraga parkour menggunakan anggota tubuh untuk berlari, melompat, melayang serta gerakan lainnya yang melibatkan seluruh aktivitas dan kerja otot. Hal ini akan membuat otot lebih banyak berkontraksi dan mempercepat proses pembakaran kalori di dalam tubuh, sehingga dapat menyehatkan organ jantung dan paru-paru. Selain itu, olahraga ini juga dapat menambah massa otot.

Nah, buat kamu yang menginginkan bentuk tubuh yang proporsional, olahraga ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

3. Mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat seseorang

Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaatilustrasi parkour dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus (pexels.com/Mary Taylor)

Olahraga parkour dimainkan di lokasi yang sedikit sulit dan berbahaya. Melakukan gerakan parkour ini, akan menuntut kamu untuk tetap berkonsentrasi penuh dan memiliki daya ingat yang cukup tinggi, karena harus melewati berbagai macam medan dan rintangan.

Selain itu, parkour juga dapat melatih keseimbangan dan koordinasi antara otak dan anggota tubuh. Buat kamu yang masih pemula yang ingin bermain parkour, disarankan melakukan gerakan yang sederhana dan tidak terlalu berbahaya. Selain itu, harus mementingkan keselamatan juga, ya!

Baca Juga: 5 Hobi Pria yang Bisa Memukau Perempuan, Jadi Daya Tarik!

4. Mampu menciptakan kreativitas dan ide-ide baru 

Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaatilustrasi parkour dapat meningkatkan kreativitas (unsplash.com/Todd Kent)

Nah, ternyata parkour juga dapat mengasah kreativitas kamu lho. Misalnya, kamu seorang kreator media sosial dan juga ahli bermain parkour. Kamu bisa kok membuat konten seputar kegiatan yang berkaitan dengan olahraga ini. Di antaranya, kamu juga bisa memberikan edukasi dan tips-tips cara melakukan gerakan parkour kepada orang lain.

Selain mengasah keterampilan fisik, hal ini juga dapat mengasah keterampilan kamu dalam mengekspresikan ide-ide baru. Menarik, bukan?

5. Lebih dekat dengan orang lain dan mengurangi perilaku antisosial 

Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaatilustrasi parkour dapat mengurangi kecenderungan anti sosial (pexels.com/Wallace Chuck)

Tahukah kamu, olahraga parkour juga dapat membuat seseorang lebih sering berinteraksi dengan orang lain lho. Misalnya, kamu mempraktikkan gerakan parkour ini di taman. Kamu akan merasa pede dan percaya diri saat melakukan aksimu yang dilihat oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan komunitas parkour lainnya. Hal ini dapat mengurangi kencenderungan antisosial yang sering terjadi kepada anak-anak muda sekarang.

Itulah 5 manfaat melakukan olahraga parkour untuk kesehatan fisik dan mental. Buat kamu yang tertarik dengan olahraga ekstrem ini, sebaiknya harus dilakukan bersama dengan orang yang ahli ya, agar tak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing." || Instagram: @ffz_23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya