Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Sulit dalam Mendapatkan Pekerjaan, Perhatikan! 

Hal yang membuat kamu sulit mendapatkan pekerjaan impianmu

Mendapatkan pekerjaan merupakan sebuah cara untuk kita dapat tetap bertahan dalam kehidupan ini. Dengan bekerja kita akan mendapatkan upah atas apa yang telah kita lakukan dan bersamaan dengan hal itu kita akan mendapatkan bayaran yang sesuai dengan apa yang telah disepakati sebelumnya.

Mendapatkan pekerjaan yang baik dan upah yang besar, tentu merupakan semua idaman dan impian semua orang yang ingin bekerja dalam bidang yang sesuai dengan keahlian dan hidup mapan dengan penghasilan yang dimiliki selama ini.

Kenyataannya, tidak semua orang seberuntung itu dan terkadang ada beberapa pencari pekerjaan yang tidak hanya sulit dalam mendapatkan pekerjaan, tetapi tidak kunjung diberi pekerjaan meski semua usaha telah dilakukan dengan kerja keras. Dan, beberapa penyebab kamu sulit untuk mendapatkan pekerjaan adalah seperti di bawah ini.

1. Kurangnya motivasi

5 Penyebab Kamu Sulit dalam Mendapatkan Pekerjaan, Perhatikan! ilustrasi stres (pexels.com/Kelly Lacy)

Sebuah perusahaan biasanya akan mencari seseorang dengan motivasi yang kuat. Itu semua mereka lakukan supaya orang yang nantinya bekerja untuk perusahaan bisa terus meningkatkan kemampuan dirinya dan memberikan kemajuan untuk perusahaan, baik itu dari segi keuntungan maupun untuk kinerja perusahaan agar membaik setiap bulannya.

Kurangnya motivasi akan membuat beberapa perusahaan merasa enggan untuk memberikanmu kesempatan. Mereka juga merasa bahwa memberikanmu pekerjaan akan membuat tidak adanya perubahan yang berarti baik untuk sekarang maupun untuk ke depannya nanti.

2. Kurangnya pengalaman

5 Penyebab Kamu Sulit dalam Mendapatkan Pekerjaan, Perhatikan! Ilustrasi pria kerja(pexels.com/Thirdman)

Kurangnya pengalaman akan membuat kamu kurang diperhitungkan beberapa perusahaan untuk dapat memberikan kontribusi yang baik ke depannya. Pengalaman merupakan faktor yang penting jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan baik itu perusahaan yang besar maupun masih dalam skala kecil sekalipun.

Dengan pengalaman yang baik dan luas, sebuah perusahaan biasanya akan memberikan kamu kesempatan karena dianggap dapat melakukan apa yang telah menjadi kesepakatan sebelumnya. Dan, perusahaan tidak perlu takut kamu akan melakukan kesalahan yang besar karena pengalaman dalam bekerja yang telah kamu dapatkan sebelumnya.

3. Tidak percaya diri

5 Penyebab Kamu Sulit dalam Mendapatkan Pekerjaan, Perhatikan! Ilustrasi pria di tempat kerja (pexels.com/tiger-lily)

Percaya diri haruslah ada dalam setiap diri manusia, dengan merasa percaya diri kamu akan lebih termotivasi untuk dapat melakukan hal yang lebih baik setiap harinya. Percaya diri membuat kamu tampil prima dan akan selalu memberikan yang terbaik sehingga akan memberikan sinyal yang positif terkait dengan pekerjaanmu selama ini.

Perusahaan biasanya akan merasa terganggu dengan seorang karyawan yang tidak percaya dengan kemampuan dirinya. Percaya akan keahlian dan kemampuan diri sendiri akan membuat seseorang dengan mudah melaksanakan semua tugas yang diberikan dengan sempurna dan itu akan membuat kamu terlihat baik di mata perusahaan tempat kamu bekerja selama ini.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kita Melakukan Pekerjaan Baru dengan Baik

4. Terlalu fokus pada uang

5 Penyebab Kamu Sulit dalam Mendapatkan Pekerjaan, Perhatikan! ilustrasi seseorang memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam mencari pekerjaan, beberapa orang terlalu fokus pada uang. Sehingga, melupakan bahwa terlalu fokus pada uang akan membuat mereka melupakan apa yang disebut dengan kesempatan emas untuk bekerja di sebuah perusahaan yang bagus dan baik untuk karir mereka ke depannya nanti.

Fokuslah pada pengalaman dan uang akan datang dengan sendirinya. Jangan biarkan fokusmu akan mengalihkan dirimu dari tujuan sebenarnya, yaitu untuk dapat bekerja di perusahaan yang  bisa membuatmu menjadi pribadi seorang pekerja keras dan mempunyai aura positif yang dibutuhkan oleh perusahaan selama ini.

5. Tidak mau belajar hal baru

5 Penyebab Kamu Sulit dalam Mendapatkan Pekerjaan, Perhatikan! ilustrasi seorang karyawan(pexels.com/valeriaboltneva)

Perusahaan biasanya akan mencari karyawan yang mau terus belajar dan mengembangkan dirinya. Hal itu agar bisa memberikan hal yang positif untuk perusahaan. Dan, karyawan yang mau terus belajar hal baru akan memberikan sesuatu kepada perusahaan, entah itu ide baru, maupun sebuah pengalaman yang baik dalam perkembangan karier dan kemajuan perusahaan untuk ke depannya nanti.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa kamu sulit untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Menjadi pribadi yang dapat diandalkan dan merupakan seseorang yang jujur apa adanya, akan memberikan nilai baru untuk kamu dapat menjadi seseorang yang bisa diberikan pekerjaan yang sesuai dan tentu saja akan berdampak baik untuk kehidupanmu ke depannya

Baca Juga: 5 Tips Sukses pada Pekerjaan Pertama Menurut Ahli

febi wahyudi Photo Verified Writer febi wahyudi

Seorang pecinta alam dan menyukai dunia menulis serta membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya