Comscore Tracker

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke Pasangannya

Siapa yang pernah kayak gini? #IDNTimesMen

Permintaan maaf itu memiliki kekuatan yang luar biasa. Dengan meminta maaf orang bisa memperbaiki perpecahan, mengurangi stres dalam hubungannya, dan menghilangkan dendam satu sama lain. Hasilnya, sebuah hubungan akan tetap awet jika bisa saling memaafkan. Saling memaafkan itu penting dalam sebuah hubungan.

Yang menjadi masalahnya, kebanyakan cowok justru tak ingin untuk meminta maaf. Terkadang pasangan mereka terus menunggu para cowok untuk mengucapkan kata maaf. Namun, para cowok biasanya seakan bisu dengan kata maaf.

Ini bukan tanpa alasan sih. Simak hal-hal yang bikin mengapa cowok sulit mengucapkan maaf ke pasangannya.

1. Tidak mau dianggap salah 

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke PasangannyaIlustrasi pria (ndvlaw.com)

Ketika cowok meminta maaf dia akan merasa bahwa dia salah dan dia melakukan kesalahan. Karenanya, dia akan mulai beranggapan kalau dengan bersalahnya dia, entah bagaimana dia menjadi rendah dalam beberapa hal. Dan hal ini lah yang membuatnya tak ingin meminta maaf. Cowok tidak ingin dianggap sebagai orang yang bersalah.

2. Cowok berpikir tidak semua masalah perlu permintaan maaf

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke PasangannyaIlustrasi pria (motionarray.com)

Dalam beberapa hal, cowok tanpa segan-segan akan langsung meminta maaf dan mengakui kesalahannya. Hanya saja para cowok biasanya memiliki “batasan yang lebih tinggi” untuk hal-hal yang baginya adalah keadaan yang menuntutnya untuk mengatakan maaf.

Jadi, jika seorang cowok tidak meminta maaf kemungkinannya adalah dia tidak menganggap kondisi itu sebagai kondisi yang menuntutnya untuk meminta maaf.

3. Perbedaan cara pandang cowok terhadap permintaan maaf 

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke PasangannyaIlustrasi pria (freepik.com/wayhomestudio)

Cowok dan cewek memiliki perbedaan pandangan mengenai bagaimana seharusnya meminta maaf. Cewek pada umumnya cenderung untuk meminta maaf atas segalanya.

Beda halnya dengan para cowok. Cowok melihat bahwa dengan meminta maaf atas segalanya bahkan hal yang tidak penting, itu kelihatan bodoh. Mereka tidak ingin terlihat seperti itu. Hal ini pula bisa menjadi alasan sebagian cowok enggan untuk meminta maaf.

Baca Juga: 5 Alasan Pria Enggan Mendekati Perempuan yang Disukainya

4. Meminta maaf membuat mereka merasa lemah 

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke PasangannyaIlustrasi pria (lifesavvy.com)

Sebagian cowok cenderung melihat permintaan maaf sebagai tindakan yang memalukan dan akan membuatnya kehilangan harga diri. Bagi para cowok, dengan mengakui bahwa dia melakukan kesalahan dan dia yang salah, itu akan membuat dia merasa  direndahkan di mata orang-orang yang mendengarkan permintaan maafnya.

Dan, hal itu akan membuat dia merasa lemah. Dia tidak ingin hal itu terjadi makanya dia tidak mau meminta maaf.

5. Ada beban emosional tentang meminta maaf 

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke PasangannyaIlustrasi pria (screenrant.com)

Alasan lainnya mengapa cowok sulit meminta maaf yaitu beban emosionalnya. Mungkin saja di masa lalu ada sebuah pengalaman yang membuatnya tidak mau lagi meminta maaf.

Misalnya, dia mungkin mengalami pengalaman buruk dalam hubungan masa lalu di mana dia berulang kali meminta maaf namun tidak dimaafkan, atau mungkin saja malah diabaikan permintaan maafnya. Hal ini mungkin saja terjadi.

6. Mereka percaya tindakan lebih penting dari kata-kata 

Terkadang Berat, Ini 6 Alasan Cowok Enggan Ucapkan Maaf ke PasangannyaIlustrasi pria (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang ada cowok yang tidak meminta maaf secara langsung tapi memperlihatkan permintaan maafnya melalui tindakan. Cowok seperti ini percaya tindakan lebih penting dari kata-kata. Dia mungkin memperlihatkannya dengan mencuci piring, memasak untuk pasangannya, atau memberikan bunga. Dia mencoba memperbaiki hubungan dengan pasangannya, tetapi mungkin kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya secara lisan.

Hal-hal di atas menjadi beberapa alasan mengapa cowok enggan untuk mengucapkan maaf. Mungkin saja masih ada hal lain yang menjadi alasannya. Semuanya kembali ke pribadi masing-masing cowok itu, karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Baca Juga: 8 Ciri Pria yang Memiliki Good Attitude, Apakah Kamu Memilikinya? 

Maman JR Photo Writer Maman JR

Love what you do and do what you love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya