Comscore Tracker

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya 

Karena hidup hanya sekali, Bro! #IDNTimesMen

Banyak dari kita sepertinya pernah berada di mana hidup itu kayaknya sangat rumit sehingga tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Momen ini adalah saat di mana kamu perlu berhenti sejenak, menarik napas dalam-dalam dan mulai rileks. Karena kenyataannya, kita sering banget membuat banyak hal yang sepertinya sederhana menjadi rumit.

Memang gak gampang, tetapi semua ada prosesnya untuk menuju suatu hal yang lebih baik. Intinya terus saja mencoba, agar kualitas hidup kamu membaik seiring waktu. Nah, di bawah ini ada pembahasan soal cara agar kamu bisa berhenti mempersulit hidup dan mulai benar-benar menikmati hidup. Dibaca sampai abis!

1. Kamu sedang dalam proses 

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya Ilustrasi merasa senang (unsplash.com /Noah Silliman)

Maksudnya dalam proses? Ya, kamu sedang dalam proses menjalani kehidupan dan akan selalu begitu sampai kamu meninggalkan dunia ini. Sudah waktunya kamu menerima kenyataan itu. Dan indahnya kamu tidak sendiri. Semua orang di planet ini berada di perahu yang sama.

Ingat, hanya karena kamu sedang dalam proses bukan berarti kamu tidak cukup baik.  Kamu hanya perlu berusaha untuk meningkatkan lagi dan  masih harus belajar lebih banyak.

Jadi berhenti memperumit atau mempersulit masalah karena kamu merasa tidak cukup baik. Kamu pasti cukup baik. Berhentilah membenci diri sendiri karena merasa tidak sempurna.

2. Hidup Jujur 

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya Ilustrasi jujur (unpslash.com/ taras-chernus)

Banyak orang yang mempersulit hidupnya karena memilih untuk hidup tidak normal. Hal ini tidak hanya membuat mereka terlihat buruk tetapi mereka juga merasa buruk tentang dirinya sendiri. Ketika kamu berbohong, menipu  atau menguntungkan diri sendiri dengan cara lain, kamu mempersulit diri sendiri.

Berhentilah hidup seperti ini, Bro! Cobalah hidup secara normal. Bersikaplah baik kepada orang lain dan jalani hidup dengan jujur. Berhenti mempersulit hidup dengan menjadi orang jahat. Buatlah hal-hal sederhana dengan melakukan hal-hal yang baik.

3. Berkomunikasi dengan baik 

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya Ilustrasi berkomunikasi (unsplash.com/ harli marten)

Ini mungkin salah satu cara paling signifikan untuk menghilangkan beberapa kerumitan hidup. Terlalu banyak orang menimbulkan masalah bagi diri mereka sendiri hanya karena tidak tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif.

Mereka mengatakan hal-hal yang tidak bermaksud jahat dan ini menciptakan masalah. Tidak ada yang bisa membaca pikiran, jadi jika apa yang kita katakan tidak jelas, kemungkinan akan disalahartikan dan itu akan menyebabkan masalah di kemudian hari!

Berkomunikasilah yang baik dan jelas secara teratur, kamu akan melihat betapa hal ini berdampak pada hidup dan masalah yang dapat kamu hindari.

Baca Juga: Bukan Soal Wajah Tampan, Ini 5 Tips Menjadi Pria yang Menarik!

4. Berhentilah menjadi materialistis 

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya Ilustrasi matrealistis (unsplash.com/ sharon mccutcheon)

Terlalu banyak dari kita yang didorong oleh sesuatu yang dipaksakan oleh masyarakat kepada kita bahwa kita membutuhkan lebih dari segalanya. Ingat, kuantitas tidak akan pernah menjadi seperti yang diharapkan. Kualitas selalu lebih baik daripada kuantitas.

Jadi, daripada mencoba menimbun segalanya, carilah kualitas dalam hal-hal yang ingin kamu miliki, apakah itu materi, persahabatan, atau pengalaman. Bukan sekadar angka saja. 

5. Kurangi paparan orang beracun 

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya Ilustrasi beracun (unsplash.com/ dan meyers)

Teruslah mengaudit lingkaran sosial kamu. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang cerdas, dewasa, bersemangat dan baik hati. Lalu luangkan lebih sedikit waktu dengan orang-orang yang berlawanan.

Melakukan Ini tidak berarti kamu harus menghindari orang-orang yang "beracun" sepenuhnya. Kamu hanya perlu mengurangi keterpaparan kamu kepada mereka.

Hidup ini cepat. Jika kamu menghabiskan waktu dengan orang yang salah, kamu berisiko berakhir dengan penyesalan yang serius. Selain itu, jika orang-orang ini memiliki kecenderungan beracun, kemungkinan beberapa masalah dalam hidup kamu berasal dari mereka, bukan dari diri sendiri.

6. Berhenti menunda segalanya 

6 Cara Berhenti Mempersulit Hidup Kamu Sendiri dan Mulai Menikmatinya Ilustrasi membuat jadwal (unsplash.com/kelly-sikkema)

Penundaan adalah salah satu pemicu stres terbesar yang kita bebankan pada diri kita sendiri dalam hidup. Kita tahu bahwa harus menyelesaikan sesuatu, namun terus melakukannya hingga menit terakhir. Tidak perlu mempersulit hidup. Lakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk menghilangkan penundaan sebanyak mungkin.

Buat daftar yang harus dilakukan, buat jadwal, dan tentukan tenggat waktu untuk diri kamu sendiri yang jauh di depan ketika sesuatu perlu diselesaikan. Lakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan sesuatu lebih awal.

Itu beberapa dari sekian banyak cara untuk kamu mulai berhenti mempersulit hidup kamu sendiri dan mulai menikmatinya, apa pun kondisinya. Bersyukur dan menikmati setiap keadaan akan mempermudah hidup kamu menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Sisi Positif Cowok Cuek yang Bikin Cewek Jatuh Hati

Harry Prasetyo Photo Writer Harry Prasetyo

Carpe diem, baby!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya