Comscore Tracker

5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!

Diselingkuhi bukan akhir segalanya! #IDNTimesMen

Hatimu terasa remuk redam saat melihat bukti nyata bahwa ternyata orang yang selama ini kamu cintai telah mendua atau selingkuh. Marah, sedih, tak percaya dan segala pertanyaan kenapa ini bisa terjadi atau di mana letak kesalahanmu, semua berkecamuk dalam diri.

Merasa sedih dan kecewa sangatlah manusiawi, tapi yang mesti kamu camkan, saat hatimu tersayat karena telah diselingkuhi, itu bukanlah akhir segalanya. Kamu pun bisa menyikapinya dengan cara-cara elegan tanpa drama. Berikut ini langkah yang bisa kamu ambil, Bro!

1. Tak perlu menyerang pihak ketiga

5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!Ilustrasi pertengkaran (pexels/Alex Green)

Melabrak pria yang telah merenggut pacarmu memang dapat memberimu kepuasan tersendiri. Namun, hal itu tak ada faedahnya sama sekali, Bro! 

Letakkan kesalahan pada orang yang paling bertanggung jawab, yakni pacarmu yang telah melanggar komitmen kalian untuk bersama. Bicarakan dan selesaikan dengan kepala dingin, marah boleh tapi jangan berlebihan.

2. Gak usah melindungi pasanganmu

5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!Ilustrasi selingkuh (pexels.com/@cottonbro)

Gak perlu melakukan penyangkalan atau denial dengan berusaha membela pasanganmu bahwa kesalahan yang ia perbuat bukan karena kehendaknya, melainkan karena pihak ketiga yang telah begitu berusaha menggodanya. Pasangan yang setia tak akan tergoda oleh pria lain, sebesar apa pun pesona yang dimilikinya.

Baginya, janji atau komitmen adalah hal besar yang harus dipenuhi. Bagaimana seorang perempuan mau dipercaya dan dipegang kata-katanya, jika ia dengan mudah ingkar janji. Dan, kamu pun harus menerima kenyataan dengan lapang dada, bahwa perempuan yang kamu percaya bisa memegang janjinya telah ingkar.

3. Berhenti menyalahkan diri sendiri

5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!ilustrasi pria sedang sedih (Pexels/Nathan Cowley)

It takes two to tango. Memang, pasti ada alasan kenapa seseorang bisa berselingkuh. Mungkin saja hal tersebut terjadi karena ia sudah lelah menghadapi perangaimu yang tak disukainya.

Tapi, alasan itu tak bisa dijadikan pembenaran untuk melakukan pengkhianatan dengan berselingkuh. Jadi, berhenti menyalahkan dirimu akibat perselingkuhan yang telah ia lakukan. Dialah yang secara sadar mengambil keputusan untuk melanggar komitmen, alih-alih menyelesaikan permasalahan yang sedang menerpa hubungan kalian berdua.

Baca Juga: 5 Kerugian jika Kamu Terlalu Sering Meminta Maaf, Malah Gak Bagus!

4. Jangan mengiba

5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!pixabay.com/free-photos

Okelah dia tajir, anak orang terpandang, menawan dan gak pelit ke kamu. Tapi apakah kamu yakin, semua itu sepadan dengan perbuatannya mengkhianati hubungan yang telah kalian bina.

Semenarik apa pun pasangan kamu, jangan pernah mengiba agar dia kembali kepadamu. Karena pihak yang sesungguhnya bersalah adalah dia!

Tetaplah ingat, setiap individu itu berharga, apa pun status sosialnya, bagaimanapun kondisi perekonomiannya. Sehingga, meski status sosial kamu mungkin tak setinggi dia, kamu tetap berhak mendapatkan pasangan yang mampu setia, sekaligus membuatmu bahagia.

5. Gak masalah buat 'jual mahal'

5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!Ilustrasi bahagia (pexels.com/@olly)

Jika dalam hatimu masih tersimpan perasaan sayang dan cinta meski telah diselingkuhi, dan dia pun benar-benar menyesal dan berniat memperbaiki kembali hubungan kalian berdua, gak apa-apa kok buat bersikap 'jual mahal'.

Dia harus membuktikan dengan tindakannya kalau penyesalannya adalah nyata, bukan sekadar air mata buaya. Kalau kamu gampang saja menerimanya kembali, bukan tak mungkin kejadian yang sama akan terulang.

Akan selalu ada pembelajaran di balik kegagalan dan rasa sakit. Termasuk kegagalan menjalin hubungan dan rasa sakit dari pengkhianatan.

Setelah badai berlalu dan hatimu telah kembali tenang, kamu pun bisa melihat sisi positif dari semua itu. Setidaknya kamu bersyukur telah dibukakan tabir bagaimana perilaku pasanganmu sesungguhnya sebelum kamu melangkah ke jenjang yang lebih serius. So, keep calm dan jangan galau ya, Bro!

Baca Juga: Tak Selamanya Negatif, Inilah 5 Keuntungan Jadi Pria yang Baperan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya