Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!

Jangan gak enakan menghadapi teman yang toxic #IDNTimesMen 

Sering kali, kamu gak bisa menghindari untuk berinteraksi dengan teman yang sebenarnya gak memberimu rasa nyaman. Tiap kali bergaul dengannya, selalu saja energimu seperti tersedot habis akibat sikap toxic darinya.

Hal tersebut bisa disebabkan karena selama ini kamu kurang tegas dan gak enakan, sehingga sikapnya semakin menjadi-jadi. Jika terus dibiarkan, gak baik untuk ketenangan hidupmu.

Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi teman yang toxic dan menyebalkan seperti ini. Apa saja? Baca ulasannya sampai habis!

1. Bilang terus terang padanya

5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!Ilustrasi pria berbicara (Unsplash.com/yxvi)

Terkadang, ada orang yang sikapnya toxic karena memang dia sama sekali gak mengerti kalau perilakunya itu gak disukai dan bisa membuat orang lain jadi capek. Maka dari itu, untuk menyadarkannya berkata jujur padanya adalah hal paling masuk akal.

Tentunya, kamu perlu memilih kata-kata yang tepat supaya niat baikmu untuk menyadarkan gak bikin dia tersinggung atau sakit hati. Coba cari momen yang tepat, ketika kamu dan dia sama-sama suasana hatinya lagi enak.

2. Jangan selalu available

5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!Ilustrasi memegang handphone (pexels.com/@olly)

Cara lain supaya kamu gak terus-menerus harus menghadapi tipe teman yang menyebalkan adalah memberi batasan. Selama ini, yang bikin kamu selalu diganggu, karena dirasakan kamu selalu ada untuk teman-temanmu yang toxic itu.

Cara terapkan batasan, bisa dengan menghindari selalu mengangkat langsung telepon, atau membalas langsung pesannya. Tunjukkan pada mereka, bahwa kamu juga punya kesibukan dan waktumu sangat berharga.

3. Mengalihkan pembicaraan

5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!ilustrasi teman (pexels.com/Mental Health America (MHA))

Salah satu alasan kenapa bergaul dengan teman yang menyebalkan dan bikin lelah yaitu kegemaran membicarakan hal negatif. Biasanya, seputar dengan keluhan atau masalah-masalah yang selama ini dia alami.

Bukannya kamu gak mau berempati. Tapi, masa tiap kali ngobrol selalu membahas itu. Pasti yang mendengarkan capek juga kali!

Cara mengatasinya, coba alihkan pembicaraan ke hal-hal positif yang dia juga suka. Entah itu film, tingkah lucu artis, hobinya dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Tipe Pria yang Suka Menunda Pekerjaan, Semua Punya Alasannya!

4. Berlaku tegas padanya

5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!Ilustrasi pria tegas (Unsplash.com/Icons8 Team)

Ada kalanya walaupun sudah berusaha mengalihkan, tapi dia bandel, atau sulit juga berubah dan tetap saja yang diceritakan keluhan lagi. Nah, saatnya kamu berlaku lebih tegas padanya. Bicara terus terang, kalau kamu gak siap mendengarkan masalahnya, karena kamu pun sedang menghadapi banyak masalah juga.

Bukannya egois, mendengarkan keluhan di kala mentalmu juga sedang breakdown, itu bisa bikin kamu semakin tertekan. Langsung aja bilang sama dia!

5. Menjaga jarak darinya

5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!Ilustrasi pria (unsplash.com/@andrewtneel)

Bila semua cara sudah berusaha kamu lakukan, tapi dia tetap seperti itu. Maka, kamu perlu jaga jarak. Gak perlu mengawali percakapan, kalau dia belum memulai. Atau, hindari ikutan nimbrung kalau dia sedang ngobrol dengan yang lain. Karena kamu sudah tahu, bahasannya gak lain dari topik yang bikin kamu capek.

Walau jaga jarak, tapi bukan berarti kamu memusuhi, ya. Tetap bersikap baik dengannya. Kalau dia merasa kesal dengan sikapmu yang menjauh dan malah memusuhimu, itu sih masalahnya. Malah kamu bersyukur deh, sudah ‘terbuang’ dari lingkaran pertemanannya yang bikin lelah mental.

Menghadapi teman yang melelahkan, gak perlu gak enakan. Karena kamu punya hak untuk memiliki hidup yang tenang. Dan tipe orang toxic biasanya gak berpikir bagaimana perasaan orang lain. Fokusnya hanya pada kenyamanannya semata. Jadi, jangan terus dipendam, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pria yang Bisa Bikin Terlihat Lebih Tua  

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya