Comscore Tracker

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!

Baper gak menyelesaikan masalah, mending introspeksi yuk!

Dicuekin saat kamu sedang berbicara itu gak mengenakkan banget, Bro. Penyebabnya bisa terletak pada lawan bicara, bisa pula karena masalah internal dirimu.

Apabila kejadian ini sering kamu alami, gak perlu misuh-misuh. Baper gak akan menyelesaikan masalah. Mending kita introspeksi aja yuk. Kita-kira penyebabnya apa aja sih yang bikin kamu dicuekin. Simak pembahasannya sampai bawah!

1. Waktu

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi cowok ngobrol (Pexels/Athena)

Orang cuekin kamu, bisa jadi bukan karena malas ngobrol, tapi timing-nya aja yang kurang tepat. Karena itu, kalau kamu mau ngobrol, lihat dulu situasinya.

Jika dia memang sedang sibuk, ya jangan maksain. Yang ada, kamu malah dicuekin. Tunggu sampai dia santai, baru kamu ajak ngobrol. Ajak ngobrol dengan topik yang tidak berat untuk mengawali pembicaraan.

2. Topik pembicaraan

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi ngobrol (Unsplash/Christin Hume)

Topik yang kamu pilih saat ngobrol juga berpengaruh lho! Dapat mengundang minat orang lain, atau malah sebaliknya, bikin kamu dijauhi.

Hindari topik-topik sensitif saat berbincang di tempat kerja, seperti topik politik atau agama. Kecuali teman yang kamu ajak ngobrol, semuanya memiliki minat yang sama dengan topik tersebut. Tapi kalau lawan bicaranya heterogen, pilih topik yang ringan-ringan saja.

3. Suasana hati lawan bicara

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi pria ngobrol (Unsplash/Lilibeth Bustos Linares)

Kamu harus peka juga terhadap mood atau suasana hati lawan bicaramu. Bila mood-nya terlihat sedang gak bagus, jangan langsung ajak ngobrol. Gak semua orang bisa mempertahankan untuk bermanis muka dan bersikap seolah tidak apa-apa ketika mood-nya sedang drop.

Coba dekati dulu, tanyakan apakah ada masalah. Kalau memang ingin curhat, bisa curhat ke kamu. Tapi kalau memang gak berniat bicara, berikan dia waktu untuk menyendiri. Kamu gak perlu tersinggung, karena tiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menangani emosinya.

Baca Juga: Bikin Capek, Ini 5 Tips Menghadapi Teman yang Keras Kepala 

4. Sombong

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi pria sombong (Freepik.com/kues1)

Sah-sah saja kalau kamu berhasil mencapai prestasi, dan ingin berbagi cerita. Terutama dengan orang-orang dekatmu, sahabat misalnya. Tapi jangan berlebihan, ya!

Jika setiap ngobrol topiknya gak lain tentang pencapaian-pencapaianmu, orang lama-lama akan jenuh dan bisa menganggapmu orang yang sombong. Awalnya sih respek, tapi keseringan malah jadi bikin males!

5. Diulang-ulang

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi pria ngobrol (pexels/ nappy)

Pernah gak sih, menemukan orang yang sering banget berbicara hal yang sama, yang sebelumnya sudah dia ceritakan? Sekali, dua kali, mungkin masih sangguplah mendengarkannya, tapi kalau hampir tiap berbincang, selalu topik itu lagi, orang pun perlahan akan melipir.

Bila teman kamu gak cuekin kamu saat ngobrol, kamu harus hindari topik pembicaraan yang sama berulang-ulang, apalagi sampai ngomongin orang. Mending cari tema yang menyenangkan, hobi yang seru mungkin. 

6. Ngomongin hal negatif

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi cowok kesal (pexels/Andrea Piacquaido)

Hal lain yang bisa membuat orang jadi cuek saat kamu ngomong adalah, apa yang kamu sampaikan lebih banyak negatifnya daripada positif. Misalnya sering ngomongin kejelekan orang atau selalu tentang keluhan-keluhan dalam hidupmu.

Jika hidupmu memang penuh nestapa, sangat manusiawi ingin mengeluarkan unek-unek pada orang lain. Tapi kalau jadi kebiasaan, bisa jadi nestapamu itu diakibatkan pola pikirmu yang kelewat negatif, sehingga sulit melihat situasi positif, termasuk kesempatan untuk membuat hidupmu jadi lebih baik.

So, kurangi mengeluh ya! Dan, mulai dibiasakan untuk sebisa mungkin membicarakan hal-hal positif. Dengan begitu, siapa tahu akan semakin menarik hal-hal yang positif pula dalam hidupmu.

7. Bukan pendengar yang baik

7 Hal yang Bisa Mendorong Orang Jadi Cuek Saat Kamu Ajak Ngobrol!Ilustrasi pria ngobrol (Pexels.com/cottonbro)

Hal yang sering membuat orang malas mendengarkan adalah, sikapmu yang selalu mendominasi pembicaraan. Tapi giliran orang lain bicara, tidak benar-benar didengarkan.

Coba ya, kurangi egonya dikit. Karena komunikasi yang sehat itu kan dua arah. Kalau kamu selalu memaksakan satu arah, hanya membahas tentang kamu saja, janganlah terkejut kalau kamu jadi sering dicuekin orang-orang sekitar.

Nah, sekarang sudah tahu kan, faktor-faktor yang bisa membuat orang jadi cuek saat kamu bicara. Semoga paparan di atas bisa membuatmu semakin mengenal dirimu sendiri, juga orang lain. Dengan berusaha memperbaikinya, orang pun perlahan-lahan jadi senang dan nyaman ngobrol denganmu.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Sering Berbicara Negatif pada Diri Sendiri

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya