Comscore Tracker

Ingin Hidupmu Jadi Lebih Baik? 5 Mindset Ini Perlu Kamu Tanamkan, Bro!

Tanamkan mindset ini, dan lihat perubahannya!

Mindset atau pola pikir adalah bagaimana cara kita berpikir berpengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan. Mindset baik, akan mendorong seseorang untuk mampu berpikir positif, optimis dalam melihat peluang, dan tak mudah menyerah saat dihadapkan dengan cobaan.

Dan, itulah yang kemudian membuatnya lebih bahagia dan kehidupannya lebih baik dibanding mereka yang selalu melihat segala sesuatu dari kacamata negatif. Karena itu, untuk mengubah hidupmu jadi lebih baik, maka harus memiliki mindset yang benar. Penasaran kayak gimana? Cek pembahasannya di bawah ini!

1. Berdamai dengan masa lalu

Ingin Hidupmu Jadi Lebih Baik? 5 Mindset Ini Perlu Kamu Tanamkan, Bro!Ilustrasi pria ceria (Unsplash.com/taylor_grote)

Selalu terbayang-bayang dengan masa lalu, hanya akan membuatmu kurang mengapresiasi momen saat ini. Kejayaan masa lalu sudah lewat, begitu pula kesalahan yang dulu, tak bisa kamu putar ulang waktu untuk mencegahnya terjadi.

Berdamailah dengan masa lalumu, cukup ambil hikmah dari kejadian, supaya bisa bertindak lebih baik di saat ini. Dengan begitu, masa lalu tak membuatmu jadi beban, melainkan pelajaran dan pengalaman.

2. Hentikan membanding-bandingkan

Ingin Hidupmu Jadi Lebih Baik? 5 Mindset Ini Perlu Kamu Tanamkan, Bro!Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Yang membuat kamu sulit bahagia sering kali karena menyamakan standar kebahagiaanmu dengan perolehan orang lain. Orang lain punya rumah mewah, sementara kamu biasa saja, akhirnya tak disyukuri, karena melihat sisi kurangnya.

Padahal di luar sana, bisa jadi orang melihatmu dengan iri karena sudah punya rumah, walaupun kecil, tetapi setidaknya tiap bulan tak harus pusing dengan biaya sewa.

Nikmati saja apa yang kamu punya saat ini, dan hentikan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Tiap individu punya jalan unik hidupnya sendiri. Jika ini berhasil kamu lakukan, hidupmu bisa tenang dan tak seperti dikejar-kejar karena harus selalu menyamai pencapaian orang sekitar.

3. Simpan energimu dengan jaga jarak dari orang toksik

Ingin Hidupmu Jadi Lebih Baik? 5 Mindset Ini Perlu Kamu Tanamkan, Bro!ilustrasi kesedihan seorang pria (unsplash.com/whoislimos)

Orang yang toksik, akan bahagia melihatmu menderita, dan sengsara ketika melihatmu senang. Dekat-dekat dengan mereka, hanya membuat hidupmu stagnan. Tiap kali punya mimpi, langsung dimatikan dengan berbagai alasan bahwa impianmu itu tidak realistis.

Kalau ingin kualitas hidupmu jadi lebih baik, hindari orang toksik yang kehadirannya cuma buang-buang energi saja. Tak ada faedahnya dengan selalu mendengar kritikan atau keluhan-keluhannya.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Terus Dipendam!

4. Berpikir positif

Ingin Hidupmu Jadi Lebih Baik? 5 Mindset Ini Perlu Kamu Tanamkan, Bro!Ilustrasi pria bahagia (pexels.com/@olly0

Dari pikiran akan mendorong tindakan, dan tindakan inilah yang kemudian memberikan hasil. Bagaimana bisa mendapatkan hasil yang baik, kalau dari awal saja sudah berpikir negatif. Bagaimana bisa berharap berhasil, kalau sedari awal sudah berpikir tidak mungkin. Mau tak mau, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, harus melatih diri untuk berpikir positif.

Jika pola pikirnya negatif, meski itu kesempatan emas, yang dilihat adalah kemungkinan gagalnya, bukan kemungkinan berhasilnya. Hal ini yang membuat mindset negatif berbahaya, karena akan membuatmu urung mencoba. Dengan memiliki mindset positif, setiap ada kesempatan, kamu akan melihatnya sebagai peluang dan akan ada harapan untuk keberhasilan.

5. Melihat kegagalan sebagai hal yang biasa

Ingin Hidupmu Jadi Lebih Baik? 5 Mindset Ini Perlu Kamu Tanamkan, Bro!Ilustrasi pria (unsplash.com/@xoutcastx)

Gagal tak berarti bodoh, gagal tak berarti hina. Justru kegagalan menunjukkan kamu telah berani, setidaknya untuk mencoba. Itu sudah sisi keberhasilan tersendiri.

Kegagalan adalah suatu hal yang biasa saat ingin mencapai tujuan. Itu sudah hukum alamnya, bahwa mereka yang meraih pencapaian harus melalui kegagalan dulu, bukan sekali atau dua kali, melainkan bertubi-tubi.

Jadi, pandanglah kegagalan sebagai hal yang biasa aja. Tak usah membuatmu sampai trauma sehingga takut mencoba kembali. Cobalah tanamkan mindset di atas, maka lihat perubahannya! Mudah-mudahan hidupmu akan jauh lebih baik dan bahagia. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Pria yang Plinplan dalam Bersikap

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya