Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! 

Kurangi rasa cemburu berlebihan dengan komunikasi yang baik

Pernahkan kalian merasakan cemburu? Cemburu ialah sifat yang wajar terjadi pada suatu hubungan. Cemburu ialah suatu kondisi di mana seseorang merasakan emosi negatif yang muncul dari dalam diri seperti curiga, marah, takut dan terhina.

Cemburu juga muncul akibat seseorang merasa terancam jika sesuatu yang dimilikinya berpaling dan hilang. Kali ini cemburu yang akan kita bahas ialah terkait hubungan pasangan. Ingin tahu mengenai cara mengatasi rasa cemburu berlebihan agar tidak menimbulkan hal-hal di luar keinginan? Yuk mari simak beberapa caranya.

1. Ubah emosi negatif menjadi positif

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! Pasangan yang cemburu berlebihan (Pexels.com/VeraArsic)

Rasa cemburu merupakan suatu perasaan alami yang dapat mempertahankan suatu hubungan. Jadi sebenarnya cemburu juga memiliki manfaat yang penting bagi pasangan.

Namun, rasa cemburu yang tidak berdasar dan berlebihan akan memberikan pengaruh yang tidak baik untuk suatu hubungan. Agar tak berkelanjutan, cepat sadari rasa tersebut kemudian berikan solusi dengan mengubah semua emosi negatif menjadi positif dengan menghadirkan rasa syukur.

2. Kurangi mencari tahu tentang semua hal yang membuatmu cemburu 

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! Ilustrasi chat via handphone (pexels.com/@olly)

Terkadang rasa cemburu bisa disebabkan oleh keingintahuan lebih terhadap perbuatan pasangan. Mematai-matai pasangan salah satunya, kurangi mencari tahu semua hal yang dilakukan pasangan sebab itu dapat membuat kepercayaan menurun.

Jangan berlebihan, pasanganmu juga manusia yang membutuhkan ruang sendiri. Yang paling penting adalah pasanganmu tidak melanggar prinsip hubungan.

3. Ungkapkan rasa cemburumu pada pasangan 

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! ilustrasi berpegangan tangan (unsplash.com/Priscilla Du Prezz)

Segala sesuatu yang memberatkan hati memang kadang sebaiknya diungkapkan. Karena jika hanya dipendam akan menambah beban di dada.

Seperti saat cemburu pada pasangan, ungkapkan saja. Kasih tahu apa yang membuatmu merasakan demikian. Agar pasanganmu tahu dan mengerti apa yang kamu rasakan .

Baca Juga: 5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerah

4. Tanyakan dan diskusikan bersama pasangan 

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! ilustrasi pasangan berbincang (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Selain mengungkapkannya kamu harus menanyakan hal-hal yang membuatmu merasa curiga dan cemburu. Dan, diskusikan mengapa hal itu membuatmu cemburu

Cari solusinya bersama dan perbaiki masing-masing diri agar tujuan relationship dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hindari bersikap cuek dan selesaikan secara dewasa agar dapat terselesaikan dengan baik.

5. Lakukan kegiatan positif bersama 

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! ilustrasi pasangan bersepeda (unsplah.com/Everton Vila)

Setelah melakukan beberapa cara di atas. Langkah selanjutnya ialah mencari kegiatan positif untuk meredakan pikiran-pikiran negatif yang munucul. Kamu dan pasangan bisa mencari kegiatan baru dan positif bersama, untuk meningkatkan kembali kepercayaan. Dengan begitu, biasanya akan mumbuhkan sikap perhatian satu sama lain.

Perlu diingat, cemburu yang berlebihan akan berdampak pada keharmonisan sebuah hubungan. Hilangkan sikap tersebut jika ingin hubunganmu berjalan baik. Tingkatkan komunikasi secara intens agar tidak ada kesalahpahaman. Semoga cara-cara di atas dapat membantumu mengurangi rasa cemburu pada pasangan, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Melakukan Oversharing, Perhatikan Baik-Baik!

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya