Comscore Tracker

5 Cara Menyembunyikan Kesedihan agar Dirimu Terlihat Bahagia 

Apakah perlu menyembunyikan kesedihan?

Masalah yang ada dapat membuat seseorang yang tertimpa masalah sedih dan galau. Kesedihan yang dirasakan terkadang juga berpengaruh pada aktivitas yang dilakukan.Terdapat dua reaksi ketika seseorang sedang sedih, yakni ada yang bisa menyembunyikan rasa sedihnya dan ada yang tidak. Masing-masing menjadi pilihan, keduanya pun punya keuntungannya masing-masing.

Seperti ketika kamu memilih untuk menyembunyikan rasa sedihmu, kamu akan dinilai orang lain terus bahagia meski di baliknya kamu sedang sedih, hal ini dapat menghindarimu dari gunjingan orang lain.

Lantas bagaimana cara menyembunyikan kesedihan agar tetap terlihat bahagia? Biar gak penasaran langsung aja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Terima kesedihanmu 

5 Cara Menyembunyikan Kesedihan agar Dirimu Terlihat Bahagia Ilustrasi pria sedih (Unsplash.com/visualsbytyy)

Memang menyedihkan ketika masalah itu datang. Berat kepedihan yang harus dipikul seakan seseorang tak mampu untuk bangkit kembali. Sejatinya, ia hadir untuk mewarnai perjalanan hidup.

Terima dan telan semua pil pahit yang menimpamu, rasakan semua kesedihan maupun kepedihan yang ada. Menangislah jika itu membuatmu lebih baik, menepilah jika itu membuatmu lebih tenang. Selesaikan fase kepedihanmu agar hatimu pelan-pelan menjadi sembuh.

2. Hindari curhat di sosmed 

5 Cara Menyembunyikan Kesedihan agar Dirimu Terlihat Bahagia Ilustrasi chat via handphone (pexels.com/@olly)

Saat masalah melanda kadang secara tidak sadar kita berbagi masalah tersebut di media sosial (medsos). Memang di saat melakukannya hati akan menjadi lega dan dapat mengurangi stres.

Namun, jika itu yang kamu lakukan apakah kamu pernah berpikir dengan orang yang melihat curhatan kamu di medsos? Mungkin barang kali satu atau dua temanmu akan bersimpati, namun bagaimana dengan orang yang tidak dekat denganmu? Mereka akan mengira kamu adalah orang yang gampang mengeluh dan bisa jadi hal ini akan jadi bahan gunjingan mereka. Maka mulai sekarang hentikan curhat di medsos.

3. Cari kegiatan yang produktif 

5 Cara Menyembunyikan Kesedihan agar Dirimu Terlihat Bahagia ilustrasi pria di depan laptop (unsplash.com/Austin Distel)

Berkegiatan yang positif dapat membuat pikiranmu teralihkan dari masalah. Melakukan aktivitas positif dan bersama teman-teman yang positif akan membuat harimu menjadi lebih produktif.

Hal ini memang dipercaya dapat membuat seseorang mudah untuk move on dari masalah. Dengan begitu hari-harimu akan terisi, jadi tidak ada ruang rasa sedih menyelimuti.

Baca Juga: 5 Hal Ini Ternyata Bisa Menguras Energi Kamu, Perhatikan Bro!

4. Curhatlah dengan orang-orang terpercaya 

5 Cara Menyembunyikan Kesedihan agar Dirimu Terlihat Bahagia Ilustrasi pria curhat (pexels/ nappy)

Berbagi cerita memang dapat meringankan rasa sedih yang dirasa. Menceritakan hal-hal yang membuatmu tidak nyaman dapat menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah daripada dipendam.

Namun ingat, untuk berbagi kisah pedihmu jangan biarkan semua orang tahu. Cukup orang-orang yang dekat denganmu dan yang kamu percayai. Dengan berbagi cerita bersamanya hatimu menjadi tenang. Karena orang-orang demikian akan membantumu keluar dari zona pahitmu, sebab mereka tulus.

5. Tampilkan kebahagiaan 

5 Cara Menyembunyikan Kesedihan agar Dirimu Terlihat Bahagia Ilustrasi tertawa (Pexels.com/wildlittlethingsphoto)

Cara yang terakhir untuk menyembunyikan kesedihanmu pada orang banyak ialah tampilkan saja kebahagiaanmu. Meski saat ini hatimu sedang hancur, sembunyikan itu semua pada orang-orang yang asing.

Bagikan kepedihanmu hanya pada orang yang terpercaya sebab tidak semua orang peduli padamu. Dengan begitu semua orang asing akan menjadikanmu role model karena kebahagiaan yang selalu kamu pancarkan.

Itu tadi beberapa tips untuk menyembunyikan rasa sedihmu. Tidak banyak manfaat yang kamu dapatkan jika keseringan berbagi kisah sedih pada orang-orang. Yang ada malah kamu dinilai sebagai tukang sedih. Sembunyikan sedihmu dan tampilkan senyummu.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pria yang Cool, Lakukan Bro!

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya