Comscore Tracker

Stop Berprasangka Buruk, Ini 5 Alasan Cowok Memutuskan Break Pacaran

Karena pacaran gak lepas dari masalah #IDNTimesMen

Menjalin hubungan dalam waktu yang tidak sebentar memang kerap kali timbul rasa bosan dan masalah yang bikin ribut setiap hari. Untuk menyelesaikan itu, jalan yang dipilih cowok adalah break atau rehat sejenak dari hubungan itu.

Tidak selamanya berakhir putus, break justru akan membuat hubungan semakin baik dan matang. Oleh karena itu, saat cowok mengajak break bukan berarti ingin menyudahi hubungan tapi karena ada alasan lain yang harus kamu tahu. Berikut penjelasannya.

 1. Butuh waktu untuk memaafkan kesalahanmu  

Stop Berprasangka Buruk, Ini 5 Alasan Cowok Memutuskan Break Pacaranilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Menjalin pacaran dalam waktu yang lama tentunya sudah saling mengetahui apa saja yang tidak disukai oleh pasangan. Karena telah tahu satu sama lain seharusnya bisa menjaga kesepakatan kalian selama ini. Akan tetapi, terkadang kesalahan itu diulangi lagi sehingga cowok merasa tidak didengarkan.

Saat kamu terus mengulang kesalahan yang sama itu akan membuat cowokmu berat untuk memaafkan. Oleh karena itu, cowok memilih break dulu agar tidak mengambil keputusan yang salah.

2. Ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya 

Stop Berprasangka Buruk, Ini 5 Alasan Cowok Memutuskan Break Pacaranilustrasi liburan bersama teman-teman (pexels.com/Matheus Ferrero)

Untuk menghilangkan rasa bosan, terkadang cowok juga butuh waktu bersama teman-temannya, menikmati setiap moment dengan enjoy  tanpa ada kewajiban untuk terus memberi kabar.

Apalagi jika cowok suka travelling tentu akan menghabiskan waktu dengan explore tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Selain liburan, cowok juga ingin melakukan hobinya, misalnya, main game, offroad, skateboard, atau hobi lainnya.

3. Break adalah waktu paling tepat untuk introspeksi diri

Stop Berprasangka Buruk, Ini 5 Alasan Cowok Memutuskan Break Pacaranilustrasi pria sedang merenung (pexels.com/Demeter Attila)

Tidak bertemu dan memutus komunikasi dalam kurun waktu tertentu memang sulit, tapi dibalik itu, break adalah waktu yang tepat untuk introspeksi diri. Tidak hanya membuat tenang, dengan saling instrospeksi diri akan menemukan tujuan yang jelas dalam hubungan itu.

Introspeksi diri akan menjadikan kalian tidak akan tergesa-gesa dan lebih berhati-hati dalam menyelesaikan masalah yang muncul karena kalian telah memahami kesalahan masing-masing.

Baca Juga: 10 Ragam Chat Orang Pacaran, Saking Absurdnya Jadi Ngakak

4. Menyelesaikan pendidikan atau kariernya

Stop Berprasangka Buruk, Ini 5 Alasan Cowok Memutuskan Break Pacaranilustrasi pria sibuk dengan pekerjaan (pexels.com/Burst)

Salah satu yang harus diingat adalah prioritas cowok bukan hanya tentang pasangannya saja, akan tetapi ada beberapa hal lain yang mesti dia selesaikan dalam waktu dekat. Entah itu berkaitan dengan pekerjaan maupun pendidikannya, sehingga untuk menyelesaikannya dia sangat butuh fokus dan konsentrasi yang tinggi.

Bukan berarti dia gak butuh pasangannya, tapi dengan break sebentar pikirannya tidak terbagi-bagi dan bisa dengan mudah merampungkan segala urusannya.

5. Cowok gak ingin membebanimu dalam masalahnya

Stop Berprasangka Buruk, Ini 5 Alasan Cowok Memutuskan Break Pacaranilustrasi pria saat ada masalah (unsplash.com/christopher lemercier)

Ada beberapa hal yang gak sepenuhnya cowok ceritakan kepada pasangannya, ada yang harus disimpan, bukannya cowok gak terbuka, tetapi dia sedang menunggu waktu yang tepat dan tidak ingin membebani pasangannya.

Saat cowok mengatakan break, ada masalah yang harus dia selesaikan, misalnya dalam masalah keluarganya ketika orangtua dia terlilit hutang, dia akan mengurus permasalahan itu tanpa melibatkan pasangannya sedikit pun.

Saat cowok meminta break bukan berarti ingin mengakhiri hubungannya dengan pasangannya, justru break adalah jalan untuk membuat hubungan kalian semakin matang ke depan.

Murniawati Photo Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying. ig: @mniaw_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya