Comscore Tracker

5 Cara Membebaskan Diri dari Inferiority Complex, Hilangkan Insecure!

Setiap orang punya kesempatan untuk berkembang  

Pernahkah kamu diliputi oleh perasaan rendah diri sepanjang waktu? Apalagi jika orang-orang di sekelilingmu telah berproses dengan baik dan memiliki pencapaian mentereng. Rasa minder dan perasaan jadi orang yang tak berguna pun sering menyergap. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan inferiority complex.

Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, tentu akan menghambat aktivitasmu. Perasaan rendah diri dan merasa jadi sosok yang paling lemah akan membuat kreativitasmu terhambat. Lantas, bagaimana agar bisa keluar dari kondisi tersebut? Berikut ini merupakan lima cara yang bisa dilakukan untuk membebaskan diri dari inferiority complex.

1. Tanamkan growth mindset

5 Cara Membebaskan Diri dari Inferiority Complex, Hilangkan Insecure!ilustrasi pria (Pexels/Andrea Piacquadio)

Di era sekarang ini, growth mindset menjadi hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Apalagi di tengah persaingan yang semakin ketat dari hari ke hari. Sebagaimana yang kita tahu, setiap aspek dalam kehidupan bisa berubah dengan cepat mengikuti perkembangan zaman.

Menanamkan growth mindset merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membebaskan diri dari inferiority complex. Perubahan dan persaingan dari hari ke hari bisa membuat kita merasa rendah diri. Adanya growth mindset membuat kita sadar bahwa langkah yang tepat untuk menyikapi perubahan zaman bukan dengan rendah diri, melainkan terus berusaha mengembangkan diri dari waktu ke waktu.

2. Setiap orang sudah dibekali dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing

5 Cara Membebaskan Diri dari Inferiority Complex, Hilangkan Insecure!Ilustrasi pria tersenyum (pexels.com/olly)

Inferiority complex menjadi permasalahan yang kerap menghampiri banyak orang, terutama kalangan milenial dan gen z. Kamu merasa cemas melihat keunggulan yang ada pada diri orang lain dan merasa bahwa dirimu tidak memiliki kemampuan apa pun yang bisa dibanggakan.

Tentu saja kondisi seperti ini harus segera diatasi. Salah satu langkah sigap yang harus dilakukan untuk membebaskan diri dari inferiority complex yaitu dengan menyadari bahwa setiap orang sudah dibekali dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu hanya perlu mengasah apa yang menjadi bakat dan potensimu agar tetap bisa bertahan di tengah persaingan.

3. Masing-masing dari kita punya kesempatan untuk berkembang

5 Cara Membebaskan Diri dari Inferiority Complex, Hilangkan Insecure!Ilustrasi pria tersenyum (Unsplash.com/mitchel3uo)

Perasaan tidak percaya diri dan merasa jadi orang tidak berguna sering kali menghampiri kalangan generasi muda. Tidak jarang hal ini membuat kita terpuruk bahkan meragukan kemampuan diri sendiri. Bahkan kondisi seperti ini bisa menyudutkan kita ke dalam situasi yang tidak terduga.

Lantas, bagaimana cara membebaskan dari perasaan inferiority complex seperti itu? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menekankan prinsip bahwa masing-masing orang punya kesempatan yang sama untuk berkembang. Kamu hanya perlu berusaha dan terus mengevaluasi diri dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Jadi Pria yang Disukai Banyak Perempuan, Catat Bro!

4. Hilangkan perasaan insecure

5 Cara Membebaskan Diri dari Inferiority Complex, Hilangkan Insecure!Ilustrasi pria malu (unsplash.com/christnerfurt)

Perasaan tidak percaya diri atau insecure memang menjadi permasalahan utama bagi milenial dan gen z. Tapi tahukah kamu, sebenarnya kondisi seperti ini merupakan bagian dari inferiority complex, lho. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu potensi dirimu akan semakin terhambat bahkan sama sekali tidak berkembang.

Maka dari itu, sesegera mungkin kamu harus bisa membebaskan diri dari inferiority complex. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menghilangkan perasaan insecure. Bagaimana pun juga, insecurity hanya akan menahan langkahmu sehingga tidak pernah mengalami kemajuan.

5. Tanamkan prinsip bahwa selama berusaha kelak pasti memetik kesuksesan

5 Cara Membebaskan Diri dari Inferiority Complex, Hilangkan Insecure!ilustrasi sosok sukses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Peribahasa apa yang ditanam pasti akan dituai sepertinya sudah cukup sering kita dengar. Namun demikian, sebaris nasihat ini akan menguap seketika ketika kita dilanda inferiority complex. Melihat orang lain yang sudah memiliki pencapaian mentereng, alih-alih melakukan usaha terbaik yang ada perasaan rendah diri tiba-tiba datang dan membuat kita putus asa. 

Untuk keluar dari situasi seperti itu, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menanamkan prinsip bahwa selama mau berusaha, kelak pasti akan menuai kesuksesan. Terus merasa rendah diri hanya akan membuat langkahmu terhambat sehingga selalu merasa ragu jika dirimu bisa memiliki pencapaian terbaik.

Inferiority complex memang jadi masalah yang kerap menghampiri milenial dan gen z. Agar terbebas dari kondisi tersebut, terapkan lima cara di atas, ya. Tentu kamu tidak inginkan terus-terusan merasa rendah diri?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Minder yang Berlebihan, Wajib Diterapkan! 

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya